Window Treatment Cantik Untuk Ruangan Tampil Menarik

oriental-window-treatment_1

Window Treatment untuk jendela yang mencakup tirai dan gorden khususnya untuk jendela tradisional oriental bergaya Jepang dan jendela bay.

Sebuah ruangan yang sunyi dan monoton bisa seketika menjadi lebih semarak dengan melakukan penataan jendela atau yang lebih populer disebut sebagai Window treatment. Window treatment mampu membawa perubahan dan memberikan gaya tersendiri bagi ruangan, terlebih bila kita memilih window treatment yang sesuai melalui pemilihan gaya, warna, dan bahan kain yang tepat. Alhasil, tampilan ruangan yang indah pun mudah diwujudkan.

Window treatment juga dikenal pada gaya desain interior oriental, terutama Jepang. Tak ayal, gaya desain ini kerap menerapkan penggunaan window treatment yang kental nuasa Jepang nan oriental dan natural. Apa saja elemen – elemen window treatment bergaya Jepang ini?

  • Bambu

Bambu merupakan material yang umum digunakan sebagai window treatment terutama untuk mempertegas kesan oriental. Bambu diwujudkan dalam bentuk tirai atau kerai. Fungsi utamanya untuk menghalau sinar matahari agar tak terlalu menyilaukan dari jendela. Kerai bambu ini juga difungsikan jika penghuni ruangan ingin membuka jendela guna mendapatkan hawa segar. Dengan kerai ini, penghuni ruangan masih akan tetap terjaga dari luar karena kerai bambu sangat rapat dan mampu menghalau pandangan dari luar.

Sebenarnya, ada beberapa macam bahan yang bisa dijadikan tirai atau kerai, misalnya manik – manik, kerang laut, batuan alam, dsb. Namun, bahan bambu lebih disukai karena bahan bambu yang ringan dan relatif mudah dibentuk. Bambu juga memiliki kemampuan yang lebih dalam menghalau sinar matahari dibandingkan bahan yang lain.

  • Tatami

Tatami merupakan bahan anyaman dari rumput atau jerami dan biasa digunakan di rumah – rumah tradisional Jepang, terutama digunakan sebagai window treatment. Tatami biasanya lebih fleksibel dan bisa digulung ke atas saat tidak digunakan. Tapi, kini ada juga tatami dalam bentuk screen/layar yang relatif lebih kaku namun tetap memberikan kesan oriental ala Jepang.

  • Shoji screen

Shoji screen merupakan window treatment unik karena terbuat dari rice paper. Rice paper adalah bahan kertas yang sangat tipis yang bisa dimakan, tapi juga bisa menjadi sarana seni dan melukis, termasuk dijadikan tirai atau screen dekoratif yang dinamakan shoji screen ini. Shoji screen yang dipasang di depan jendela tidak akan mampu memblok sinar matahari, tapi mampu membuat cahaya matahari tak terlalu terang dan memberikan efek tersendiri bagi cahaya matahari itu sendiri. Screen ini juga akan memberikan tampilan natural dari rice paper.

oriental-window-treatment_2

Shoji Screen, Window Treatment ala Oriental (Jepang)

  • Noren

Noren merupakan penutup yang biasa diaplikasikan pada pintu dan jendela serta terbuat dari kain. Di atas Noren ini biasanya terdapat gambar – gambar bunga sakura, naga, atau huruf kanji. Noren lebih banyak diinstal pada jendela dan pintu di area pertokoan ketimbang di area perumahan. Noren biasanya menjadi penanda bahwa toko tersebut sedang buka.

Untuk window treatment pada jendela bay, adakah perlakuan khusus?

Mengingat jendela bay memiliki bentuk unik dan khusus yang berbeda dari jendela – jendela tradisional pada umumnya, maka ada perlakuan khusus window treatment pada jendela bay. Beberapa perlakuan khusus window treatment untuk jendela bay yakni:

  • Pertimbangkan berapa banyak segi atau faset pada jendela bay

Kita tahu bahwa jendela bay hadir dalam banyak segi atau faset, kadang tiga hingga lima segi. Dengan begitu, Anda memerlukan gorden dengan 3 , 4, atau 5 faset, menyesuaikan bentuk jendela bay.

  • Perhatikan bay-window effect

Jika ruangan Anda termasuk kecil, kehadiran Jendela bay sangat menguntungkan karena mampu menciptakan efek seolah – olah ruangan menjadi lebih luas dan mampu menghadirkan pemandangan luar dengan dimensi yang lebih lebar. Efek ini dinamakan bay-window effect. Untuk itu, jangan hadirkan tirai pada jendela bay ini karena tirai atau screen hanya akan menghalau atau mematikan bay-window effect.

  • Seberapa besar efek translusens yang Anda inginkan

Jika tipe ruangan yang Anda miliki saat ini tergolong luas, tentu menghadirkan tirai atau screen bukan masalah. Namun dalam memilih screen, pastikan Anda tahu seberapa besar efek translusens yang Anda inginkan pada ruangan yang terdapat jendela bay ini. Tirai yang lebih buram bisa memberi kesan temaram dalam ruangan sekaligus membuat ruangan yang terlalu besar nampak lebih rapat dan kecil. Jika ingin menghalau sinar matahari lebih baik, sebaiknya pilih tirai 2 lapis, di mana lapisan luar tebal, sementara lapisan dalamnya sangat tipis dan mampu mengurangi intensitas sinar matahari. Dengan cara ini, ruangan bisa terlindungi dari paparan sinar matahari yang terlalu menyilaukan.

  • Pastikan window treatment pada jendela bay sesuai dengan keseluruhan konsep desain interior ruangan

Jendela bay dan window treatmennya seharusnya tidak difungsikan sebagai kesatuan atau elemen tersendiri, tapi sebagai salah satu elemen yang mensupport konsep desain interior ruangan di mana jendela bay ini diterapkan. Selain itu, kita perlu memperhatikan aspek lokasi di mana jendela bay ini berada, apakah berada di rumah yang di kelilingi pemandangan pegunungan, pedesaan, sungai, atau laut. Dengan begitu, kita bisa mengadaptasinya untuk dijadikan penentu konsep window treatment pada jendela bay.

Selamat mencoba 🙂

..

architectaria.com | Arsitek, Desain Interior, General Contractor

(Jika anda menganggap artikel ini bermanfaat, jika anda menikmati membaca artikel-artikel di web ini, anda dapat berlanggangan untuk membaca artikel ini melalui email. Silahkan klik DISINI jika anda ingin berlangganan membaca artikel dari architectaria.com melalui email).

No Comments Yet.

Leave a Comment