Blog

Desain Rumah yang Terselip di antara Dua Properti

josep-ferrando-house-1

Review desain arsitektur rumah karya Josep Ferrando yang ‘disisipkan’ di antara dua properti yang sudah ada sebelumnya dan berlokasi di Spanyol.

Tersembunyi di balik fasad bangunan yang bersejarah, terdapat sebuah tempat tinggal yang dihuni arsitek Josep Ferrando asal Barcelona. Tempat tinggal ini nampak ‘terjepit’ di antara dinding pemisah pada sepasang rumah di samping kiri dan kanannya. Bangunan ini didirikan di kota Sant Cugat, kota di sebelah utara Barcelona, Spanyol. Adrià Goula menampilkan setiap detail bangunan melalui foto – foto di bawah ini.

Detail Proyek Rumah Terselip

Arsitektur: Josep Ferrando Bramona

Kontraktor: Josep Nel·lo

Quantity surveyor: Toledo-Villarreal

Berkreasi dengan Pot Bunga Edisi I

berkreasi-dengan-pot-bunga-1

Tips desain interior dan eksterior rumah - Ide unik untuk menghias dan mempercantik pot bunga yang berbahan terakota maupun berbahan plastik.

Pot tanaman biasa ditempatkan di halaman depan, di teras, patio, balkon, atau di rumah kaca, atau di sekitar area outdoor. Pot ini biasa digunakan untuk menanam tanaman bunga, tanaman herbal, kaktus, bonsai, dll. Ada dua jenis pot tanaman yang kita kenal, yaitu pot dari bahan terakota dan pot dari bahan plastik. Tentu kita sudah sangat familiar dengan kedua jenis pot ini. Kebanyakan orang yang menggunakan pot untuk menanam bunga, hanya berfokus pada tanaman bunganya saja.

Bagaimana Membersihkan Dapur Setelah Digunakan Untuk Memasak

membersihkan-dapur-1

Tips desain interior rumah – Membersihkan dapur setelah digunakan untuk memasak, serta bahan dan cara yang benar untuk mengatasi ‘kebakaran kecil’ di dapur.

Kebakaran kecil bisa terjadi di dapur karena kesalahan saat memasak, yang mengakibatkan kobaran api yang cukup besar, biasanya akibat tumpahan minyak atau alat masak yang rusak. Kebakaran kecil ini mungkin dapat dengan cepat di atasi, yakni dengan mematikan kompor dengan cepat, lalu melemparkan lap basah di atas permukaanya. Kebakaran kecil  ini meninggalkan jelaga, bau busuk, dan sisa – sisa atau residu kebakaran dapur yang tak sedap dipandang.

Sisa – sisa kebakaran pada dapur.

Tiga Macam Jenis Arsitektur Masjid

desain-arsitektur-masjid-1

Tips desain arsitektur bangunan masjid - Beragam model arsitektur masjid mulai dari jaman dahulu hingga di era sekarang.

Sejak abad ke-7, Masjid telah banyak dibangun di seluruh dunia. Meskipun ada beberapa jenis arsitektur masjid, nampaknya tiga bentuk dasar ini menjadi acuan dasar arsitektur masjid hingga sekarang. Masih dalam suasana ramadhan, kali ini kita akan diajak mengenal lebih dekat tentang arsitektur masjid.

1. Masjid Hypostyle

Tempat ibadah bagi umat Islam, terinspirasi oleh arsitektur kediaman Nabi Muhammad dan dinamai masjid hypostyle. Jenis ini tersebar luas ke seluruh negara Islam. Masjid besar Kairouan, Tunisia, adalah contoh masjid tipikal.

Menata dan Mengorganisir Inventaris Kantor

desain-interior-dan-inventaris-kantor-2

Tips desain interior kantor – Tips dan langkah-langkah yang harus dilakukan untuk mengorganisasi kebutuhan kantor dengan efektif.

Teknik penataan dan pengorganisasian alat dan kebutuhan rumah tangga tidak hanya perlu diterapkan di rumah atau tempat tinggal saja, namun juga di kantor. Karena kebanyakan kebutuhan kantor merupakan kertas dan alat tulis, tentu teknik mengorganisasi kebutuhan kantor akan berbeda dengan menata peralatan rumah tangga di rumah.

Organisasi kebutuhan kantor ini penting untung mencegah pembelian terlalu banyak item tertentu, sementara item lain yang stoknya sudah menipis malah belum terbeli. Cara – cara di bawah ini bisa diterapkan untuk