Sejarah dan Ragam Model Sofa

Mengenal lebih dekat dengan sejarah sofa serta beragam model sofa yang banyak diaplikasikan pada ruangan-ruangan di rumah.

Sofa merupakan furnitur utama yang selalu hadir hampir di setiap ruangan pada rumah. Entah itu ruang keluarga, ruang baca, ruang tamu, hingga ruang tidur, hampir semuanya memiliki furnitur yang biasa digunakan untuk duduk ini. Sofa sangat disukai karena nyaman digunakan untuk duduk dibandingkan dengan kursi biasa. Selain itu, sofa dapat dijadikan sebagai bagian dari dekorasi interior ruangan sehingga mampu menciptakan sebuah ruangan yang tematik dan harmonis.

Sofa terbuat dari beragam bahan. Namun yang paling sering diulas adalah sofa berbahan kulit asli dan sofa berbahan kulit imitasi. Keduanya tentu memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing dan tentunya memiliki pangsa pasarnya tersendiri.

Karena sofa merupakan furnitur yang sangat dekat dengan kehidupan kita, tak ada salahnya kita mengenal lebih dekat tentang sejarah sofa serta berbagai macam model sofa yang pernah diciptakan. Dengan mengetahui seluk beluk sofa, maka kita bisa mendapatkan referensi mengenai model sofa yang tepat untuk ruangan di rumah kita. Penasaran dengan sejarah serta beragam model sofa yang ada? Berikut ini penjabaran yang lebih detail.

Sejarah sofa

Bila kita berbicara mengenai sejarah suatu hal, tak ada salahnya kita merujuk pada penamaan benda itu sendiri. Nama atau kata “sofa” berasal dari bahasa Arab yang berarti “bagian atau lantai yang ditinggikan yang diperuntukkan bagi anggota kerajaan atau tamu yang terhormat”. Bagian ini kemudian dihiasi dengan permadani dan alas duduk. Sejak itulah konsep sofa mulai dikenal. Namun, bentuk sofa yang kita kenal saat ini baru mulai diperkenalkan pada abad ke 16.

Pada waktu itu, kulit kuda, rambut kuda, serta jerami digunakan sebagai bahan pengisi bagian dalam sofa. Namun, setelah penemuan per atau pegas pada tahun 1828, sofa yang diberi pegas mulai dikembangkan. Pegas inilah yang memungkinkan kita dapat duduk dengan nyaman pada sofa. Akhirnya, sofa pertama dengan pegas dan rangka yang terbuat dari kayu berhasil diproduksi tahun 1904.

Sejak saat itu, bahan-bahan lain mulai dikembangkan untuk menciptakan sebuah sofa yang lebih nyaman ketika digunakan. Busa sofa yang kita kenal saat ini mulai diperkenalkan pada tahun 1920an. Busa ini memungkinkan produksi sofa menjadi lebih mudah dan cepat serta kualitasnya menjadi lebih baik. Adapun sejak saat itu model dan jenis sofa terus dikembangkan hingga hari ini demi memenuhi tuntutan pasar.

Ragam Model Sofa

1. Sofa Tradisional

Ciri-ciri sofa tradisional yakni memiliki bahan pelapis yang berwarna cerah atau tegas yang kuat dengan kerangka yang terbuat dari kayu serta busa yang lebih keras. Sofa jenis ini mungkin baik digunakan pada ruang tamu yang bernuansa formal.

Desain Interior Ruang Keluarga DenganSofa Set Tradisional

Ada bermacam-macam jenis sofa tradisional. Tiga diantaranya adalah sofa The Cabriole, The Lawson, dan The Chesterfield. The Cabriole memiliki ciri khas berupa bentuk rangka sofa yang berliku dan dibuat dari satu kayu utuh. Jenis sofa seperti The Lawson dicirikan dengan pegangan sofa yang lebih rendah dari sandarannya. Sedangkan sofa The Chesterfield memiliki sandaran yang berumbai dan dudukan yang lebih sempit dibandingkan dengan sofa jenis lain.

2. Sofa Modern atau Kontemporer

Karakteristik kuat yang dimiliki sofa modern atau kontemporer adalah bahwa sofa model ini didesain dengan mengutamakan fungsi serta kenyamanannya dibandingkan dengan desainnya. Maka dari itu, pinggiran sofa cenderung lembut sehingga sofa ini ideal untuk digunakan pada ruang keluarga atau ruang tamu dengan nuansa santai.

Desain Interior Ruang Keluarga DenganSofa Set Modern atau Kontemporer

Tidak seperti sofa tradisional yang banyak menggunakan kerangka dari kayu, pada sofa model ini penggunaan kayu sangat sedikit atau bahkan tidak ada sama sekali. Selain itu, pegangan sofa dibuat sejajar dengan dudukan sofa. Salah satu contoh model sofa modern adalah sofa Tuxedo.

3. Sofa model Country

Sofa model country, termasuk didalamnya French country, memiliki penampilan yang terlihat lusuh namun tetap menarik dan sangat kental dengan nuansa pedesaan. Sofa model ini cenderung memiliki desain yang kasual sehingga cocok ditempatkan di ruangan yang bertipe santai dan tidak terlalu formal.

Gambar Country Style Sofa

Sofa country biasanya dilapisi oleh bahan katun atau kain yang dapat dicuci. Dengan demikian, sofa model ini sangat cocok ditempatkan di ruang keluarga. Anda tak perlu khawatir bila sewaktu-waktu anak Anda mengotorinya karena sofa ini dapat dengan mudah dicuci. Salah satu contoh desain sofa yang memiliki model country adalah sofa the English.

Gambar Sleeper Sofa/Sofabed

4. Model-model sofa yang lain

Ada beberapa model sofa yang lain yang didesain untuk tujuan yang lebih spesifik. Model sofa itu misalnya sectional sofa, sofa bed, sleeper sofa, loveseat, futons, dan chaise. Untuk detail lebih lengkap mengenai jenis-jenis sofa ini, akan dijelaskan lebih lanjut pada artikel berikutnya.

..

Architectaria – Arsitek dan Perencana

(Jika anda menganggap artikel ini bermanfaat, jika anda menikmati membaca artikel-artikel di web ini, anda dapat berlanggangan untuk membaca artikel ini melalui email. Silahkan klik DISINI jika anda ingin berlangganan membaca artikel dari architectaria.com melalui email).

0 Comments

Leave a Comment