Review Cottage di Clear Lake, Ontario Karya MacLennan Jaunkalns Miller Architects

clear lake cottage - exterior design view 1

Review mengenai desain Cottage 4 musim di Ontario yang mengintegrasikan unsur – unsur modern, tradisional, dan natural.

Saat mendengar istilah ‘Cottage’ apa yang lantas terbayang di benak Anda? Tentunya, sebuah kesan akan tempat tinggal yang nyaman yang biasanya berada di lokasi yang nyaman pula. Ya, tidak seperti rumah biasa, Cottage lebih banyak difungsikan sebagai area berlibur untuk menenangkan diri setelah lelah akan rutinitas sehari – hari. Dan karena itulah, Cottage biasanya berlokasi di area yang dekat dengan alam, misalnya di area pegunungan, dataran tinggi, pantai, atau danau.

Sebuah Cottage idealnya mampu memberikan kenyamanan bagi orang yang tinggal di dalamnya. Kali ini, kita akan mereview salah satu Cottage yang tergolong telah memenuhi standar kenyamanan itu sendiri, yakni sebuah cottage milik sebuah keluarga dari Toronto. Ukuran Cottage sendiri cenderung sedang, yakni berkisar antara 215 m2. Keluarga tersebut mengidamkan sebuah Cottage dengan nuansa alam yang kental dan dapat digunakan untuk liburan 4 musim. Dalam artian, kapanpun keluarga tersebut memutuskan untuk berlibur ke Cottage ini, maka ia tak perlu khawatir dengan kondisi lingkungan di sekitarnya. Dan akhirnya, diputuskanlah pembangunan Cottage di area Clear Lake, Seguin Township, Ontario.

Sekilas Tentang Clear Lake Cottage

Pada dasarnya, pembangunan Cottage ini tidaklah 100% dari awal karena sebelumnya telah ada bangunan serupa di tempat tersebut. Sehingga, pembangunan Cottage kali ini lebih mengarah ke renovasi dan rekonstruksi dari bangunan semula. Proyek yang ditangani langsung oleh MacLennan Jaunkalns Miller Architects (MJMA) ini bertujuan agar karakter pedesaan yang akan ditekankan dapat menyatu dengan keheningan alami yang ditawarkan area sekeliling danau. Namun, tak lupa sang arsitek perlu memasukkan unsur – unsur modern yang nantinya akan menyatu dengan alam, sehingga tercipta ‘feel’ Cottage yang sesungguhnya.

clear lake cottage - interior design view 3

Desain Interior Ruangan Dengan Bukaan Besar ke Danau

Unsur modern sekaligus tradisional yang bisa kita temui disini dapat kita lihat dari karakteristik Skandinavia, dimana karakter ini begitu digemari oleh sang pemilik dan ia mengingingkan agar karakter Skandinavia dapat dilibatkan dalam pembangunan Cottage ini. Hal ini juga menguntungkan dari segi biaya, karena cenderung desain ala Skandinavia cenderung sederhana namun tetap terlihat apik. Dan hasilnya, terciptalah sebuah kombinasi unik antar modern, industrial, dan tradisional ala pedesaan.

clear lake cottage - interior design view 1

Desain Interior Bergaya Industrial dan Modern Skandinavia

Desain Eksterior Cottage

Saat kita meginjakkan kaki di halaman depan, maka segera kita akan disuguhkan dengan area halam yang luas dengan pintu gerbang yang masih dipertahankan sesuai aslinya. Bangunan Cottage ini sendiri sevcara umum menghadap ke timur, sehingga sang pemilik rumah bisa merasakan kehangatan dari sinar matahari setiap paginya. Namun, mereka tak perlu khawatir bila cahaya mataharinya akan terlalu menyilaukan. Karena, di depan Cottage telah berdiri rimbunan pepoohonan yang tak hanya menghalau sinar matahari berlebih, tetapi juga menghalau air danau agar tak mencapai area Cottage.

