Semua Hal yang Mesti Anda Tahu tentang Desain Home Workshop

workshop_1

Lokasi, benda-benda dan furnitur, serta akses dan sistem keamanan yang baik pada desain home workshop.

Bagi para profesional yang bergerak dibidang seni, pahatan, konstruksi, atau pembuatan furnitur, tentunya keberadaan home workshop sangat diperlukan guna menunjang pekerjaan mereka. Home workshop mesti dilengkapi dengan peralatan yang menunjang profesi mereka. Misal, bagi pemahat, peralatan pahat lengkap dengan kayu, batu, atau material pahatan lain mesti tersedia di sini. Sementara bagi pembuat furnitur, keberadaan peralatan pertukangan untuk membuat furnitur mutlak diperlukan.

Namun karena terlalu berfokus pada penyediaan peralatan kerja, kadang kita sedikit melupakan faktor keamanan dan kenyamanan pada workshop. Juga, kadang peralatan yang berada di workshop ini diletakkan dengan sembarangan dan tak teratur. Padahal, ada beberapa langkah untuk mewujudkan home workshop yang aman dan nyaman. Bagaimana caranya?

Lokasi mana saja yang bisa dijadikan home workshop?

Home workshop merupakan konsep workshop yang menjadi satu dengan rumah. Itu berarti, workshop menjadi salah satu bagian dari rumah tersebut. Anda bisa membangun sebuah area khusus atau dengan memanfaatkan ruangan yang sudah ada sebagai lokasi workshop. Misalnya, Anda bisa memanfaatkan garasi atau gudang yang tak terpakai, lalu dengan sedikit redekorasi, Anda bisa menyulapnya menjadi workshop. Namun, pastikan agar lokasi workshop pada garasi tidak terlalu dekat dan bagian inti rumah. Sebaiknya, buat pemisah semacam pintu atau gerbang khusus yang memisahkan workshop dengan rumah. Dengan begitu, saat kegiatan di workshop berlangsung, aktifitas di dalam rumah tidak akan terganggu.

Selain garasi, Anda bisa menggunakan basement atau ruang bawah tanah sebagai workshop. Buat akses khusus dari basement menuju ke dunia luar agar para pekerja yang ingin menuju basement ini tidak perlu memasuki rumah Anda terlebih dahulu. Selain itu, untuk workshop pada basement tentunya membutuhkan sirkulasi udara dan pencahayaan yang lebih banyak.

Buat ijin dengan dinas setempat

Pembuatan home workshop yang melibatkan beberapa pekerja, terutama yang jumlahnya cukup banyak, biasanya memerlukan ijin dari dinas setempat. Hal ini demi menghindari sengketa hukum di masa mendatang. Maka sebelum mendirikan home workshop, pastikan Anda menginformasikannya pada dinas terkait.

Benda dan furnitur pada home workshop

Karena kelak difungsikan sebagai area kerja, ada baiknya benda dan furnitur yang ada di sini dibuat seefisien mungkin. Satu hal yang mesti dihadirkan antara lain bangku panjang dan meja panjang untuk mendukung kegiatan para pekerja. Sediakan pula rak – rak untuk menyimpan peralatan kerja.

Lemari kaca juga perlu ditempatkan di sini. Fungsinya untuk mendisplay benda atau barang yang selesai diproduksi. Hal ini juga memudahkan jika ada customer yang ingin mengunjungi home workshop Anda dan melihat hasil produksi Anda.

workshop_2

Benda/Furniture, serta Peralatan Kerja pada Home Worshop

Beri sekat – sekat atau area khusus di tiap tahapan produksi

Guna membuat proses kerja menjadi lebih cepat, efisien, dan tidak semrawut, pastikan agar tiap tahapan produksi, mulai dari pembuatan sketsa, pengerjaan, finishing, hingga packing ditempatkan ke dalam area khusus. Area khusus ini bisa dibuat dengan menempatkan sekat – sekat pada workshop. Dengan begitu, proses produksi pada home workshop menjadi lebih terfokus di tiap tahapannya dan meningkatkan efisiensi kerja.

Akses pencahayaan, koneksi listrik, dan sirkulasi udara yang baik

Faktor kenyamanan dan kelancaran dalam bekerja juga penting untuk diperhatikan. Hal tersebut bisa diwujudkan dengan memberikan akses pencahayaan yang baik entah pencahayaan alami maupun artifisial, sistem kelistrikan yang aman dan terintegrasi, serta sirkulasi udara yang baik. Anda bisa menambahkan sistem pendingin terutama jika area workshop cukup pengap dan panas. Yang pasti, semua sistem yang ada mesti aman dan tertata dengan baik, terutama dalam hal penataan kabel – kabelnya. Jangan sampai bersinggungan dengan alat – alat atau mesin produksi yang bisa berakibat konsleting.

Sediakan sistem keamanan yang baik pada workshop

Banyak hal tak terduga dan kecelakaan kerja bisa terjadi pada workshop. Kita tentu tahu bahwa di workshop para pekerja dituntut untuk bersinggungan dengan mesin – mesin yang bisa mencelakakan mereka jika tidak hati – hati. Misalnya, sering kita dengar pekerja yang terluka karena anggota tubuhnya menyentuh alat – alat dan mesin produksi. Belajar dari hal tersebut, Anda perlu menyediakan sistem keamanan yang optimal, misalnya memberikan pelindung khusus bagi pekerja serta menyediakan kotak P3K sebagai pertolongan pertama jika ada pekerja yang cedera atau terluka. Kotak P3K mesti dilengkapi dengan obat – obatan yang lengkap dan berada di lokasi yang mudah dijangkau.

Selain kecelakaan kerja, hal buruk yang bisa terjadi pada home workshop adalah kebakaran. Kebakaran ini bisa berasal dari mesin produksi, dari hubungan arus pendek, atau dari puntung rokok yang dibuang di dekat bahan yang mudah terbakar. Maka, sediakan tabung pemadam kebakaran di lokasi yang mudah diakses. Pasang pula alarm agar para pekerja bisa membunyikannya guna menginformasikan pekerja lain jika ada potensi kebakaran dari area tertentu.

Terakhir, untuk meningkatkan keamanan pada workshop, Anda bisa memasang kamera CCTV. Kamera ini bisa membantu Anda memantau proses produksi dan melihat jika ada kecurangan atau tindakan pencurian yang dilakukan oleh pekerja atau orang luar.

Selamat mencoba 🙂

..

architectaria.com | Arsitek, Desain Interior, General Contractor

(Jika anda menganggap artikel ini bermanfaat, jika anda menikmati membaca artikel-artikel di web ini, anda dapat berlanggangan untuk membaca artikel ini melalui email. Silahkan klik DISINI jika anda ingin berlangganan membaca artikel dari architectaria.com melalui email).

No Comments Yet.

Leave a Comment