Tips Membersihkan dan Mengkilapkan Jendela yang Kotor dan Berdebu

membersihkan kaca_1

Alat dan bahan yang bisa digunakan untuk membersihkan dan mengkilapkan jendela kaca yang kotor dan berdebu lebih efektif serta teknik dan metode dalam mengkombinasikannya.

Perayaan tahun baru 2014 telah usai, kini saatnya menyambut hari baru di tahun baru. Agar lebih bersemangat dalam menjalankan aktifitas sehari – hari, tentunya dibutuhkan suasana rumah yang bersih dan menyenangkan pula. Maka, tak ada salahnya awal tahun baru ini diisi dengan kegiatan bersih – bersih rumah.

Salah satu aspek pada rumah yang jarang sekali dibersihkan adalah jendela. Ya, jarang sekali kita bisa menyempatkan waktu untuk membersihkan jendela. Akibatnya, jendela ini hanya akan dibersihkan seminggu sekali, sebulan sekali, atau bahkan setahun sekali. Padahal, jendela adalah salah satu ‘benteng’ yang membatasi udara dari luar agar tidak masuk secara utuh ke dalam rumah. Bayangkan bila jendela ini jarang dibersihkan, pastinya debu akan melekat kuat di jendela dan semakin sulit dibersihkan.

Mengingat jendela, dengan permukaannya yang terbuat kaca, merupakan elemen yang sedikit berbeda dengan elemen lain dalam rumah, ada beberapa metode dan bahan khusus untuk membersihkannya. Bahkan, tak hanya mampu membersihkan, bahan – bahan khusus tersebut juga bisa membuat kaca jendela lebih mengkilap.

Kini beberapa produk pembersih kaca jendela telah banyak dijual di pasaran. Namun sejatinya ada beberapa bahan sehari – hari yang ampuh membuat kaca jendela lebih mengkilap. Selain itu, diperlukan beberapa alat yang sesuai agar proses pembersihan kaca jendela lebih maksimal. Alat dan bahan itu misalnya koran, cuka, amoniak, lap, dan lain – lain. Bahan – bahan tersebut biasa digunakan untuk membuat kaca jendela di gedung perkantoran atau di pusat perbelanjaan menjadi lebih mengkilap. Maka, tak ada salahnya Anda mengaplikasikannya di rumah.

Meski semua alat dan bahan yang disebutkan di atas sangat ampuh membersihkan jendela, namun Anda tidak bisa mencampur adukkanya secara langsung. Untuk itu, berikut ini tips kombinasi antara alat dan bahan pembersih agar jendela terlihat bersih, bebas debu, dan mengkilap.

1. Cuka dengan koran

Cuka merupakan larutan asam yang alami dan sangat ampuh untuk mengangkat kotoran pada permukaan jendela. Tak hanya debu atau kotoran saja yang bisa dilenyapkan, tapi juga jejak tangan kita atau jejak tangan hewan peliharaan yang menempel di jendela pun bisa dihilangkan dengan cairan cuka ini. Setelah itu, gunakan koran untuk mengeringkan sekaligus mengelap sisa – sisa cairan cuka yang menempel di jendela.

Koran dipercaya sebagai bahan penyerap debu dan kotoran yang ampuh. Tetapi, Anda mesti berhati – hati karena kadang tulisan yang tercetak di koran akan mudah menempel pada tangan atau frame jendela yang terbuat dari kayu. Efek negatif dari penggunaan cuka untuk membersihkan jendela yakni jendela menjadi lengket usai dibersihkan.

2. Amoniak dengan air

Amoniak merupakan pembersih ampuh yang mampu menghapus lemak/minyak, debu, dan kotoran yang menempel pada permukaan kaca jendela. Sayangnya, amoniak ini sangat cepat mengering dan kemudian menimbulkan semacam bercak di kaca. Sementara air memiliki kandungan mineral, yang bila bersentuhan dengan permukaan kaca maka akan membentuk selaput tipis (film).

Kombinasi antara amoniak dan air sebaiknya digunakan untuk membersihkan asap atau minyak yang menempel pada permukaan kaca. Amoniak ini akan lebih bisa bekerja maksimal bila dikombinasikan dengan bahan pembersih kaca lain.

3. Lap dari kain vs lap dari kertas (paper towel)

Untuk membersihkan kaca jendela seusai dibersihkan dengan cairan khusus, gunakanlah lap yang bersih. Lap ini ada dua macam, yakni lap berbahan kertas / tisu dengan lap kain. Lap tisu memiliki keuntungan karena bahannya lebih lembut, namun pastinya menggunakan tisue untuk membersihkan jendela yang berukuran besar akan sangat memboroskan, karena kita butuh banyak tisue dan tisue ini hanya bisa digunakan sekali.

Sementara lap yang berbahan kain jelas lebih praktis dan efisien untuk digunakan, mengingat lap bisa dicuci saat kotor, kemudian digunakan kembali. Untuk hasil yang maksimal, disarankan menggunakan lap kain dari mikrofiber.

membersihkan kaca_2

Proses Membersihkan Kaca pada Gedung Bertingkat

4. Pembersih kaca

Dalam membersihkan kaca jendela di gedung, biasanya digunakan alat pembersih kaca (squeegee). Pembersih kaca ini tersedia dalam berbagai ukuran, menyesuaikan dengan lebar jendela. Menggunakan alat ini memerlukan sedikit teknik, agar kaca jendela mengkilap secara total tanpa meniggalkan bekas . Kadang, para pembersih jendela mengelap kaca dengan alat ini dengan membetuk pola seperti huruf ‘s’.

Memang, membersihkan jendela dengan alat ini membutuhkan sedikit teknik serta seni, agar kaca bisa mengkilap secara maksimal.

5. Kombinasi antara alkohol, kanji / tepung jagung, cuka, dan air soda

Campuran alkohol, kanji / tepung jagung, cuka, dan air soda akan menghasilkan bahan yang alami dan efektif dalam membersihkan kaca jendela secara optimal. Bahan – bahan ini juga bisa digunkana untuk membersihkan permukaan kaca pada meja, cermin, hingga furnitur lain yang berbahan kaca.

Untuk penggunaan pada kaca jendela, sebaiknya tuangkan larutan ini pada spray, kemudian semprotkan pada permukaan jendela sedikit demi sedikit sambil diusap dengan lap kain mikrofiber. Hasilnya, jendela akan bersih dan mengkilap sempurna.

Selamat mencoba 🙂

..

architectaria.com | Arsitek, Desain Interior, General Contractor

(Jika anda menganggap artikel ini bermanfaat, jika anda menikmati membaca artikel-artikel di web ini, anda dapat berlanggangan untuk membaca artikel ini melalui email. Silahkan klik DISINI jika anda ingin berlangganan membaca artikel dari architectaria.com melalui email).

1 Comment

  1. tipsnya bagus ,,makasih

Leave a Comment