Proses serta Alat – alat yang dibutuhkan dalam Mengupas Cat Furnitur Lama

furniture stripping

Langkah – langkah serta alat – alat yang mesti disiapkan dalam proses Stripping furnitur/mengelupas cat atau coating pada permukaan furnitur lama.

Stripping Furnitur adalah tindakan untuk mengelupas cat atau cat pelindung (coating) pada sebuah furnitur, biasanya yang terbuat dari kayu. Perbedaan dari kedua Jenis cat tersebut terletak pada cara kerjanya. Bila cat biasa hanya berfungsi untuk menutupi kekurangan pada permukaan furnitur, coating justru berusaha menampakan keaslian atau tekstur dari furnitur tersebut, sehingga detail – detail khas yang ada pada material lebih jelas terlihat.

Meskipun keduanya penting dalam memperbaiki tampilan furnitur kayu, namun ada kalanya Anda ingin mengelupas / menghilangkannya. Mungkin karena cara penerapan cat tersebut kurang baik atau Anda ingin menggantinya dengan cat warna lain, maka dilakukanlah tindakan stripping furnitur ini.

Sebelum melalukan stripping furnitur, ada baiknya kita menyiapkan peralatn – peralatan yang dibutuhkan, seperti di bawah ini:

1. Kuas dan kertas

Kuas di sini berguna untuk mengaplikasikan bahan kimia stripper yang nantinya akan dioleskan ke seluruh bagian furnitur. Dalam hal proses ini, mungkin diperlukan diperlukan lebih dari satu jenis kuas, terutama untuk digunakan pada tahapan – tahapan yang berbeda. Kuas yang kecil dengan bulu yang terbuat dari nylon digunakan untuk menjangkau area – area sempit yang tidak mudah dijangkau oleh kuas biasa.

Selain kuas, Anda bisa juga menggunakan kertas / kain yang biasa digunakan untuk mengamplas kayu. Alat ini juga lebih fleksibel untuk menjangkau bagian – bagian yang sempit. Kertas/ kain ini juga bisa digunakan sekaligus untuk mengangkat sisa – sisa cat yang terkelupas setelah proses stripping selesai dilakukan.

2. Alat pengikis cat

Alat pengikis cat atau yang biasa disebut Scraping tools hadir dalam berbagai macam variasi. Alat ini biasa digunakan untuk mengikis sisa – sisa cat yang masing menempel pada permukaan furnitur, sehingga cat benar – benar hilang secara sempurna. Alat ini biasanya memilki bentuk melingkar pada permukaanya, sehingga tidak mudah meninggalkan goresan pada material kayu.

alat pengikis cat

Alat Pengelupas Cat Lama

Untuk jenis kayu yang permukaannya tidak terlalu keras, gunakan alat pengikis jenis Pull scrapers. Alat ini sedikit atau hampir tidak meningglakan bekas congkelan seperti halnya jenis alat pengikis cat yang lain.

3. Heat Gun

Heat gun adalah alat alternatif yang bisa juga dimanfaatkan untuk mengelupas cat pada permukaan furnitur kayu. Alat ini bekerja dari mekanisme panas yang menghasilkan uap yang sudah diatur sedemikian rupa, sehingga mampu membuat cat terkelupas sesaat setelah alat ini dipaparkan pada permukaan kayu. Meskipun cukup efektif dalam mengelupas kayu, selalu perhatikan tingkat panasnya. Sesuaikanlah dengan kebutuhan dan jangan sampai alat menjadi terlalu panas yang pada akhirnya bisa membakar / meninggalkan bekas gosong pada permukaan furnitur.

Setelah Anda selesai mengaplikasikan alat ini, Anda mungkin memerlukan amplas, terutama untuk membuang sisa – sisa cat yang terkelupas serta untuk membuat area – area tersebut menjadi tak terlalu kasar.

Proses – Proses pada Stripping Furnitur:

Dalam melakukan tindakan stripping furnitur ini, setidaknya ada 3 langkah yang mesti Anda lakukan, yaitu membersihkan permukaan furnitur, menerapkan stripper / zat pengelupas, baru kemudian menghilangkan cat atau coating yang melekat pada furnitur. Detail – detail tiap langkahnya dideskripsikan seperti ini:

1. Membersihkan permukaan furnitur

Dengan menggunakan lap yang bersih serta air secukupnya, usap seluruh bagian furnitur tersebut dan gosokkan perlahan. Bila perlu, tambahkan sabun atau deterjen yang tak terlalu keras. Bilas dengan air bersih, lalu keringkan.

2. Menerapkan stripper / zat pengelupas

Dengan menggunakan sikat atau kuas yang lembut, terapkan stripper ini pada permukaan furnitur. Maka, perlahan – lahan cat yang ada pada permukaan furnitur akan terkelupas dengan membentuk gumpalan – gumpalan cat yang kasar.

3. Hilangkan sisa – sisa cat tersebut

Setelah cat terkelupas, maka buang sisa – sisa cat yang masih menempel pada permukaan furnitur dengan menggunakan pengikis cat. Namun, berhati – hatilah dalam melakukannya dan jangan sampai alat ini meninggalkan goresan pada permukaan furnitur. Ulangi langkah – langkah di atas sehingga seluruh cat pada permukaan furnitur bisa terkelupas. Untuk bagian atau lipatan sempit pada furnitur, gunakan tusuk gigi atau sikat kecil untuk membuang sisa – sisa cat yang mengelupas.

stripping tools

Peralatan yang Digunakan untuk Stripping Furnitur

Tips selama proses Stripping Furnitur:

  1. Pastikan bahwa dalam melakukan segala tindakan stripping furnitur, Anda melakukannya di luar ruangan. Atau, bila Anda terpaksa melakukannya di dalam ruangan, cek terlebih dahulu apakah ruangan tersebut memilki ventilasi udara yang baik. Hal ini untuk menghindarkan Anda dari bahaya menghiup zat kimia berbahaya yang mungkin saja ditimbulkan oleh zat pengikis cat tersebut.
  2. Jangan lupa untuk selalu mengenakan pelindung pada tangan, mulut, hidung dan mata Anda terutama dalam mengaplikasikan zat stripper. Agar lebih aman, Anda bisa menggunakan sarung tangan latex serta gunakan kacamata khusus untuk melindungi mata Anda. Gunakan pula masker agar Anda tak menghirup gas yang mungkin ditimbulkan oleh zat kimianya. Selalu sediakan air bersih di samping Anda selama melakukan proses ini. Terakhir, Anda perlu melapisi lantai dengan koran bekas agar zat kimia serta sisa – sisa cat tidak tercecer dan meninggalkan bekas.

Selamat mencoba 🙂

..

Architectaria – Arsitek dan Perencana

(Jika anda menganggap artikel ini bermanfaat, jika anda menikmati membaca artikel-artikel di web ini, anda dapat berlanggangan untuk membaca artikel ini melalui email. Silahkan klik DISINI jika anda ingin berlangganan membaca artikel dari architectaria.com melalui email).

No Comments Yet.

Leave a Comment