Tips Memilih Furniture Untuk Ruang Tamu

Hal-hal yang perlu diketahui tentang furniture ruang tamu dan untuk bahan pertimbangan sebelum membeli furniture untuk ruang tamu.

Ruang tamu adalah area di rumah dimana orang-orang kerap memberi fokus dan penekanan yang lebih pada wilayah ini. Ruang tamu didesain spesial karena disini pemilik rumah sering berusaha untuk menonjolkan bagian dari dirinya serta kehidupannya. Tak ayal, ruang tamu pun terkadang memiliki ukuran yang cukup besar atau bahkan paling besar dibandingkan ruangan lain.

Tapi, seberapapun luasnya ruang tamu, area ini adalah area siginifikan dimana penghuni rumah dan tamu yang berkunjung bisa berkumpul bersama. Untuk itulah mengapa ruang tamu perlu di desain, didekorasi, dan dilengkapi dengan furniture yang memadai.

Konsep desain interior ruang tamu bisa bermacam-macam. Ada yang memilih konsep desain yang formal dan elegan, atau desain yang kasual dan bersahaja untuk ruang tamunya. Semua itu menyesuaikan dengan kepribadian dan selera pemilik rumah.

Apapun konsep desain ruang tamu, terkadang hal ini berimplikasi pada pemilihan furniture yang ada di ruangan ini. Untuk itu, pada kali ini kita akan menghadirkan apa itu furniture ruang tamu serta tips dan panduan dalam memilih furniture pada ruang tamu. Berikut penjabaraannya:

A. Peran furniture di ruang tamu

Furniture pada ruang tamu sangat berperan penting karena furniture atau benda-benda di ruangan ini ada untuk menunjang kebutuhan pemilik rumah sekaligus orang-orang yang berkunjung ke rumah ini. Disinilah orang-orang dari luar rumah dan dari dalam rumah bisa berkumpul dan bersantai sambil mengobrol, makan, atau menonton TV. Furniture pada ruang tamu diharapkan dapat menopang serta memaksimalkan aktifitas-aktifitas tersebut sehingga baik pemilik rumah, anggota keluarga, maupun tamu bisa menjalankan aktifitas tersebut dengan baik.

Dengan demikian, sebuah ruang tamu yang ideal minimal memiliki furniture yang berfungsi sebagai tempat untuk duduk dan juga meja untuk meletakkan makanan dan minuman serta suguhan lain agar kegiatan di ruang tamu dapat berjalan sebagai mana mestinya.

Desain Interior Ruang Tamu Dengan Aksen Kayu Memberikan Kesan Nyaman atau Cozy

B. Fungsi dari furniture pada ruang tamu

Seperti yang telah disebutkan di awal bahwa ruang tamu adalah tempat untuk berkumpul antara pemilik rumah dengan tamu, dan oleh karena itu salah satu furniture ruang tamu harus dapat difungsikan sebagai tempat untuk duduk dengan nyaman oleh semua orang yang terlibat di dalamnya. Ruang tamu adalah ruang publik yang difungsikan untuk mengakomodasi kepentingan bersama dan bukan seperti ruang tidur yang fungsinya untuk menunjang kebutuhan pribadi.

Maka dari itu, furniture dan tempat duduk yang diletakkan di ruang tamu harus dapat memberi kesan terbuka dan lapang. Terkadang, pemilik rumah menempatkan televisi di ruangan ini yang difungsikan sebagai titik pusat atau vocal point. Hal ini sah-sah saja selama tidak mengurangi fungsi utama dari ruangan ini sendiri yakni sebagai tempat berkumpul.

C. Fitur-fitur pada ruang tamu
Furniture wajib yang ditempatkan pada ruang tamu adalah tempat duduk. Tempat duduk itu bisa berupa kursi biasa atau sofa. Furniture ruang tamu menitikberatkan pada pemilihan tempat duduk entah itu berupa sofa, kursi untuk pasangan, kursi individu, sofa bed atau recliner sofa.

Meski tempat duduk merupakan fitur utama yang wajib ada pada furnitur ruang tamu, fitur-fitur penunjang yang lainnya pun tak kalah pentingnya seperti meja tamu, lemari pajangan, rak, lampu meja, figura, cermin, lampu gantung, benda seni pajangan, dan furniture-furniture penunjang lainnya.

Desain Interior Ruang Tamu – Sofa, Wall Unit Untuk Pajangan Buku dan TV Display

Salah satu fitur pada furniture ruang tamu modern adalah televisi. Ya, televisi jkini juga merupakan salah satu bagian dari furniture yang kita dapat jumpai di ruang tamu di rumah-rumah karena beberapa orang ingin menggabungkan fungsi ruang keluarga dengan ruang tamu. Dengan menempatkan televisi pada ruang tamu, maka ruang tamu tak hanya difungsikan untuk menerima tamu yang berkunjung ke rumah tersebut, tapi juga untuk mengakomodasi kebutuhan berkumpul anggota keluarga.

Televisi dapat diletakkan di atas meja kecil, menyatu dengan kabinet, atau bahkan terpasang di dinding. Ragam televisi pun kini semakin canggih dan bermacam macam seiring dengan teknologi yang berkembang.

D. Tipe furniture ruang tamu

Bila sebuah ruang tamu memiliki konsep desain yang formal, maka furniture ruang tamu biasanya berbahan dasar kayu gelap dengan bentuknya yang tegas yang dilengkapi sofa dengan bahan yang mahal dan desain yang istimewa. Ruang tamu yang dengan konsep desain formal cenderung difungsikan untuk acara-acara tertentu dan untuk menyambut tamu tertentu. Maka dari itu, pemilihan furniture yang ditampilkan di ruangan ini cenderung mahal, berkualitas baik, dan berkelas.

Desain Interior Ruang Tamu – Sofa dan Aksesoris Pengisi Ruang Tamu

Kontras dengan desain ruang tamu yang formal, desain ruang tamu kasual cenderung nyaman, santai, dan bersahaja sehingga setiap orang bisa merasa diterima di ruangan ini. Dengan begitu, tipe furniture yang digunakan di ruang tamu model ini pun cenderung lebih sederhana dengan penggunaan bantal sofa, reclining sofa, serta hiasan atau pajangan dinding yang menjadi ciri khas ruang tamu bernuansa kasual ini.

E. Pertimbangan terakhir sebelum memilih furniture untuk ruang tamu

Apapun jenis atau desain furniture ruang tamu yang akan Anda pilih, entah itu furniture baru, antik, bekas, maupun paduan dari ketiganya, selalu pertimbangkan untuk meletakkan satu furniture yang difungsikan sebagai titik pusat (vocal point) pada ruang tamu ini. Titik pusat itu bisa berupa TV, tempat perapian, atau bahkan jendela. Kini, selamat memilih furniture ruang tamu yang tepat untuk ruang tamu Anda.

..

Architectaria – Arsitek dan Perencana

(Jika anda menganggap artikel ini bermanfaat, jika anda menikmati membaca artikel-artikel di web ini, anda dapat berlanggangan untuk membaca artikel ini melalui email. Silahkan klik DISINI jika anda ingin berlangganan membaca artikel dari architectaria.com melalui email).

No Comments Yet.

Leave a Comment