SOM Menambahkan Gedung Pencakar Langit yang Terbuat dari Kaca di Sebuah Daerah di China yang Sedang Mengalami Perkembangan Teknologi

glass-skyscraper-in-china-1

Review desain arsitektur bangunan mengenai sebuah gedung pencakar langit di Nanchang Cina yang sedang mengalami perkembangan teknologi dengan cepat.

Gedung pencakar langit sudah banyak di jumpai di negara kita terutama di kota-kota besar seperti  Jakarta dan Surabaya.  Konstruksi yang terlihat kokoh dan juga bentuk yang terlihat modern, memberikan kesan kota metropolitan yang terus melakukan perbaikan. Gedung pencakar langit tidak hanya mengedepankan fungsinya baik itu sebagai kantor publik atau hanya sekedar kantor karena tentunya gedung pencakar langit di desain dengan mengedepankan nilai seninya. Sehingga banyak kontraktor yang mempekerjakan seorang arsitek terkenal baik dari dalam maupun luar untuk membuat gedung pencakar langit yang memiliki fungsi dan nilai seni yang tinggi.

Sama halnya yang dilakukan oleh sebuah perusahaan arsitektur asal Amerika SOM, yang baru-baru ini berhasil menyelesaikan sebuah menara tinggi di kota Nanchang Cina yang menghadirkan desain eksterior dengan sistem diagrid untuk menaungi bangunan kaca. Untuk lebih jelas melihat gedung di Nanchang yang menakjubkan tersebut, fotografer Lv Hengzhong berhasil mengabadikan keindahan gedung melalui beberapa foto yang indah.

Berikut ini adalah review singkat mengenai bangunan yang terletak di Cina yang mungkin saja akan memberi sedikit inspirasi ataupun wawasan bagi Anda.

glass-skyscraper-in-china-6

Desain Arsitektur Glass Skyscraper di Cina – View 2

Menara tinggi yang menerapkan struktur diagrid

Gedung pencakar yang dirancang oleh perusahaan arsitektur Amerika, SOM terdiri dari 56 lantai yang diberi nama menara Jiangxi Freenland Zifeng yang terletah di Gaoxin, sebuah daerah di Nanchang yang sedang mengalami pertumbuhan yang tinggi di bidang teknologi. Menara Jianxi memiliki tinggi sekitar 268 meter berbentuk persegi panjang. Gedung tinggi tersebut dibalut dengan struktur diagrid yang terbuat dari sirip alumunium berbentuk segitiga. Brise-soleil dipasang untuk menaungi bangunan pada siang hari, sementara di malam hari, tertanam sistem lampu LED yang akan menerangi menara pada saat malam menjelang.

glass-skyscraper-in-china-2

Desain Arsitektur Glass Skyscraper di Cina – View 3

Skidmore, Owings & Merril, sebagai sebuah praktek multidisiplin yang didirikan hampir 80 tahun silam mengungkapkan bahwa, lapisan yang terbuat dari alumunium bertujuan untuk menaungi menara dan juga untuk mencegah panas yang berlebihan oleh sinar matahari yang akan menimbulkan efek silau ke dalam interior gedung. Persimpangan sirip berbentuk simpul struktural yang terintegrasi dengan lampu LED membuat pola diagrid dan bentuk menara yang persegi panjang tersorot ke seluruh penjuru Gaoxin.

Menara dengan dua fungsi yang berbeda

Menara tinggi yang terbuat dari kaca ini memiliki dua fungsi yang berbeda. Menara yang terletak di Gaoxin ini difungsikan sebagai kantor dan sebuah hotel. Lokasi kantornya terletak di bawah, dua pertiga bagian dari gedung sementara hotelnya menempati bagian atas dengan jumlah 20 lantai. Exterior menara dengan jendela besar merupakan bentuk perubahan rencana. Terdapat lekukan siku disalah satu sisi menara yang membuatnya nampak indah.  SOM, sebagai penggarap proyek menara tersebut lebih lanjut mengungkapkan bahwa secara formal, transisi jendela yang besar dan permukaan lantai disesuaikan sesuai ukuran sehingga hal ini dapat difungsikan untuk sebuah hotel.

glass-skyscraper-in-china-3

Desain Arsitektur Glass Skyscraper di Cina – View 4

Secara estetis, jendela besar tersebut menandai desain menara yang kuat, yang membedakannya dengan menara yang lain yang juga membentuk struktur perkotaan di Nanchang. Menara yang terbuat dari kaca ini di area bawahnya dikelilingi oleh bangunan rendah yang dilampiri dengan ruangan ritel dan teras yang terdapat di atap.

Gedung pencakar langit dari hasil kerjasama yang menakjubkan

Gedung pencakar langit yang terletak di Gaoxin, Nanchang ini dikembangkan oleh Greenland Group, salah satu pengembang properti terbesar yang ada di Cina. Sejak tahin 2004, SOM telah bekerja sama dengan Greenland Group untuk menyelesaikan lebih dari 10 bangunan di seluruh penjuru Cina. Perusahaan real estate tersebut memberi nama menara Jiangxi Greenland Zifeng yang akhirnya menjadi gedung tinggi terfavorit yang berhasil diselesaikan tahun ini. Direktur SOM, Michael Pfeffer sebagai persuhaan arsitektur yang ditunjuk mengungkapkan bahwa mereka sangat puas dengan tim mereka yang telah diakui oleh teman dan para kolega di Greenland Grup.

glass-skyscraper-in-china-4

Desain Arsitektur Glass Skyscraper di Cina – View 5

SOM sangat menghargai komitmen yang telah lama mereka bangun untuk membawa desain yang menawan pada pemandangan langit di kota-kota Cina. Beberapa dekade belakangan ini, Cina telah didominasi oleh pembangunan gedung pencakar langit. Bangunan tertinggi ke dua didunia direncakan akan selesai pembangunannya di Shanghai tahun ini. Akan tetapi fondasi menara setinggi 838 meter di Changsa sekarang ini digunakan sebagai peternakan ikan.

glass-skyscraper-in-china-5

Desain Arsitektur Glass Skyscraper di Cina – View 6

Tahun lalu, presiden Cina Xi Jinping menyerukan diakhirinya “Arsitektur aneh” yang sedang populer sejak konstruksi bangunan-bangunan di Cina sedang booming. Sehingga Patrick Schumacher selaku direktur dari Zaha Hadid Architects mengungkapkan bahwa akan semakin sulit bagi perusahaan-perusahaan di luar negeri untuk mencari proyek di Cina dikarenakan ekonomi mulai melambat  dan juga pemerintah setempat lebih mementingkan untuk mempromosikan para perancang lokal.

(image source by: www.dezeen.com)

..

architectaria.com | Arsitek, Desain Interior, General Contractor

Untuk Anda yang berada diwilayah JABODETABEK dan membutuhkan jasa arsitek, desain interior dan jasa kontraktor untuk membangun/merenovasi rumah, silahkan menghubungi kami melalui nomor: 081229400888, 087710400888, 021-83836281, atau 0251-9195383 (Bogor).

(Jika anda menganggap artikel ini bermanfaat, jika anda menikmati membaca artikel-artikel di web ini, anda dapat berlanggangan untuk membaca artikel ini melalui email. Silahkan klik DISINI jika anda ingin berlangganan membaca artikel dari architectaria.com melalui email).

No Comments Yet.

Leave a Comment