Sistem Drainase Sumur Resapan – Part I

taman dirumah

Pembahasan mengenai sistem drainase dan sumur resapan rumah dikawasan perkotaan.

Proses pembangunan kawasan perkotaan dan perumahan sungguh merupakan hal yang kontradiksi jika ditinjau dari ketersediaan air tanah dan peningkatan puncak limpasan air permukaan. Perubahan ini disebabkan oleh terjadinya penurunan imbuhan air tanah dan pertambahan pengeluaran air dari dalam tanah, sehingga mengganggu keseimbangan sistem hidrologi air bawah permukaan, dan menghasilkan penurunan paras air tanah.

Dinegara yang telah maju, peningkatan kuantitas penduduk tidak mengganggu ketersediaan air tanah, hal ini disebabkan oleh beralihnya atau ditinggalkannya sumur-sumur individu dan ditukar atau berganti kepada sumur umum dalam yang disediakan oleh instansi tertentu seperti PDAM atau semacamnya yang merupakan bagian dari pemerintah local setempat. Hal ini bertolak belakang dengan kondisi yang terjadi di Indonesia, karena kecenderungan apabila jumlah penduduk makin bertambah, maka jumlah sumur-sumur yang dibuat oleh individu pun makin banyak.

Air tanah yang dikeluarkan dari dalam bumi pada dasarnya sama saja dengan pengeluaran bahan/material berharga yang lain seperti : mineral, emas, batu bara, minyak atau gas. Air biasanya mempunyai batasan yang istimewa, yaitu dianggap sebagai sumber alami yang dapat diperbaharui. Angapan ini perlu kiranya untuk dikoreksi.. Karena sebenarnya anggapan ini hanya dapat berlaku jika terdapat keseimbangan diantara imbuhan air dengan exploitasi didalam kawasan tangkapan/tadahan air.

Sumur resapan air tanah adalah salah satu upaya untuk meningkatkan imbuhan air tanah, disamping itu manfaat yang sangat berguna adalah dapat mengurangi banjir akibat limpasan air permukaan. Dengan pembiayaan yang (secara relatif) tidak terlalu tinggi, pengadaan sumur resapan ini dapat dilakukan oleh setiap pembangunan satu rumah tinggal.

Prinsip Sumur Resapan

Sumur resapan dibuat dengan tujuan untuk mengalirkan air buangan dari permukaan tanah ke akuifer air tanah. Alirannya berlawanan dengan sumur pompa, tetapi konstruksi dan cara pembangunannya mungkin dapat saja sama. Pengimbuhan sumur akan lebih praktis apabila terdapat akuifer tertekan yang dalam dan perlu untuk diimbukan, atau pada suatu kawasan kota yang memiliki lahan yang sempit/terbatas.

Gambar dibawah ini menerangkan proses air imbuhan masuk kedalam akuifer bebas dan akuifer tertekan.

Untuk Akuifer Bebas memenuhi persamaan :

Rumus Akuiver Bebas

Sementara untuk Akuifer tertekan memenuhi persamaan :

Rumus Akuiver Tertekan

Dimana :

Q = Debit Aliran
K = Koefisien Permeabilitas Tanah
rw = Jari-jari sumuran
ro = Jari-jari pengaruh aliran
ho = Tinggi muka air tanah
hw = Tinggi muka air setelah imbuhan

Mungkin ada yang bertanya-tanya, apa gunanya rumus-rumus diatas, apa gunanya sumur resapan secara kongkrit?? Pada postingan saya yang berikut, akan saya tunjukkan berapa besar nya debit air yang harus terbuang kedaerah limpasan akibat dari pembangunan rumah, jalan dan fasilitas-fasilitas umum lainnya. Tentu anda mengerti maksud saya, jika air hujan yang berasal dari daerah resapan dengan jumlah yang besar dibuang begitu saja tanpa di resapkan kedalam tanah, maka air tersebut akan mengakibatkan banjir yang parah didaerah-daerah limpasan.

