Tips Menanam Pohon Di Rumah

Hal-hal yang harus diperhatikan sebelum menanam pohon di sekeliling rumah.

Menjelang libur panjang natal dan tahun baru, tentu Anda mulai berfikir untuk merencanakan liburan bersama keluarga. Anda mungkin bermimpi untuk dapat libur di luar kota ,namun, untuk Anda dengan tingkat mobilitas tinggi, mungkin momen libur panjang kali ini lebih Anda nikmati dengan berkumpul bersama keluarga di rumah sambil melakukan aktifitas yang mungkin tidak dapat Anda lakukan di hari-hari biasanya.

Bila Anda terpikir untuk menghabiskan liburan Anda di rumah, tidak ada salahnya bila Anda melakukan hal-hal positif yang juga tidak kalah menyenangkan. Menanam pohon di rumah adalah salah satu hal positif yang bisa Anda praktekan ketika liburan datang. Selain merupakan anjuran pemerintah, menanam pohon juga dapat membuat kondisi sekeliling rumah lebih rindang dan sejuk.

Sebelum merencanakan untuk menanam pohon di halaman atau sekitar rumah, ada baiknya mempertimbangkan jenis pohon apa yang baik untuk rumah Anda dan cara penanaman yang benar agar pohon tumbuh dengan baik.

Tentukan Waktu Penanaman Pohon yang Tepat

Sebelum melakukan penanaman pohon, sebaiknya tentukan waktu yang tepat. Musim hujan sebenarnya baik untuk menanam pohon karena kondisi tanah yang tidak keras serta ketersediaan air yang melimpah. Namun, menanam pohon di kala curah hujan sedang tinggi juga tidak terlalu baik. Hal ini karena kondisi akar tanaman dan batang yang belum kuat, dikhawatirkan justru akan patah atau tumbang ketika hujan lebat.

Akhir Desember ini mungkin bisa Anda manfaatkan sebagai momen menanam pohon karena curah hujan yang belum terlalu tinggi. Bila sudah memasuki Januari, dimungkinkan curah hujan sudah semakin tinggi dan bulan itu sudah bukan waktu yang cocok untuk menanam pohon.

Memilih Jenis Pohon yang Terbaik

Memilih jenis pohon yang baik untuk ditanam pada halaman sekeliling rumah Anda haruslah disesuaikan dengan tujuan penanaman itu sendiri. Apakah Anda membutuhkan pohon yang berfungsi sebagai perindang, pohon untuk hiasan, atau pohon untuk diambil buahnya. Tidak jarang poin yang ketiga adalah hal utama yang sering dipertimbangkan oleh pemilik rumah. Terkadang, mereka memilih pohon yang dapat berbuah, sehingga mereka dapat menikmati buahnya.

Kombinasi Pohon yang Rindang dan Kolam Renang Membuat Landscape Rumah Menjadi lebih Asri

Selain itu, mereka juga memilih pohon berbuah yang juga memiliki daun yang rindang, sehingga pohon tersebut bisa berfungsi ganda, yakni untuk diambil buahnya sekaligus sebagai perindang disekitar atau dihalaman rumah Anda. Untuk alasan ini, maka pohon mangga dan rambutan lah yang paling cocok. Tetapi, Anda jangan memaksa untuk menanam pohon jenis ini bila memang tumbuhan ini tidak cocok dengan kondisi tanah di sekitar rumah Anda.

Sesuaikan Jenis Pohon Dengan Lanskap di Sekeliling Rumah Anda

Meskipun Anda menyukai jenis pohon tertentu dan ingin sekali menanamnya di rumah Anda, satu hal yang tidak boleh dilupakan yakni apakah lanskap atau luas tanah pekarangan Anda cukup memadai untuk ditanami pohon. Perlu diketahui bahwa pohon adalah sesuatu yang dapat tumbuh besar dan mungkin tidak pernah Anda duga seberapa besar pohon itu akan tumbuh. Bila lahan di rumah Anda cukup kecil, namun Anda memaksakan menanam pohon yang besar, tentu Anda akan menemui masalah kedepannya, apa lagi bila pohon tersebut terus tumbuh besar.

Desain Taman (Landscape) Belakang Rumah Yang Artistik Dengan Pepohonan dan Kolam (by: Studio MK27)

Akan ada kemungkinan pertumbuhan pohon tersebut mengganggu rumah Anda dan ketika Anda bermaksud menebangnya, Anda khawatir pohon tersebut akan mengenai bagian rumah Anda. Belum lagi masalah akar yang akan terus tumbuh dan mendesak benda-benda di sekitarnya, tentu hal ini juga dapat merusak kondisi lantai atau halaman di sekeliling rumah. Untuk itu, pilihlah jenis pohon yang tidak terlalu besar untuk ditanam di rumah.

Memilih Pohon yang Mudah Dipindahkan

Untuk pohon-pohon yang akan ditanam di sekeliling rumah, pilihlah pohon atau tanaman dengan akar yang tidak terlalu kuat atau menghujam ke tanah hingga sulit untuk dipindahkan. Hal ini untuk mengantisipasi bila Anda ingin melakukan perbaikan rumah dan memerlukan lahan tambahan di sekeliling rumah Anda. Bila hal ini dilakukan, mau tidak mau pohon yang sudah Anda tanam harus ditebang atau dipindahkan ke tempat lain. Karena menebang pohon beresiko menimbukan kerusakan pada bagian rumah, khususnya atap, maka memindahkan pohon dirasa cukup aman dan cukup ramah lingkungan karena kita tidak merusak pohon yang sudah ada.

Untuk ciri-ciri pohon yang mudah dipindahkan yakni cenderung memiliki batang yang ramping dengan akar serabut, misalnya pohon palem. Maka dari tu pohon ini sering digunakan di beberapa sudut jalan di sepangjang perumahan elit.

Desain Taman Yang Asri Dengan Pepohonan dan Aneka Vegetasi

Hal-hal diatas mungkin hanyalah sedikit hal yang harus Anda perhatikan sebelum menanam pohon. Tentunya masih banyak hal lain yang harus dipertimbangkan, diantaranya perawatan setelah penanaman. Namun yang paling penting, ketika akan menanam pohon yang cukup besar, perhatikan faktor keselamatan, khususnya bagi bangunan rumah dan penghuni rumah tersebut. Pohon yang besar mungkin akan rawan tumbang, terutama di musim hujan. Jadi, sebaiknya lokasi pohon haruslah cukup jauh dengan bangunan fisik rumah.

Hindari berada di dekat pohon terutama ketika hujan deras dan angin kencang. Meski tampak sedikit merepotkan, namun yakinlah bahwa menanam pohon adalah investasi terbaik untuk menjaga kondisi udara di bumi kita tercinta ini agar tetap bersih. Untuk itu, selamat menanam pohon di rumah Anda 🙂

..

Architectaria – Arsitek dan Perencana

(Jika anda menganggap artikel ini bermanfaat, jika anda menikmati membaca artikel-artikel di web ini, anda dapat berlanggangan untuk membaca artikel ini melalui email. Silahkan klik DISINI jika anda ingin berlangganan membaca artikel dari architectaria.com melalui email).

1 Comment

  1. Makasih tipsnya semoga bermanfaat untuk kita dan bumi kita …

Leave a Comment