Tips untuk Membangun Gazebo di Rumah

saung - gazebo tradisional ala Bali

Pertimbangan dan perencanaan sebelum membeli dan memilih gazebo kit serta bagaimana membangun gazebo di rumah.

Setelah membahas sejarah, hal-hal serta fakta unik yang ada pada gazebo, rasanya tak lengkap bila kita tak menerapkannya untuk penggunaan di rumah. Tak dapat dipungkiri bahwa gazebo adalah salah sau area yang atraktif yang sering kita jumpai di taman-taman. Untuk itu, tak afdol rasanya bila kita tak memiliki gazebo sendiri di rumah kita. Terlebih bila kita memiliki halaman atau taman yang luas. Maka, tak ada salahnya kita menyisihkan sedikit lahan untuk membangun gazebo.

Selain karena bentuknya yang bisa kita buat sesuka kita, keberadaan gazebo sangat membantu terutama untuk acara-acara keluarga yang diadakan di luar ruangan. Gazebo pun bisa menjadi tempat yang nyaman untuk menerima tamu, mengobrol, dan berdiskusi. Membangun gazebo tergolong tak terlalu sulit dan bisa dibilang cukup mudah dan murah yang bisa disesuaikan dengan budget kita. Bila pemilihan material dan desain kita tepat, maka bukan tak mungkin kita bisa membangun sebuah gazebo dengan biaya yang murah. Kali ini, kita akan membahas hal-hal apa saja yang perlu dipertimbangkan dan direncanakan sebelum membangun gazebo serta bagaimana membangun gazebo yang tepat.

gazebo kayu dengan atap ijuk

Desain Gazebo Unik Bergaya Bali dengan Atap Ijuk

Pertimbangan-pertimbangan sebelum membangun gazebo

Saat berencana membangun gazebo di taman atau belakang rumah, mungkin kita berfikir material atau bahan-bahan apa saja yang kita butuhkan. Namun, Anda tak perlu khawatir. Biasanya depot-depot bangunan sudah menyiapkan satu paket gazebo kit yang sangat mudah dalam pemasangan dan pembangunan. Namun, bila Anda menginginkan desain gazebo yang unik dan eksklusif, mungkin Anda perlu mendesain gazebo sendiri. Hal lain yang tak kalah penting untuk diperhatikan adalah mengukur luas wilayah, melihat kondisi tanah, dan melihat kemiringan tanah pada taman atau belakang rumah Anda, apakah cukup tepat untuk dibangun sebuah gazebo di atasnya.

Selain itu, penting juga bagi kita untuk melihat fungsi dari gazebo tersebut, apakah nantinya akan digunakan untuk kepentingan yang benar-benar fungsional atau hanya sebagai elemen dekoratif taman saja. Dengan menentukan tujuan kita membangun gazebo, maka kita bisa lebih tepat dalam menentukan desain serta material untuk membangun gazebo tersebut.

desain gazebo kayu modern

Gazebo Berbahan Kayu yang Bisa Dicopot-Pasang (Knock Down)

Cara-cara Membangun Gazebo:

1. Beli atau pesan gazebo kit di depot bangunan

Untuk membangun gazebo yang mudah dan murah, maka Anda cukup membeli gazebo kit yang biasanya di jual di toko-toko bangunan. Gazebo kit biasanya dijual dengan rentang harga yang bervariasi, tergantung ukuran dan desainnya. Atau, Anda bisa memesan gazebo kit yang disesuaikan dengan desain atau konstruksi gazebo yang Anda inginkan. Kemudian, Anda bisa memberikannya pada supplier gazebo kit dan memesannya sesuai dengan desain gazebo buatan Anda.

2. Memilih dan membeli elemen lain

Jika Anda merasa peralatan dan bahan yang ada dalam paket gazebo kit masih kurang dan belum sesuai dengan keinginan Anda, Anda bisa mendaftar benda-benda apa saja yang kurang kemudian konsultasikan dengan penjaga toko bangunan tersebut, apakah benda pendukung yang Anda inginkan tersedia atau tidak. Anda bisa juga mencarinya di situs jual beli online untuk mencari elemen dekorasi lain yang Anda inginkan.

3. Tentukan area di halaman belakang rumah atau taman yang akan dibangun gazebo

Sebelum gazebo kit yang Anda beli dikirim ke rumah Anda, tentukan area dimana Anda akan membangun gazebo tersebut. Pastikan bahwa area untuk membangun gazebo bebas dari genangan air, tumbuh-tumbuhan liar, atau bahkan kabel-kabel listrik untuk lampu penerangan.

4. Bersihkan area yang telah ditentukan

Setelah Anda memastikan area yang akan dibangun gazebo, bersihkan terlebih dahulu area tersebut dari batu-batu dan rumput liar. Atau, bila di tempat tersebut terdapat pot-pot dan tanaman-tanaman hias, sebaiknya dipindahkan dahulu. Setelah itu, tandai area dengan menancapkan tonggak-tonggak kayu di sudut-sudutnya untuk mempermudah Anda menentukan pembangunan gazebo.

5. Libatkan anggota keluarga dalam proses pembangunan gazebo

Untuk lebih menghemat budget, tak ada salahnya untuk menangani pembangunan gazebo ini sendiri tanpa bantuan tukang atau kontraktor. Bila Anda tak sanggup melakukannya sendirian, Anda bisa mengundang saudara atau kerabat untuk membantu Anda dalam proses pemasangan.

6. Mulai pembangunan

Setelah gazebo kit dikirim ke rumah Anda, Anda bisa mulai melakukan pemasangan gazebo kit ini. Namun, pertama-tama buka boks gazebo kit dan pisahkan material-material berdasarkan fungsinya, mana yang akan digunakan sebagai material untuk lantai, dinding, atau atap. Hal ini demi memudahkan Anda dan rekan Anda dalam membangun gazebo ini.

Setelah itu, mulailah dengan memasang lantainya terlebih dahulu. Kebanyakan, gazebo memiliki bentuk oktagon atau segi delapan, untuk itu lantai gazebo perlu dibentuk menyerupai segi delapan. Untuk menguatkan pemasangan antara satu bagian lantai dengan bagian yang lain, mungkin Anda perlu merekatkannya dengan paku.

7. Ikuti langkah pemasangan gazebo sesuai instruksi

Di dalam gazebo kt tersebut, biasanya telah ada petunjuk pemasangan. Anda dan rekan Anda hanya tinggal mengikutinya saja. Saat gazebo ini selesai dibangun, maka Anda dan rekan atau kerabat Anda akan merasa lebih puas karena gazebo ini dibangun atas usaha dan keringat Anda bersama kerabat.

Selamat mencoba 🙂

..

Architectaria – Arsitek dan Perencana

(Jika anda menganggap artikel ini bermanfaat, jika anda menikmati membaca artikel-artikel di web ini, anda dapat berlanggangan untuk membaca artikel ini melalui email. Silahkan klik DISINI jika anda ingin berlangganan membaca artikel dari architectaria.com melalui email).

No Comments Yet.

Leave a Comment