Variasi Desain dan Konsep Lounge, Baik untuk Pribadi maupun Investasi

lounge_1

Beragam desain dan konsep lounge yang bisa diterapkan di rumah maupun dijadikan lahan bisnis untuk berinvestasi.

Lounge biasa digunakan sebagai area bersantai, mengobrol, menikmati hidangan, dan kadang dilengkapi dengan hiburan berupa penampilan musik live. Area lounge ini biasa terdapat pada hotel, kafe, atau penginapan. Sebagai area untuk rileksasi, tak ayal lounge mesti didesain dengan konsep yang bisa membawa nuansa santai bagi para pengunjung. Tak hanya itu, lokasi lounge juga mesti diperhatikan dengan baik, apakah nantinya akan berada di dalam ruangan atau berada di luar ruangan.

Terpikir untuk membangun area lounge untuk pribadi? Atau justru Anda berminat menjadikannya sebagai investasi? Berikut ini beberapa ide desain lounge yang bisa diterapkan dan diambil sebagai inspirasi dalam mewujudkan lounge idaman.

Desain Lounge dengan konsep Maroko

Pada desain lounge dengan konsep Maroko ini, penggunaan warna – warna kuning, biru, merah marun begitu kental. Maka, terapkan salah satu atau kombinasi warna ini pada dindingnya. Jangan lupa beri sentuhan aksen khas Maroko, gunakan drapery atau gorden yang besar dan menjuntai. Untuk menciptakan nuansa yang lebih akrab, tempatkan alas lantai berupa karpet tebal yang dilengkapi dengan beberapa cushions, sehingga semua orang bisa mengobrol di area lounge ini dengan santai.

Untuk mempertegas atmosfernya, ciptakan efek visual melalui keberadaan lighting dan cermin di sudut – sudutnya. Tipe lounge seperti ini bisa difungsikan baik untuk kepemilikan pribadi maupun untuk bisnis.

Lounge dengan house concept

Hampir semua orang sepakat bahwa area atau tempat yang paling nyaman adalah rumah. Untuk itu, kita bisa mengadaptasi konsep rumahan ini pada lounge, di mana area lounge terbagi dalam ruang – ruang secara terpisah dan setiap ruang memiliki karakter dan konsep yang berbeda. Anda bisa mengatur satu ruangan yang dijadikan sebagai ruang VIP, yang dilengkapi dengan dimmed lighting dan furnitur – furnitur mewah dan berkelas. Sementara itu, ruangan lain bisa dibuat dengan tema – tema yang unik, misal tema country, klasik, vintage, retro, atau modern-kontemporer.

Di tengah atau pusat ruang – ruang tersebut, lokasikan dance floor, di mana setiap pengunjung bisa mengaksesnya dan menyatu di area ini. Selain itu, area bar bisa dibuat layaknya dapur di rumah. Dengan lounge yang berkonsep rumahan, tentu membuat Anda merasa bebas untuk mengaplikasikan lebih dari satu konsep lounge, serta lebih mudah memilih warna, dekorasi, dan furnitur yang Anda inginkan. Tipe lounge seperti ini lebih cocok difungsikan untuk keperluan bisnis.

lounge_2

Desain Lounge yang Berkonsep Rumahan

Outdoor Lounge

Ingin nuansa yang lebih hangat dan lekat dengan alam? Ciptakan sebuat outdoor lounge. Namun sebelumnya, pastikan Anda menentukan lokasi tiap – tiap elemennya, misalnya lokasi kursi, meja, hingga lokasi perapiannya. Pilih jenis meja dan kursi yang terbuat dari besi agar lebih kokoh dan lebih tahan ditempatkan di area luar. Setelah itu, tempatkan cushion dan taplak meja dengan warna – warna cerah, seperti kuning, oranye, ata merah, sehingga terasa lebih pas jika dikombinasikan dengan warna hijau dari pepohonan di sekeliling area ini.

Lokasi perapian sebaiknya tidak terlalu jauh dari meja dan kursi. Anda juga bisa menambahkan alat pemanggang di sini bila Anda ingin membuat BBQ. Untuk kegiatan di malam hari, gunakan lentera dari kaca atau gunakan lampion yang dipasang di atas tiang atau di batang – batang pohon. Tempatkan sebuah ayunan di bawah lentera ini, dengan demikian area lounge akan terasa semakin lengkap. Tipe lounge seperti ini lebih cocok untuk kepemilikan pribadi dibandingkan bisnis.

Lounge dengan tema Nightclub

Area lounge bertema klub malam (nightclub) cocok bagi Anda penyuka hiburan malam. Anda bisa mendesain lounge ini dengan menempatkan bar, kursi – kursi tinggi tanpa sandaran, dan tentunya dimmed lighting. Untuk memberi sentuhan modern, Anda bisa memilih warna putih sebagai warna dominan, kemudian letakkan bubble chairs dengan warna – warna modern, seperti ungu atau silver dan lengkapi dengan cushion warna merah. Tempatkan dengan white basin table yang atasnya terbuat dari kaca.

Tambahkan karpet dengan kombinasi warna hitam dan silver dengan pola – pola sirkuler pada lantainya. Anda bisa juga menempatkan sofa dan couches berwarna putih dengan sandaran yang rendah, serta glass-top bar sebagai detail tambahan pada area lounge ini. Tipe lounge seperti ini lebih tepat difungsikan untuk bisnis.

Zen Garden

Bagi Anda yang ingin menjadikan lounge sebagai area relaksasi, konsep Zen Garden ini sangat tepat. Berlokasi di outdoor, Zen Garden ini mengaplikasikan warna dan fitur – fitur yang kental nuansa Asia, misalnya penggunaan furnitur kayu dari darkwood, kursi – kursi dengan sandaran yang tinggi, meja – meja kecil, yang semunya terbuat dari kayu. Area ini bisa digunakan untuk menikmati makanan, membaca buku, atau hanya sekedar minum teh. Di area lounge berkonsep Zen Garden ini, warna – warna yang dominan antara lain Aqua-green, hijau, abu – abu, cokelat, dan warna – warna lain yang menonjolkan kesan kalem.

Anda juga bisa menempatkan beberapa patung budha atau figur lain yang terbuat dari batuan alam dan letakkan di beberapa sudut lounge. Jangan lupa hadirkan fitur air, misalnya air terjun mini atau kolam ikan. Untuk mempertegas nuansanya, tempatkan beberapa mangkuk – mangkuk kecil dengan lilin terapung di atasnya, kemudian letakkan di tiap – tiap meja. Tipe lounge seperti ini lebih tepat untuk kepemilikan pribadi ketimbang untuk bisnis.

Selamat mencoba 🙂

..

architectaria.com | Arsitek, Desain Interior, General Contractor

(Jika anda menganggap artikel ini bermanfaat, jika anda menikmati membaca artikel-artikel di web ini, anda dapat berlanggangan untuk membaca artikel ini melalui email. Silahkan klik DISINI jika anda ingin berlangganan membaca artikel dari architectaria.com melalui email).

0 Comments

Leave a Comment