Tempat Tidur Tambahan Untuk Keluarga Saat Libur Lebaran

desain-tempat-tidur-tambahan-1

Tips desain interior rumah – Memanfaatkan kasur serta ruangan di rumah yang bisa difungsikan sebagai tempat tidur darurat saat lebaran.

Momen lebaran selalu identik dengan tradisi mudik. Biasanya, orang – orang dari perantauan akan pulang ke daerah asalnya masing – masing. Tapi bagi Anda, terutama yang tinggal di kota kecil atau di pedesaan, tak jarang menjadi sasaran tujuan mudik, dan karena itu, segala hal perlu disiapkan dalam menyambut tamu atau keluarga yang datang dari jauh ini.

Jika keluarga yang datang adalah keluarga dengan jumlah anggota yang besar, diperlukan ruang tambahan terutama untuk tempat tidur seluruh anggota keluarga. Sayangnya, tidak banyak rumah yang didesain untuk menyambut tamu dalam jumlah yang besar. Untuk mensiasatinya, kita bisa memanfaatkan ruang – ruang di bawah ini sebagai tempat tidur ‘darurat’.

1. Ruang keluarga

Ruang keluarga adalah ruangan di mana seluruh anggota keluarga berkumpul dan beraktifitas. Karena didesain sebagai ruang publik, ukuran ruangan ini juga cukup luas. Kita bisa memanfaatkan ruang keluarga sebagai ruang tidur alternatif saat lebaran. Caranya dengan meletakkan seluruh furnitur, terutama yang berukuran besar, untuk merapat ke dinding, dan menyisakan area yang luas di tengah – tengahnya. Kemudian, letakkan kasur, matras, atau karpet yang cukup tebal dengan ukuran yang luas agar dapat dijadikan tempat tidur untuk beberapa orang. Sebaiknya pilih jenis kasur atau matras yang fleksibel, bisa disimpan kembali saat tidak dibutuhkan. Siapkan matras tersebut hanya pada saat malam hari, sehingga di siang hari, ruang keluarga bisa difungsikan untuk kegiatan seperti biasa.

Mengingat ruang keluarga adalah ruang publik, gunakan ruang keluarga ini hanya sebagai tempat tidur, sementara tas dan barang berharga milik tamu sebaiknya diletakkan di ruangan khusus yang terkunci, agar barang – barang milik tamu lebih aman.

2. Ruang baca / ruang belajar

Ruang baca atau ruang belajar bisa juga dimanfaatkan sebagai ruangan alternatif untuk tidur saat lebaran. Cara penataannya hampir sama dengan yang ada di ruang keluarga. Namun, biasanya ruang baca atau ruang belajar ukurannya tidak terlalu luas, sehingga jika memungkinkan, kita bisa memindahkan furnitur yang ada di dalamnya ke ruangan lain, agar menyisakan area lapang yang luas yang bisa mengakomodasi lebih banyak tamu. Rak buku sebaiknya digeser merapat ke dinding, berlawanan dengan posisi matras untuk tempat tidur. Usahakan ada jarak antara matras dengan rak buku, untuk menghindari kemungkinan rak buku roboh akibat tersenggol saat tamu tengah tidur.

3. Kamar bermain anak

Kamar bermain anak bisa juga dimanfaatkan untuk tempat tidur sementara. Namun, kita perlu mengeluarkan seluruh mainan di dalamnya agar kita lebih mudah dalam menempatkan tempat tidur. Jika Anda tak ingin repot dalam mengeluarkan mainan anak, Anda cukup menaruh mainan di sudut ruangan, sehingga menyisakan ruang yang cukup luas di tengah – tengahnya.

desain-tempat-tidur-tambahan-2

Desain Tempat Tidur dan Kasur Tambahan Dirumah

Jenis – jenis tempat tidur alternatif untuk tamu lebaran

Jika jumlah anggota keluarga yang datang cukup besar, maka tidur di lantai adalah solusi yang tepat. Namun, tentunya dibutuhkan alas atau tempat tidur yang layak agar anggota keluarga bisa istirahat dengan nyaman meski tidur di lantai. Tempat tidur alternatif di bawah ini mungkin bisa menjadi solusi.

Karpet

Karpet dengan ukurannya yang luas bisa menutupi seluruh lantai dalam sebuah ruangan, sehingga menyediakan ruang tidur untuk tamu. Namun, tidur di lantai yang hanya beralaskan karpet sangat tidak dianjurkan, karena karpet tidak cukup tebal dan tidak empuk untuk digunakan sebagai alas tidur. Diperlukan tambahan alas tidur lain agar tamu bisa tetap merasa nyaman, meski tidur di lantai.

Kasur lipat

Kasur lipat mudah dijumpai di mall – mall dan dijual dengan harga yang relatih murah, yakni hanya di kisaran ratusan ribu. Kasur lipat juga tersedia dalam berbagai ukuran, bisa mengakomodasi 2 orang,atau ada juga yang dapat mengakomodasi 4 orang sekaligus. Namun, kasur lipat ini biasanya tidak terlalu tebal, tidak menggunakan per, dan hanya menggunakan busa, sehingga kurang empuk saat digunakan untuk tidur.

Kasur udara

Kasur udara adalah tempat tidur alternatif yang dapat diandalkan sebagai tempat tidur alternatif. Kasur ini berbahan semacam karet, yang akan melembung saat diisi dengan udara. Ketika tidak digunakan, udara di dalam kasur dapat dikeluarkan, sehingga kasur ini akan kembali kempes ke bentuk semula, dan bisa dilipat serta disimpan dalam lemari. Kasur udara banyak dijual di pusat perbelanjaan dengan harga yang variatif. Kasur ini cukup nyaman digunakan, karena memiliki permukaan yang didesain agar sesuai kontur tubuh dan tetap memberikan.

Kasur udara bisa langsung digunakan tanpa sprei dan selimut. Tapi tidur di kasur udara ini akan memberi efek dingin. Untuk itu, Anda bisa memasang sprei pada kasur udara ini agar lebih hangat dan nyaman saat digunakan untuk tidur.  Anda juga bisa memasukkan selimut di sela – sela kasur dan spreinya. Kasur udara kebanyakan didesain dengan ukuran yang besar, sehingga bisa digunakan sebagai tempat tidur alternatif untuk 3 hingga 4 orang sekaligus.

Selamat mencoba 🙂

..

architectaria.com | Arsitek, Desain Interior, General Contractor

Untuk Anda yang berada diwilayah JABODETABEK dan membutuhkan jasa arsitek, desain interior dan jasa kontraktor untuk membangun/merenovasi rumah, silahkan menghubungi kami melalui nomor: 081229400888, 087710400888, 021-83836281, atau 0251-9195383 (Bogor).

(Jika anda menganggap artikel ini bermanfaat, jika anda menikmati membaca artikel-artikel di web ini, anda dapat berlanggangan untuk membaca artikel ini melalui email. Silahkan klik DISINI jika anda ingin berlangganan membaca artikel dari architectaria.com melalui email).

No Comments Yet.

Leave a Comment