Senang Dengan Hal-hal Bernuansa Bollywood? Cobalah Dekorasi Interior ala India

dekorasi interior ala india

Mengenal beberapa elemen, unsur, dan karakteristik pada dekorasi interior maupun eksterior yang sangat kental dengan nuansa India.

Gemar menonton film Bollywood? Tentu Anda tak akan asing lagi dengan dekorasi interior ala India yang kerap ditampilkan di film – film Bollywood tersebut. Dibandingkan dengan desain interior dari negara Asia lainnya, desain interior bergaya India cenderung lebih kaya akan warna dan penggunaan material yang mampu menunjukkan kesan glamor. Warna – warna yang biasa ditampilkan pun kebanyakan warna – warna cerah dengan tone yang tajam. Selain itu, penggunaan kain – kain yang berkualitas baik serta aksesoris – aksesoris yang menonjol begitu kentara di sini.

Untuk memberikan sentuhan ala India di rumah Anda, Anda bisa melakukan dengan berbagai cara. Anda bisa menghadirkan nuansa India ini dalam bentuk pemilihan sofa serta furnitur lainnya, atau dengan menghadirkan seluruh elemen yang ada untuk membuat sebuah desain interior ala India yang utuh. Yang pasti, sebelum Anda menentukan desain interior ala India seperti apa yang ingin Anda tampilkan, berikut ini adalah beberapa hal yang menjadi ciri khas gaya interior ala India.

skema warna interior ala india

Skema Warna Interior ala India

Warna serta Motif yang sering ditampilkan

Tak salah lagi, menyebut kata dekorasi India, tentu hal utama yang kita akan ingat adalah warna oranye terangnya yang begitu mendominasi. Warna oranye ini biasa dihadirkan daalm wujud kain, dekorasi dinidng, atau sofa, yang kemudian dihiasi dengan benang emas dan manik – manik serta bordiran pada tepiannya. Kain yang biasa digunakan pun bukan kain yang sembarangan, namun kain yang terkenal akan harganya yang selangit, misal kain sutra atau brokat. Memang hal ini akan cukup menyita budget Anda, namun untuk sebuah hasil yang maksimal maka tak ada salahnya memilih kain dengan kualitas yang terbaik.

Tak lupa, biasanya warna – warna yang identik dengan warna perhiasan seperti sapir, ruby, permata jade / nefrit, serta permata amethyst dengan warnanya yang keungu – unguan juga turut dimasukkan dalam dekorasi interior India ini. Segala unsur – unsur warna tersebut menyatu menjadi sebuah kombinasi yang apik.

Tak lupa, untuk memberi sedikit aksen pada warna oranye terang yang sudah cukup mendominasi, warna – warna seperti kuning muda serta hijau bisa dijadikan aksen. Terakhir, pada bagian lantainya, ubin dari terakota atau lantai kayu bisa Anda jadikan pilihan. Biasanya, lantai tersebut akan ditutupi dengan karpet yang cukup tebal dan warna terang. Pilih warna karpet yang memiliki warna senada dengan warna yang menonjol pada ruangan tersebut, dan bukan warna yang kontras dengan tone yang lebih rendah atau lebih tinggi.

furniture dan aksesoris interior bergaya india

Furniture dan Aksesoris Interior ala India

Furniture dan Aksesoris

Furnitur ala India biasanya sangat kental dengan penggunaan kayu – kayu padat dengan beberapa sentuhan seni, seperti pemberian cat pada pinggiran atau garis tepi dengan warna keemasan, penerapan ukiran pada kerangka – kerangkanya, penerapan teknik tile insets, serta motif – motif buatan tangan yang langsung diaplikasikan pada permukaanya. Terkadang, furnitur – furnitur berbahan logam juga kerap ditemui, seperti yang tampak pada kehadiran guci atau wadah berbahan kuningan yang biasa diletakkan di tempat – tempat tertentu.

Guci atau wadah tersebut lebih berfungsi untuk kegiatan yang sakral dan ibadah, ketimbang hanya sebuah hiasan atau dekorasi semata. Dengan adanya furnitur kayu, maka tercipta keselarasan antara keberadaan unsur – unsur logam yang kuat dan banyak kita temui pada pintu, guci, dan wadah yang banyak diletakkan di sudut – sudut ruangan.

Gaya dekorasi dari negara atau wilayah lain biasanya hanya menggunakan satu furnitur yang dijadikan titik fokal. Namun, hal ini tidak berlaku bagi gaya dekorasi ala India. Mereka berprinsip, “more is more”, sehingga semakin banyak dan semakin padat penggunaan furnitur dan dekorasi pada suatu ruangan, tentu akan semakin baik. Hal ini tampak sekali dari banyaknya ornamen – ornamen yang dihadirkan, mulai dari furnitur, karpet, sofa, bantal, gorden, yang semua itu mampu menambah kesan glamor. Agar ruangan Anda semakin kental akan nuansa India, jangan lupa menerapkan unsur – unsur lokal seperti penggunaan sari untuk diletakkan sebagai gorden atau penghias meja dan sofa.

Elemen – elemen pada Arsitekturnya

Salah satu elemen yang bisa dikatakan ‘dramatis’ pada desain interior ala India ini adalah elemen arsitekturnya. Pada bagian interiornya, hal yang paling mencolok adalah keberadaan sebuah canopy besar yang menyelimuti bagian atas tempat tidur, serta pintu dan jendela yang terbuat dari logam dan diberi ukiran. Sedangkan pada bagian eksteriornya, teras dengan tiang – tiang dari kayu cukup mendominasi di sini. Tiang – tiang tersebut biasanya diukir dengan motif – motif ala India.

Pilar – pilar besar yang terbuat dari batuan atau beton juga sering kita temui, terutama untuk teras dengan ukuran yang cukup luas. Pilar – pilar tersebut biasanya ditempatkan di sepanjang entryway (jalan masuk). Untuk memberi sentuhan artistik ala India yang lebih tradisional dan sakral, tambahkan beberapa patung ala dewa – dewa India yang diletakkan di halaman depan.

Selamat mencoba :)

..

Architectaria – Arsitek dan Perencana

(Jika anda menganggap artikel ini bermanfaat, jika anda menikmati membaca artikel-artikel di web ini, anda dapat berlanggangan untuk membaca artikel ini melalui email. Silahkan klik DISINI jika anda ingin berlangganan membaca artikel dari architectaria.com melalui email).

No Comments Yet.

Leave a Comment