Ruang Aula/Hall, Perlukah Didekorasi atau Dibiarkan Lapang Begitu Saja?

aula_1

Dekorasi aula/hall mulai dari dinding, pemilihan karpet, pencahayaan, furnitur, sound system, hingga alat pendingin.

Aula atau Hall merupakan ruang yang cukup besar dan luas yang terdapat di sebuah bangunan, entah itu kantor, hotel, maupun pusat perbelanjaan. Hall sering dijadikan pusat pertemuan atau tempat mengadakan pesta dan resepsi, misalnya resepsi lamaran dan pernikahan, gathering, reuni, meeting, atau pesta ulang tahun. Tak jarang, hall ini tidak hanya dimanfaatkan untuk kepentingan internal, tapi juga disewakan untuk menggelar pesta atau resepsi. Karena fungsinya yang cukup fleksibel, mana yang lebih baik, membiarkan hall tetap minimalis dan lapang, atau mendekorasinya? Melalui artikel kali ini, kita akan mengeksplor lebih lanjut mengenai hall atau aula, dan dekorasi apa yang cocok diterapkan di sini.

Hall yang didekorasi vs hall lapang

Hall adalah area yang diperuntukkan untuk mengakomodasi kebutuhan umum, mengingat di sini biasanya digelar acara yang melibatkan orang banyak, seperti meeting, pesta, resepsi, maupun reuni. Meskipun pada saat acara ruangan ini akan dipasangi dengan berbagai dekorasi dan ornamen unik, namun ada baiknya hall atau aula itu sendiri sebelumnya sudah dibuat dengan beberapa sentuhan dekoratif, baik dari dinding, pencahayaan, maupun lantainya. Sehingga, aula tidak terkesan polos begitu saja.

Dinding aula/hall

Sebelum mendekorasi bagian lain pada hall / aula, pastikan Anda memberikan fokus yang lebih pada dindingnya terlebih dahulu. Pilih warna yang tepat, yakni warna yang fleksibel untuk segala acara, namun tetap menampilkan kesan mewah nan elegan. Pemilihan warna dinding hall bisa disesuaikan dengan warna dinding di ruangan lain. Jika ingin memberi warna yang berbeda denga sudut ruangan lain, pastikan agar perbedaannya tidak terlalu mencolok. Misalnya, jika dinding di ruangan lain di cat dengan warna cokelat muda, Anda bisa mengecat dinding hall ini dengan warna putih susu atau kuning gading. Anda bisa memilih perpaduan warna lain, asalkan kedua warna saling berkomplemen dan tak terlihat kontras.

Di samping menerapkan warna cat yang tepat, Anda bisa menempatkan elemen lain pada dinding, misalnya karya seni seperti lukisan, wall art, cermin, atau Anda bisa bereskperimen pada bingkai jendela, yang diberi ukiran atau bentuk – bentuk mozaik. Hal ini sah – sah saja, asalkan keberadaannya tidak berlebihan.

Pemilihan karpet untuk aula / hall

Anda bisa menempatkan karpet sebagai alas lantai, atau membiarkan lantai aula tersebut lapang tanpa alas. Jika ingin menempatkan karpet, Anda bisa menggunakan karpet bermotif etnik atau mozaik, yang perlu disesuaikan dengan motif atau pola ornamen lain yang ada pada hall ini. Atau, Anda bisa memilih karpet polos dan tonjolkan pada pemilihan warnanya. Misal, Anda bisa menggunakan karpet berwarna merah, merah marun, atau warna emas. Ketiga warna tersebut mampu memberi kesan mewah pada ruangan.

Pencahayaan pada aula / hall

Sering kali, pencahayaan pada hall dipasang pada langit – langit, di mana jarak antara satu lampu dengan lampu yang lain 1 – 2 meter. Anda bisa memilih jenis frosted bulb yang bisa memancarkan cahaya yang lembut dan tak terlalu terang. Kemudian, persis di tengah – tengah hall terdapat lampu utama yang biasanya merupakan lampu gantung kristal yang sangat megah. Jika ukuran hall ini sangat luas, Anda bisa menempatkan lebih dari 1 lampu gantung kristal pada ruangan. Hal ini demi menciptakan kesan megah dan mewah, sehingga dapat menarik perhatian setiap orang yang hadir di sini.

Jenis pencahayaan lain, seperti lentera, kandelar, atau wall sconce mungkin saja dipasang di beberapa sudut – sudut aula, namun hal ini disesuaikan dengan kebutuhan dan jenis acara yang akan diadakan di area ini.

aula_2

Desain Interior dan Furniture pada Hall

Menempatkan furnitur pada aula / hall, perlukah?

Meskipun aula atau hall ini merupakan area luas dan terbuka, yang khusus digunakan untuk mengakomodasi orang banyak, tak ada salahnya kita menempatkan beberapa furnitur di sini. Furnitur bisa berupa meja – meja panjang untuk meletakkan hidangan, beberapa meja bulat yang ditempatkan di sudut – sudut hall guna menempatkan karangan bunga, serta beberapa meja dan kursi eksklusif untuk mengakomodasi tamu penting. Yang pasti, furnitur harus ditempatkan tidak terlalu berdekatan satu sama lain.

Selain itu, lokasinya dibuat agak jauh dengan area keluar masuk, serta area untuk mobilitas. Meja – meja panjang untuk menghadirkan makanan sebaiknya diletakkan di pinggir dan merapat ke dinding, sementara meja dan kursi eksklusif ditempatkan di tengah aula. Jumlah meja dan kursi ini perlu disesuaikan dengan lebar aula, jangan sampai terlalu banyak hingga membuat pengunjung tidak merasa nyaman.

Sound system dan alat pendingin yang baik untuk aula / hall

Keberadaan sound system mutlak diperlukan di hall ini. Tempatkan speaker di masing – masing sudut hall. Cek secara rutin kondisinya agar mampu menghasilkan suara hingga terdengar seluruh pengunjung. Pastikan juga ketersediaan alat pendingin atau AC pada aula, mengingat area ini akan menampung tamu dengan jumlah banyak, maka keberadaan alat pendingin sangat diperlukan untuk mengontrol suhu dalam ruangan.

Selamat mencoba 🙂

..

architectaria.com | Arsitek, Desain Interior, General Contractor

(Jika anda menganggap artikel ini bermanfaat, jika anda menikmati membaca artikel-artikel di web ini, anda dapat berlanggangan untuk membaca artikel ini melalui email. Silahkan klik DISINI jika anda ingin berlangganan membaca artikel dari architectaria.com melalui email).

No Comments Yet.

Leave a Comment