..

architectaria.com | Arsitek, Desain Interior, General Contractor

(Jika anda menganggap artikel ini bermanfaat, jika anda menikmati membaca artikel-artikel di web ini, anda dapat berlanggangan untuk membaca artikel ini melalui email. Silahkan klik DISINI jika anda ingin berlangganan membaca artikel dari architectaria.com melalui email).

12 Comments

  1. niky 13thn

    pak guna kolam resapan selain untukk mengalirkan air bisa juga kan untuk mencegah banjir
    dan bagai mana cara kerja nya

    baca artikel drainase sumur resapan part 2

  2. Admin

    @Niky : Baca Related article yg Drainase Sumur Resapan part II

  3. Lucky

    tolong ulas masalah konsep rumah sederhana sehat
    thanx b4

  4. Adakah skema / bagan / tutorial pembuatan sumur resapan untuk skala rumah tangga? Saya berniat membuatnya. Dan siapa tahu lingkungan sekitar saya juga tertarik. Salam.

    Jawab: Ada pak nadi, mudah2an sempat untuk saya postingkan artikel nya.. Salut untuk anda yg mau menyediakan space untuk sumur resapan dirumah ;)

  5. abyan

    saya mau bangun rumah dengan struktur tanah miring dengan perbedaan ketinggian dari “0″ jalan dengan tanah belakang 2 m panjang tanah 25 m, rencana bangunan rumah 10 m dengan lantai sesuai “0″ jalan dan bangunan rumah belakang 6 meter dibawah berupa dua lantai dan di dag untuk lantai sejajar dengan bangunan rumah depan bagaimana pondasinya? trims

  6. tEbe

    Ass.
    Sayah teh anak Sipil UNJANI, Sayah punya tugas kuliahan Proyek Kelompok Terpadu ttg Jalan & Jembatan, prihal yang Sayah butuh u/ tgs trsebut ad/ ttg Drainase Jalan Raya, intiNya klo ada bahanNya Sayah minta dKirimim ke Email Sayah, yayayayayayayayayayayaya?!
    Thx.

    Jawab:

    Diperpustakaan kan banyak? Dikoran, majalah juga biasanya ada lho, apalagi sekarang kan lg musim2nya hujan.. biasanya sih banyak dibahas. Ok ;)

  7. rheinasya putri

    Ass, saya mau minta tolong bagan/skema/tutorial untuk pembuatan sumur resapan air hujan. Klmpk kami akan membuat sumur untuk masyarakat dusun yang tidak mendapat akses air dari PAM, btw sy mahasiswi Unhas makassar n lg bingung gmn cara buat sumur. thanks berat atas bantuannya

  8. Najib

    Apakah sumur resapan juga bisa dipakai untuk air bekas cucian dan kamar mandi ? kalau bisa minta tolong pak kalau ada desain pembuatan sumur resapan tersebut, soalnya di tempat kami sumur air bersihnya sudah berwarna keruh dan berbau sabun… mungkin air bekas cuci dan mandi itu ya pak.. ?
    sekalian dipostingkan kalau ada… trims.

  9. asma

    saya punya lobang bekas sumur bor dag kedalamam 2,5 meter dg lebar 1×1,5 meter dg dinding semen dan dasarnya juga disemen bagaimana cara merubahnya menjadi sumur resapan? dan isinya apa saja dan berapa banyak tiap jenis yang diisikan kedalamnya.

    Jawab:

    Untuk merubahnya, cukup bongkar atau pecahkan semen dibagian dasar sumur, agar air dapat merembes kedalam tanah.. kemudian isi bagian dasar sumur tsb dengan ijuk dengan ketebalan secukupnya ajah, jadi deh sumur resapannya ibu Asma :)

  10. eMBo_civilinisty'06

    makasih banyak bos… saya numpang ngopi artikel ini buat tugas DRAINASE PERKOTAAN

    Jawab:

    Sama-sama mas, silahkan dicopy. :)

  11. Subhan

    Salut untuk Pak Aria. Saya ingin meminta contoh kasus tentang rumus Akuifer Bebas dan Akuifer Tertekan. Adakah skema / bagan / tutorial pembuatan sumur resapan untuk skala rumah tangga yang berhubungan dengan rumus ini? saya berharap jwban dpt dikirim via email atau diposting.Atas bantuan bpk saya ucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya.

