Tagihan Air Anda Membengkak? Cek Kemungkinan Kebocoran Air

hemat-air

Semua hal yang menjadi penyebab kebocoran air dirumah, cara mengetahuinya, dan cara mengatasinya dengan alat pendeteksi kebocoran air.

Tagihan air di rumah tiba – tiba membengkak? Hmm, Anda patut curiga. Jika Anda merasa menggunakan air dengan wajar namun tagihan air menjadi jauh lebih besar dari sebelumnya, mungkin ini pertanda adanya kebocoran air di rumah Anda, entah pada saluran pipa, pada bath up, pada kran, pada toilet, pada tempat penampung air, dan sebagainya. Cek semua hal yang berpotensi menyebabkan kebocoran air sebelum semua terlambat!

1. Matikan semua peralatan dan appliances yang menggunakan air

Hal ini guna memastikan di mana letak kebocoran dengan lebih akurat.

2. Segera cek meteran air

Jika meteran air terus berputar, di mana tanda merahnya terus bergeser meski perubahan angkanya sangat kecil dan lambat, Anda patut mencurigai kemungkinan adanya kebocoran.

3. Pergilah segera untuk mengecek kran dan bath up

Kran dan bath up merupakan dua appliances yang paling sering menjadi penyebab kebocoran air. Jika terdapat tetesan atau rembesan air, bisa jadi itu merupakan sumber bocornya air selama ini. Untuk mengatasi kran yang bocor, kencangkan handlenya hingga benar – benar menutup rapat. Namun jika masih terdapat rembesan air, mungkin masalah terdapat pada katupnya yang biasanya terbuat dari karet. Katup ini bisa saja sudah kendor dan koyak akibat terpapar air terus menerus, sehingga tak mampu menahan air lagi. Jika memang hal ini yang terjadi pertimbangkan untuk menggantinya dengan katup yang baru.

4. Sumber kebocoran bisa lebih dari satu

Meski telah menemukan sumber bocornya air, yakni pada kran atau bath up, bukan berarti masalah Anda selesai. Sebab, mungkin saja sumber kebocoran ada lebih dari satu, di mana kran atau bath up hanya penyebab kecilnya saja. Maka, lakukan uji sekali lagi dengan mematikan semua peralatan yang menggunakan mesin, dan cek apakah jarum penunjuknya masih bergerak. Jika iya, kemungkinan masih ada tempat lain yang bocor, misalnya toilet, pipa saluran air, atau bak penampung air.

5. Mengecek apakah toilet merupakan sumber bocornya air

Untuk mengetes apakah toilet merupakan sumber bocornya air, teteskan beberapa mili pewarna makanan pada tanki air toilet. Jika closet menunjukkan perubahan warna seketika pewarna makanan diteteskan di situ, maka patut dicurigai adanya kebocoran pada toilet. Untuk memperbaikinya, diperlukan peralatan khusus dan penanganan oleh tukang yang memang ahli menangani masalah ini.

6. Cek saluran air

Sekali lagi, coba telusuri jalur pipa atau saluran air di rumah Anda. Kebocoran air pada pipa atau saluran air sebenarnya sangat mudah dideteksi. Biasanya, akan terlihat adanya rembesan atau tetesan air di sekitarnya, hingga menciptakan genangan. Namun, kadang kebocoran bisa sulit terdeteksi, karena pipa tertanam di dalam tanah. Jika demikian, tak ada cara lain selain mengaplikasikan Water Leak Detection Insutrument (alat pendeteksi kebocoran air), apakah itu?

Water Leak Detection Insutrument (alat pendeteksi kebocoran air)

Water Leak Detection Insutrument adalah semacam alarm yang dipasang pada appliances yang dicurigai terdapat kebocoran air. Alarmnya cukup kecil, dan akan berbunyi jika mendeteksi adanya titik kebocoran air. Dengan begitu, Anda langsung bisa menyadari adanya kebocoran air pada appliances atau saluran air di rumah Anda, serta mendeteksi lokasinya. Maka, kemungkinan kebocoran air yang lebih parah bisa teratasi.

Ada dua jenis alat pendeteksi kebocoran air, yakni yang bekerja secara pasif dan yang bekerja secara aktif.

alat-penghemat-air

Water Saving Device (Alat Penghemat Penggunaan Air)

  • Alat pendeteksi kebocoran yang bekerja secara pasif

Alat pendeteksi kebocoran air yang bekerja secara pasif merupakan sebuah instrumen sederhana yang dioperasikan dengan baterai. Alat ini bisa dilengkapi dengan lampu flash yang akan berkedip – kedip seketika ada kebocoran. Di samping itu, alat ini juga dilengkapi alarm yang akan berbunyi saat terdeteksi adanya air yang bocor atau keluar tidak semestinya.

  • Alat pendeteksi kebocoran yang bekerja secara pasif

Alat pendeteksi kebocoran yang bekerja secara aktif tentu cara kerjanya jauh lebih kompleks dibandingkan alat yang pasif. Alat ini tidak hanya memberitahukan pemilik rumah akan adanya kebocoran pada sistem air (yang diterapkan pada home appliances atau yang mengalir di saluran air), tapi juga turut membantu mengurangi atau bahkan mengatasi kebocoran tersebut. Caranya dengan mematikan sistem seketika saat terdeteksi adanya kebocoran. Alat ini bisa dipasang secara individu pada sebuah appliance, misalnya pada water heater, dishwater, mesin cuci, bak penampungan air, dan sebagainya.

Selain itu, ada juga alat yang didesain khusus untuk dipasang pada sistem air underground (bawah tanah). Alat tersebut tentu cocok dipasang pada jalur pipa saluran air, di mana sepanjang jalur pipa ini, hampir semua titiknya berpotensi terjadi keretakan hingga menyebabkan kebocoran. Sayangnya, karena berada di dalam tanah, kadang kebocoran sulit terdeteksi. Kebocoran hanya bisa terdeteksi jika muncul genangan air di atas tanah di jalur pipa ini secara tiba – tiba. Dengan adanya alat pengendali kebocoran air ini, kemungkinan bocor yang lebih parah bisa tertanggulangi sejak awal.

Selamat mencoba 🙂

..

architectaria.com | Arsitek, Desain Interior, General Contractor

(Jika anda menganggap artikel ini bermanfaat, jika anda menikmati membaca artikel-artikel di web ini, anda dapat berlanggangan untuk membaca artikel ini melalui email. Silahkan klik DISINI jika anda ingin berlangganan membaca artikel dari architectaria.com melalui email).

2 Comments

  1. Rahma

    Dear Tim Architectaria,

    Terima kasih atas artikelnya yang bermanfaat.

    Kebetulan saya sedang mengalami masalah kebocoran pipa air di rumah. PAM sudah pernah datang, tapi mereka tidak bisa mengetahui sumber kebocoran tersebut. Karenanya saya tertarik untuk menggunakan water leak detection instrument yg disarankan di artikel diatas.

    Kira2 instrumen WLD apa yang sebaiknya saya gunakan di rumah saya? Dimana saya bisa membeli instrumen tersebut dan berapa kira-kira harganya? Bagaimana cara pemakaiannya? Mohon informasinya.

    Terima kasih.

  2. Kang zezen

    Bisa dikirim Cara pemadangan alat leak detektor untuk jaringàn pipa air pdamdan di mana saya bisa mendaoatkan alat tersebut
    Terima kasih
    Waalam

    Jenal

Leave a Comment