Rumah Yang Sehat Dengan Taman Didalam Rumah

Modern CourtyardMembangun rumah dilahan yang sempit seringkali membuat beberapa ruangan didalam rumah tidak sepenuhnya mendapatkan pencahayaan dan udara yang segar/alami. Akibatnya beberapa ruangan terasa gelap dan pengap, sehingga lampu dan pendingin ruangan harus terus dinyalakan sepanjang waktu.. Cara ini sebisa mungkin dihindari, karena selain tidak sehat, pemakaian energi listrik juga menjadi boros.. Hal ini bertentangan dengan isu go green yang akhir-akhir ini sering kita dengar.

Beberapa jenis bangunan yang pencahayaan dan sirkulasi udaranya bermasalah seperti pemaparan diatas adalah rumah-rumah residential yang susunannya didesain couple (town house atau rumah banjar), atau rumah-rumah didaerah padat penduduk, biasanya terdapat rumah yang dibangun pada kavling tanah memanjang (misalnya: 10 m x 30 m). Pada bangunan seperti ini, bagian tengah bangunan terasa pengap, panas dan gelap.

Salah satu cara untuk untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan mendesain dan menempatkan taman terbuka didalam bangunan (courtyard), diantara ruang-ruang yang yang tidak memiliki hubungan langsung dengan area dan udara luar. Taman terbuka yang diletakkan dibagian tengah bangunan akan menyediakan udara dan pencahayaan yang alami bagi ruangan pada waktu siang hari.

Denah Rumah Memanjang
Gambar 2 – Denah Rumah Pada Lahan Yang Memanjang (Klik Pada Gambar Untuk Memperbesar)

Ukuran taman tersebut tidak perlu terlalu besar, sediakan saja space secukupnya, sekitar 1 m x 1m, 1 m x 2 m atau 2 m x 2 m. Yang harus diperhatikan adalah taman tersebut langsung terhubung dengan udara luar, tanpa penutup, tidak beratap. Kalau anda khawatir terjadi tampias saat hujan turun, gunakan atap dari bahan fiber yang meloloskan cahaya, dan berikan rongga yang besar untuk sirkulasi udara.

Taman didalam rumah tidak harus diisi oleh tanaman/vegetasi yang terlalu rimbun, komposisi taman bisa saja didominasi oleh batu-batuan, peebles, atau bisa dengan kombinasi air (kolam) dan tanaman air (teratai, dsb). Ruang-ruang yang berdekatan dengan taman tersebut diberikan bukaan yang semaksimal mungkin. Ventilasi besar, jendela kaca lebar atau pintu sliding yang membuat bukaan kearah taman makin besar, sehingga intensitas cahaya dan sirkulasi kearah ruangan semakin lancar.

Jika pada desain rumah anda banyak ruangan ditengah bangunan yang tidak memiliki sumber pencahayaan dan penghawaan yang alami, maka sebaiknya anda tambahkan beberapa taman terbuka disekitar ruangan-ruangan tersebut. Sehingga ruangan ditengah bangunan itu tetap mendapat pasokan udara segar dan pencahayaan yang alami diwaktu siang hari.

..

Architectaria – Arsitek dan Perencana

(Jika anda menganggap artikel ini bermanfaat, jika anda menikmati membaca artikel-artikel di web ini, anda dapat berlanggangan untuk membaca artikel ini melalui email. Silahkan klik DISINI jika anda ingin berlangganan membaca artikel dari architectaria.com melalui email).

10 Comments

  1. mulya

    Wah kebetulan sekali ada tips ini.. rumah saya bener” butuh pencahayaan dan sirkulasi udara yang baik. Maklum lokasinya diperkampulan padat penduduk, jadi bangunan bener” mepet dengan punya tetangga.

    Terima kasih untuk tips rumah ini pak Aria…. sukses terus buat anda..

  2. diyah

    salam kenal, saya beli rumah type 36/112 2bh dg ruang tamu ditengah dempen ukuran rumah muka8x14 kebelakang disamping kamar ada lebih 2 M, Depan 5 m dan sisa yang belang 3 m …….. kalau direnovasi bagaimana caranya?

    Jawab:

    Dear ibu Diyah,

    Untuk membicarakan proses renovasi rumah ibu, silahkan call kami di no: 021-90468563..

    Regards,

    Architectaria

  3. cincin

    salam kenal><

    kebetulan saya lagi ingin memiliki taman di dalam rumah. Namun seringkali problemnya adalah nyamuk dan serangga. Penggunaan kasa nyamuk seringkali mengurangi keindahan interior rumah. Apakah ada solusi lain dalam hal ini?
    Atau apabila kasa nyamuk tak bisa dihindarkan bagaimana mengfakalinya agar kasanya tidak “merusak” tampilan rumah?

    Terimakasih atas saran@nya sebelumnya

  4. bikin

    Sori pak,
    Saya lihat denah rumah memanjangnya

    Ada 2 pertanyaan saya…

    trus kalo ada tamu kebelet kencing gimana..???

    Pembantu juga kalo kebelet kencing gimana…???

    tks,
    sori kalo agak gak sopan….
    maksudnya kok gak ada kamar mandi selain yg didalam kamar… (hehehe…)

    • @bikin,

      Kalau tamu kan sudah ada disiapkan kamar mandi didalam kamar tamunya ;)

      Kalau untuk pembantu ada dibagian samping kiri layout, menyatu dengan area cuci/jemur. Tapi gambarnya kami crop.. Karena yg ingin ditampilan didenah ini adalah desain layout untuk lahan memanjang serta penempatan taman didalam rumah :)

      Anyway, thanks for comment :)

  5. alies

    salam kenal, mohon bantuan informasi pak.., sy pnya lahan 11 x 22 unt bangunan 10×10 ,bentuk denah bgm pak ? sy menginginkan 1 kmr tdr utama,1 kmr tdr , kamar mandi,dapur kering,ruang tamu dan ruang makan, atas bantuannya trims ,

  6. salam…thx

    • @Baju Murah,

      Salam.. Good luck buat bisnis bajunya.

      regards,

      Aria

  7. Minh Afflick

    Its like you read my mind! You appear to know a lot about this, like you wrote the book in it or something. I think that you could do with a few pics to drive the message home a little bit, but instead of that, this is wonderful blog. An excellent read. I will definitely be back.

  8. Thanks for an unbelievable submit, would study your particular others reviews. thank you your thinking within this, I experienced a bit struck by this post. Many thanks again! You commit a great point. Portrays natures best by the great info here. I feel that when a greater number thought about it like that, they’d possess a better time frame get the grasp ofing the situation.

Leave a Comment