  12. BioSeven Online (www.bioseven.co.cc)

    BioSeven Online [ HP: 0888 0370 8872 – Telp: (031) 596 6125 – Fax: (031) 591 6046 – email@bioseven.co.cc – http://www.bioseven.co.cc / http://www.biofilter.co.cc ]

    Septic tank BoSeven: Praktis & Ramah Lingkungan

    Septic tank konvensional saat ini sudah tidak ideal, karena membutuhkan lahan yang besar.
    Selain itu, jarak antara sumur resapan septic tank dengan sumber air bersih terlalu dekat, sehingga resapannya kurang sempurna dan dapat mencemari lingkungan sekitarnya. Dampaknya cukup serius, sumber air bersih mudah tercemar dan penghuni rumah mudah terserang penyakit, seperti: Kolera, Disentri, dll.

    Untuk mengurangi dampak tsb, Anda dapat menggunakan septic tank tanpa resapan yang aman & ramah lingkungan, yakni: Septic tank BioSeven yang dilengkapi dengan sistem disinfektan sehingga hasil effluent (pembuangan) dapat dialirkan langsung ke selokan – drainase umum tanpa pencemaran.

    Sistem disinfektan terdapat pada outlet BioSeven, sebagai area pembasmi hama (sterilisasi), sebelum disalurkan ke selokan – drainase umum. Di dalam terjadi proses penguraian kotoran secara biologis dan filterisasi secara bertahap melalui kompartemen yang tersedia. Septic tank BoSeven antibocor dan tahan korosi, praktis dan mudah pemasangannya. Dan dapat digunakan tanpa perawatan khusus.

    Bahkan hasil olahan septic tank BioSeven aman dibuang ke selokan.Septic tank BioSeven terbuat dari fiberglass sehingga tahan karat dan anti korosi. Jika septic tank konvensional memerlukan sumur resapan, tidak demikian dengan BioSeven. BioSeven dapat diletakkan di tempat terbuka, seperti halaman dan carport, maupun dalam ruangan tertutup, karena telah dilengkapi dengan lubang ventilasi yang berfungsi untuk mengalirkan gas hasil penguraian ke udara bebas.

    BioSeven adalah septictank biotech yang termurah dikelasnya !!!
    Dengan kualitas terjamin :
    * Ukuran kecil, praktis, langsung tanam tanpa di-cor
    * Terbuat dari Fiberglass (Anti bocor & tahan korosi)
    * Menggunakan Media Cell dengan mutu dan kualitas terbaik
    * Bekerja dengan sistem Anaerob (Tanpa listrik)
    * Tanpa resapan (Langsung dibuang keselokan)
    * Tidak berbau & anti banjir
    * Dilengkapi dengan sistem disinfectant
    * Tidak perlu disedot (Bebas perawatan)
    * Tersedia berbagai kapasitas dan ukuran
    * Garansi resmi 5 tahun
    * Free ongkos kirim (*P.Jawa, Lampung, Makasar, Banjarmasin & Denpasar)
    * Kami hadir di: Jakarta, Semarang, Surabaya, Lampung, Medan, Makasar, Manado, Banjarmasin, Balikpapan & Denpasar

    Perhatian: Kami mencari distributor-agen untuk seluruh wilayah Indonesia.

    Kami juga membuat segala macam produk Fiber glass & FRP (Grease trap, Toilet portable, Bio Aeration STP-WWTP tanks (IPAL), Roof top-Panel & Silinder Liquid storage tanks, dll) dan semua produk dibuat sesuai dengan spesifikasi yang diinginkan pelanggan dan yang paling penting adalah: KAMI TELAH BERPENGALAMAN DALAM BERBAGAI KEBUTUHAN INDUSTRI DAN DENGAN MUDAH MEMBERIKAN PENAWARAN TERBAIK UNTUK PERUSAHAAN ANDA.