Tips dan Perawatan Lantai Bambu (Bamboo Flooring)

lantai_bambu_1

Cara yang tepat dalam membersihkan dan merawat lantai bambu serta cairan pembersih yang bisa digunakan.

Bambu merupakan salah satu material alternatif pengganti kayu. Harga kayu yang semakin tinggi membuat material bambu kini menjadi incaran. Bambu relatif lebih mudah tumbuh dan lebih cepat ditanam dibandingkan kayu. Bambu memiliki ketahanan yang cukup baik. Bambu juga hadir dalam berbagai variasi ukuran dan warna, mulai dari yang berwarna cokelat muda, cokelat kekuning – kuningan, hingga berwarna cokelat gelap.

Lantai bambu biasa kita temui di area rumah makan bernuansa tradisional dan pedesaan, di mushala, di surau – surau, di gazebo, atau di pos ronda. Sama seperti kayu, bambu pun bisa dimanfaatkan sebagai bagian dari bangunan misalnya sebagai struktur penopang bangunan, furnitur, hingga lantai bangunan. Meski penggunaan lantai dari bambu hanya sebatas pada bangunan atau ruangan yang tak begitu luas, lantai bambu tetap menjadi favorit menggantikan lantai kayu. Kedua bahan ini pun sama – sama ramah lingkungan. Dengan mengetahui tips membersihkan lantai bambu dan tips perawatan lantai bambu yang tepat, niscaya lantai bambu Anda akan awet hingga bertahun – tahun.

1. Bersihkan bambu dengan cara mengelapnya dengan kain

Ketimbang menggunakan sapu, untuk membersihkan lantai bambu sebaiknya gunakan kain lap yang bersih, kemudian usapkan pada bamboo flooring secara merata. Hal ini guna mengangkat kotoran dan partikel – partikel kecil yang menempel pada permukaan bambu. Kotoran tersebut harus diangkat hati – hati agar tidak melukai permukaannya.

2. Bersihkan dengan vacuum cleaner sesekali

Untuk menghilangkan debu halus yang ada di sela – sela bambu, bisa juga digunakan vacuum cleaner. Namun tak perlu sering, cukup gunakan seminggu sekali.

3. Gunakan kain basah sesekali untuk mengelap permukaan yang kotor

Untuk bagian lantai yang sangat kotor, bisa digunakan kain basah untuk mengelapnya. Tapi, usahakan jangan terlalu basah hingga merembes ke permukaan bambu. Permukaan bambu yang sering terpapar air akan mudah lapuk dan akhirnya pecah. Untuk itu, dalam mengaplikasikan kain basah ini, jangan lakukan sering – sering. Cukup aplikasikan sebulan atau 3 bulan sekali.

4. Gunakan air cuka untuk mengepel lantai bambu

Mungkin tak banyak yang tahu bahwa air cuka bisa dimanfaatkan untuk mengepel atau mengelap lantai bambu. Namun, jangan dilakukan keseringan. Campurkan satu cangkir cuka dengan satu ember air. Semakin sedikit konsentrasi air, semakin baik.

5. Gunakan wax untuk menghilangkan goresan pada permukaan bambu

Permukaan bambu sangat rentan tergores. Untuk menghilangkan atau menyamarkan goresan pada lantai bambu, Anda bisa menggunakan wax. Wax hadir dalam berbagai pilihan warna, sehingga bisa disesuaikan dengan warna permukaan bambu untuk menyemarkan keberadaanya. Wax biasanya dijual di toko bangunan.

Wax juga bisa digunakan untuk menghilangkan atau menyamarkan noda minyak, bercak air, atau jejak kaki. Pertama, gosok bercak atau bekas noda tersebut dengan kain wol, kemudian aplikasikan wax dengan tipis.

6. Jauhkan paparan sinar matahari langsung pada lantai bambu

Lantai bambu sangat sensitif pada cahaya matahari. Lantai bambu akan mudah pudar warnanya jika terus – terusan terpapar sinar matahari langsung. Selain itu, paparan sinar matahari juga membuat bambu lebih cepat lapuk.

lantai_bambu_2

Desain Interior Ruang Makan dengan Bamboo Flooring

Bahan pembersih untuk lantai bambu

Lantai bambu termasuk sensitif dalam hal kelembaban. Untuk itu, kita mesti menjaga agar selama proses pembersihan, kita tidak menggunakan air secara berlebihan. Selain menggunakan air, kita bisa mengaplikasikan bahan pembersih lain. Misalnya, Anda bisa menggunakan minyal esensial yang biasa digunakan untuk membersihkan dan mengkilapkan permukaan lantai kayu. Minyak ini akan memperlicin dan menambah kilauan permukaan bambu, terlebih untuk area dengan kelembaban yang rendah.

Concentrated Floor Cleaners

Concentrated floor cleaners merupakan cairan pembersih yang biasanya perlu ditambahkan air sebelum digunakan. Perhatikan takaran dan petunjuk pemakaiannya sebelum mengaplikasikan pada lantai bambu.  Bisa juga Anda membuat takaran yang sama yang biasanya digunakan pada lantai kayu.

Specialty Floor Cleaners

Specialty floor cleaners adalah cairan pembersih lantai bambu yang cocok digunakan sehari – hari. Namun, cairan pembersih khusus bambu biasanya cukup jarang ditemui, dan kebanyakan yang tersedia di pasaran hanyalah cairan pembersih lantai hardwood biasa. Jika ini yang Anda temukan, Anda tetap bisa menggunakannya untuk diaplikasikan pada lantai bambu Anda.

Tips & Peringatan:

  • Tempatkan keset di depan pintu sebelum kita menginjak lantai bambu. Hal ini demi mengurangi bercak kaki yang menempel di permukaan bambu.
  • Ketika berdiri atau berjalan di atas lantai bambu, jangan gunakan alas kaki atau sepatu dengan hak yang tinggi dan tajam, misalnya stiletto. Permukaan alas kaki yang tajam ini sangat berpotensi menancap pada permukaan bambu atau area di sela – selanya, sehingga bambu menjadi patah. Jika memungkinkan, jangan gunakan alas kaki sama sekali ketika menginjak lantai bambu.

Selamat mencoba 🙂

..

architectaria.com | Arsitek, Desain Interior, General Contractor

(Jika anda menganggap artikel ini bermanfaat, jika anda menikmati membaca artikel-artikel di web ini, anda dapat berlanggangan untuk membaca artikel ini melalui email. Silahkan klik DISINI jika anda ingin berlangganan membaca artikel dari architectaria.com melalui email).

No Comments Yet.

Leave a Comment