Tips Melapisi Meja Konter dengan Cat Epoxy

kitchen countertop 3

Bagaimana cara melapisi meja konter yang aman dengan ketebalan yang tepat tanpa mengurangi visibilitas dari detail tekstur permukaan meja.

Cat Epoxy yang biasa digunakan sebagai cat pelapis material adalah bahan yang penting untuk melindungi material agar tetap awet. Sayangnya, belum banyak yang menyadari akan pentingnya pemberian cat Epoxy pada material tertentu. Padahal, material khususnya batuan perlu diberikan perlindungan, agar teksturnya lebih terjaga, tak mudah terkikis, dan lebih awet.

Meja konter misalnya. Meja yang biasa diletakkan di dapur ini banyak yang dibuat dari batuan granit.Untuk memberikan tampilan yang indah pada meja itu, serta untuk melindungi agar bahan tak mudah tergores, maka dibutuhkan cat Epoxy ini untuk menjaga permukaan meja konter agar tetap indah. Cat Epoxy ini tak hanya baik untuk jenis meja konter top yang terbuat dai batuan granit saja, tapi juga dari jenis batu lainnya. Dengan memberikan cat Epoxy pada meja konter, maka Anda bisa mencegah meja tersebut dari kekeroposan akibat tekstur batuan yang memang mudah terkelupas. Sehingga, meja konter Anda bisa lebih awet dan dapat digunakan hingga jangka waktu yang cukup lama.

Untuk melakukan pengecetan meja konter ini dengan cat Epoxy, hal ini juga terbilang cukup mudah. Anda bahkan bisa melakukannya sendiri di rumah. Yang pasti, sediakan bahan – bahan yang dibutuhkan, misalnya kuas cat, kain lap, laminating khusus Epoxy, cat Epoxy, bodi laminating epoxy roller, plester, dll.

Di bawah ini beberapa langkah yang bisa Anda terapkan tat kala Anda ingin melapisi meja konter Anda denga cat Epoxy.

  1. Tutup semua bagian permukaan meja konter yang tidak akan dilapisi cat Epoxy dengan koran dan plester. jangan sampai ada bagian – bagian lain yang terkena, misalnya bak atau lantai di sekitar meja konter tersebut.
  2. Campurkan cat Epoxy yang telah Anda siapkan sebelum dioleskan pada meja konter. Aduk dengan kuas atau pengaduk. Pastikan bahwa cairan Epoxy benar – benar menyatu dengan rata. Jika tidak, maka cairan tersebut akan sedikit mengental dan sulit digunakan untuk melapisi meja konter.
  3. Gunakan bodi laminating epoxy roller untuk mengoleskan cat Epoxy. Bagian – bagian yang tidak dapat dijangkau dengan roller bisa Anda jangkau dengan kuas dengan bulu yang kecil.
  4. Oleskan cat Epoxy dengan hati – hati dan merata tanpa penekanan yang berlebihan. Oleskan pada semua bagian, tak terkecuali pada bagian tepiannya yang kadang lebih rendah dibandingkan dengan permukaan meja konter. Jika Anda mau, Anda bisa mengaplikasikan cat Epoxy ini berulang kali, sehingga terbentuk layer yang berlapis – lapis untuk memaksimalkan perlindungan. Kebanyakan, cat Epoxy ini dioleskan pada permukaan meja koter hingga ketebalannya mencapai 1/8 inchi. Hal ini merupakan ketebalan ideal karena tekstur dari batuan granit itu sendiri masih dapat terlihat dengan jelas. Tetapi bila Anda ingin fokus pada pemberian proteksi pada meja konter, Anda bisa meningkatkan ketebalannya hingga 1/4 atau 1/2 inci. Namun, hal ini tentu akan mengurangi tingkat visibilitas dari tekstur batuan yang menjadi meja konter itu sendiri.
  5. Diamkan cat Epoxy ini selama 48 jam atau 4 hari penuh tanpa disentuh agar mengering dan perlindungannya maksimal. Tingkat ketebalan dari cat Epoxy ini mungkin juga berpengaruh pada lamanya pengeringan. Namun, jangka waktu 48 jam tersebut sudah sangat cukup untuk mendapatkan kualitas perlindungan Epoxy yang diinginkan.
  6. Setelah cat Epoxy benar – benar kering, lepaskan koran serta plaster yang menempel pada bagian – bagian meja konter. Kini, Anda dapat memiliki tampilan meja konter yang indah dan awet tanpa mengurangi karakteristik dari tekstur batuan pada meja konter tersebut.

kitchen countertop 1

Gambar Meja Konter (Countertop) Dapur

Tips dan Peringatan dalam Mengaplikasikan Cat Epoxy

  1. Sekali cat Epoxy dilapiskan atau melekat pada suatu benda, cairan ini akan sangat sulit dibersihkan atau dihilangkan. Untuk menghapusnya, Anda perlu menggosoknya berulang kali dengan kain lap dan cairan khusus. Maka dari itu, penting untuk melindungi bagian – bagian di sekelililng meja konter yang tak ingin Anda lapisi dengan cat ini.
  2. Semakin tebal cat Epoxy, maka permukaan meja konter akan semakin samar, sehingga detail teksturnya tidak akan jelas terlihat. Solusinya, Anda bisa menggunakan teknik thin coat. Meskipun teknik ini sedikit lebih menyita waktu, namun hasilnya akan jauh lebih maksimal tanpa menngurangi visibilitas dari detail tekstur meja konter. Cara mengaplikasikannya yakni dengan mengoleskan cat Epoxy tipis pada permukaan meja konter dan diamkan hingga mengering. Setelah itu, oleskan lagi cat Epoxy dan ulangi kegiatan tersebut sampai didapatkan ketebalan yang diinginkan.
  3. Ketika sedang menggunakan cat Epoxy, pastikan bahwa area tersebut dekat dengan ventilasi udara atau memiliki sirkulasi udara yang baik. Sebab, cat Epoxy tergolong zat kimia keras, sehingga sewaktu – waktu dapat menghasilkan gas – gas yang bila terhirup dapat membahayakan keselamatan.

Selamat mencoba :)

..

Architectaria – Arsitek dan Perencana

(Jika anda menganggap artikel ini bermanfaat, jika anda menikmati membaca artikel-artikel di web ini, anda dapat berlanggangan untuk membaca artikel ini melalui email. Silahkan klik DISINI jika anda ingin berlangganan membaca artikel dari architectaria.com melalui email).

3 Comments

  1. ringga

    berapa standarnya ketebalan finishing epoxy ini untuk lantai ruang perangkat/data centre telekomunikasi ya?
    Thx in advance

    • @Ringga,

      Ngga ada standarnya pak.

      rgrds,

  2. ryos

    merk lokalan epoxy resin apaan ya bos?

Leave a Comment