clear lake cottage - exterior design view 2

Desain Fasad Bergaya Industrial dan Modern Skandinavia

Desain muka Cottage yang dibuat seperti itu bukan tanpa tujuan, karena hal ini tentu saja didasarkan dari keinginan klien. Setidaknya, ada 4 konsep yang ingin dihadirkan pada desain muka Cottage kali ini, yakni penggunaan garis – garis yang tegas, memaksimalkan potensi cahaya matahari, adanya koneksi dengan area outdoor, serta pengintegrasian antara bangunan dengan lingkungan sekitar. Untuk merealisasikan konsep – konsep dasar tersebut, dibangunlah atap yang berbentuk landai, menyesuaikan dengan lanskap sekitar. Model atap seperti ini selain lebih terasa menyatu dengan alam, juga bermanfaat agar salju yang turun di musim dingin langsung berguguran ke tanah tanpa perlu menumpuk di atap. Adapun atap landai yang diterapkan memiliki bentuk singular, sehingga lebih menghamat budget.

Desain Interior Cottage

Beralih ke bagian dalam ruangan, ada 4 bagain utama yang ingin ditekankan pada Cottage ini, yakni kamar tidur utama, kamar tidur tambahan, ruang baca, serta ruang tamu. Ruangan – ruangan tersebut didesain serta dibangun dengan mengutamakan sisi privasi bagi penghunnya. Mula – mula, ruangan dibagi ke dalam 2 baris yang ditentukan berdasakan sisi privasi yang ingin lebih ditekankan. Ruang tamu dan kamar tidur utama berada pada bagian muka sehingga langsung menghadap ke danau. Sedangkan kamar tidur tambahan mengikuti di belakangya dan diakhiri dengan loteng di bagian paling akhir. Selain itu, ke semua ruangan tersebut dibangun mulai dari utara hingga selatan untuk memaksimalkan view dari lokasi danau Ontario tersebut.

clear lake cottage - interior design view 2

Desain Interior Cottage dengan View/Bukaan Menghadap Danau

clear lake cottage - interior design view 4

Desain Interior Dapur Bergaya Modern Skandinavia

Dengan demikian, maka setiap ruangan akan memiliki view hutan dan juga view danau sekaligus. Di serambi depannya, kita akan menemui partisi bifolding yang dapat dibuka selebar 50%, sehingga memungkinan udara segar dan paparan sinar matahari masuk ke dalam Cottage dengan intensitas yang tak terlalu berlebihan. Pembangunan ruangan model seperti itu mampu memaksimalkan area danau bagian luar, sehingga ruangan dapat langsung menghadap ke arah danau dengan lebih leluasa. Melalui cara ini pula, desain interior dan eksterior Cottage bisa menyatu dengan kondisi alam sekitar.

Material yang Digunakan

Untuk bahan – bahan yang digunakan, Cottage ini lebih banyak mengeksploitasi penggunaan kayu lapis Douglas Fir. Hal ini disesuaikan dengan klien yang memang menginginkan dinding interior yang non-drywall. Sedangkan pada kamar tidur serta bar, kayu oak lebih banyak digunakan. Namun, kayu oak ini tak berperan signifikan, karena hanya merupakan ekstensi dari material utama. Tak jarang, di beberapa bagian penggunaan kayu – kayu pinus dan cedar juga banyak diterapkan.

Anda tertarik dengan desain cottage sesuai dengan konsep diatas?

..

Architectaria – Arsitek dan Perencana

(Jika anda menganggap artikel ini bermanfaat, jika anda menikmati membaca artikel-artikel di web ini, anda dapat berlanggangan untuk membaca artikel ini melalui email. Silahkan klik DISINI jika anda ingin berlangganan membaca artikel dari architectaria.com melalui email).

LinkedInTumblrStumbleUponRedditAIMDiggDeliciousFlipboardShare

1 Comment

  1. valen

    maaf mengganggu, saya boleh minta contoh gambar denah, tampak, dan potongannya nggak ???

Leave a Comment