Tips Memilih Furniture Untuk Kamar Tidur

Kamar tidur adalah salah satu tempat paling private dan intim didalam rumah anda, banyak hal sebaiknya anda pertimbangkan untuk membuat kamar tidur anda terasa nyaman dan menyenangkan. Seperti halnya ruangan-ruangan yang lain, menata kamar tidur tidak lepas dari pemilihan dan pengaturan furniture. Furniture didalam kamar tidur harusnya memperhatikan beberapa hal; fungsi, kepribadian, dan personal style anda.

Ketika anda akan membeli atau membuat furniture untuk kamar tidur, anda sebaiknya mempertimbangkan faktor estetika dan kenyamanan. Furniture tersebut harus cukup menarik jika berada didalam kamar tidur, nyaman digunakan dan mengakomodasi berbagai fungsi. Setiap bedroom set biasanya terdiri atas; bedding, dresser, meja rias, lemari dan berbagai rak.

Jika anda akan membeli furniture untuk kamar tidur anda (bedroom sets) sebaiknya pilih dengan desain dan material terbaik. Jika anda akan membuatnya, cari material terbaik dan buat rencana atau desain bagaiaman bentuk furniture tersebut nantinya. Bekerja-samalah dengan arsitek atau desainer interior, berdiskusi dengan mereka sedikit banyak membantu anda untuk menemukan solusi dan pilihan terbaik mengenai bentuk dan apa saja furniture yang akan anda buat untuk kamar tidur anda.

Untuk material penyusunnya, sebaiknya anda memilih kayu solid. Kayu solid pastinya memiliki keuntungan dibanding kayu press (particle board) atau kayu lapis (multiplex, plywood). Dari segi tampilannya kita pasti setuju bahwa kayu solid seperti jati lebih elegan dibanding plywood yang dilapisi HPL dengan berbagai motif kayu solid. Kayu jati yang difinishing dengan pelitur atau varnish memiliki daya tarik yang tahan lama.

Dari segi kekuatan atau ketahanan, kayu solid jelas jauh lebih kuat dibanding plywood apalagi kayu press. Anda tidak perlu khawatir furniture anda yang berbahan kayu solid menjadi keropos hanya gara-gara terkena air atau udara yang terlalu lembab. Kayu solid juga lebih tahan terhadap serangan rayap, meskipun ada metode tertentu yang bisa membuat kayu lapis (plywood) tidak diserang rayap.

Aneka furniture untuk bedroom set anda biasanya didesain dengan tema yang sama untuk memberi kesan seragam. Warnanya juga lebih baik jika seragam, penggunaan warna furniture yang beraneka macam membuat bedroom set anda terkesan tidak well planned. Anda tentu tidak ingin melihat kamar anda diisi oleh perabot dengan bentuk dan warna yang beraneka macam, kesannya seperti bedroom set yang ditambal sulam. Jika seperti ini, fungsi furniture tersebut mungkin terpenuhi, tapi tidak dengan style dan kenyamanannya. Jangankan melihat dan mengalaminya, membayangkannya saja, saya sudah merasa tidak nyaman.

Demikianlah tips tentang memilih furniture untuk kamar tidur anda, anda mungkin mempertimbangkan saran yang saya tuliskan pada artikel ini untuk mendapatkan suasana kamar tidur yang nyaman dan bedroom set yang fungsional dan enak dipandang.

..

Architectaria – Arsitek dan Perencana

(Jika anda menganggap artikel ini bermanfaat, jika anda menikmati membaca artikel-artikel di web ini, anda dapat berlanggangan untuk membaca artikel ini melalui email. Silahkan klik DISINI jika anda ingin berlangganan membaca artikel dari architectaria.com melalui email).

2 Comments

  1. nuri

    Kamar tidurnya bagus banget, simple tapi berkarakter.

    Furniturenya kamar tidurnya juga indah dan fungsional.

  2. rendy

    mau tanya Pak, saya denger justru malah kayu solid lebih mudah terkena rayap apalagi kalau kayunya tidak kering. malah plywood yg dijamin ga kena rayap .. mohon pencerahannya

Leave a Comment