Pro dan Kontra Dekorasi Monokromatik Yang Sedang Naik Daun

desain-interior-bergaya-modern-monokromatik-1

Tips desain interior rumahInformasi mengenai pro dan kontra warna monokromatik yang sedang menjadi tren dekorasi di kalangan pemilik rumah.

Warna monokromatik sekarang ini sedang banyak diminati oleh para pemilik rumah karena tampilannya yang terlihat simpel dan modern. Jika Anda belum mengetahui apa itu warna monokromatik maka kini saatnya Anda harus sedikit mengenal dekorasi yang sedang naik daun ini. Dekorasi monokromatik dapat diartikan ketika seorang desainer interior memilih satu warna yang dijadikan dasar yang dipadukan dengan warna yang pada dasarnya hampir sama dengan warna dasar.

Dengan kata lain, warna monokromatik terdiri dari satu warna yang di kombinasikan dengan warna yang hampir senada. Walaupun warna yang ditampilkan tidak memiliki banyak pilihan, ketika dipadukan dengan tepat, efek yang dihasilkan akan menakjubkan. Namun tidak semua orang setuju dengan dekorasi interior monokromatik karena mereka merasa nuansa tersebut tidak cocok dengan karakteristik rumah.

Oleh karena itu, Anda harus mengetahui beberapa pro dan kontra dekorasi menggunakan warna monokromatik agar Anda bisa memutuskan apakah warna monokromatik sesuai dengan gaya rumah Anda.

Pro Dekorasi Monokromatik

Terdapat beberapa keistimewaan jika Anda ingin menerapkan warna monokromatik pada dekorasi rumah Anda. Terdapat palet warna monokromatik yang bisa Anda lihat jika Anda berkunjung ke toko bangunan yang menyediakan warna cat monokromatik.

Dengan melihat palet warna monokromatik, Anda bisa menentukan apakah warna-warna tersebut sesuai dengan karakter atau tema rumah Anda. Warna monokromatik dapat bervariasi mulai dari warna putih yang dominan kemudian dipadukan dengana warna hitam.

  • Dekorasi monokromatik memiliki karakteristik warna yang serasi

Karena warna monokromatik pada dasarnya berasal dari warna yang sama, tentu saja tampilannya saling melengkapi satu sama lain sehingga dekorasi rumah terlihat serasi dan indah.

Dekorasi monokromatik dapat divariasikan dengan warn yang lebih cerah sebagai highlight atau titik fokus kemudian dipadukan dengan warna yang hampir senada yang memiliki warna lebih gelap.

  • Dekorasi dengan warna monokromatik sangat mudah untuk diatur

Dengan menyertakan warna monokromatik pada dekorasi interior rumah Anda, maka Anda memiliki banyak pilihan pada aksesoris yang ingin Anda tampilkan.

Dengan warna monokromatik yang hampir sewarna maka tentunya dekorasi akan semakin mudah untuk diatur.

  • Dekorasi warna monokromatik melengkapi satu sama lain

Warna monokromatik saling melengkapi satu sama lain karena perpaduan warna yang hampir sama. Yang harus Anda lakukan untuk membuat dekorasi warna monokromatik lebih menarik adalah dengan memiliki shade, tone dan juga highlight yang tepat sehingga efek yang dihasilkan nampak menawan.

Warna kromatik dapat disesuaikan dengan mood Anda sehingga Anda akan tetap nyaman berada didalam rumah.

  • Desain baru bisa muncul kapan saja saat Anda berkreasi dengan warna monokromatik

Karena Anda hanya fokus pada sedikit warna, kemungkinan Anda dapat menciptakan variasi tekstur dan warna yang tidak pernah Anda pikirkan sebelumya.

Hal ini tentu saja membuka kesempatan untuk menciptakan desain dan dekorasi yang baru yang tentunya sesuai dengan karakter dan kepribadian Anda.

desain-interior-bergaya-modern-monokromatik-2

Desain Interior Rumah Dengan Skema Wana Monokromatik

Kontra Dekorasi Monokromatik

Berikut ini adalah beberapa hal yang menjadi kontra jika Anda memilih warna monokromatik. Mengetahui kekurangan yang ada pada warna kromatik juga akan membantu Anda dalam memutuskan apakah dekorasi yang sedang naik daun ini cocok untuk dekorasi rumah Anda.

  • Membatasi pilihan warna

Warna monokromatik terkadang dianggap dapat membatasi pilihan warna. Walaupun Anda sangat menyuki satu pilihan warna, pemilihan warna monokromatik dapat membatasi pemilihan warna lain diluar shade yang sama sehingga tanpa keahlian khusus, perpaduan warna monokromatik akan nampak monoton dan membosankan.

Warna-warna yang terlalu cerah juga tidak akan membaur secara sempurna seperi warna merah menyala atau biru cerah yang sebenarnya dapat memberikan efek segar pada ruangan.

  • Kurangnya warna kontras

Pada dasarnya, warna monokromatik tidak memiliki warna dominan yang cerah karena tentunya akan merusak tampilan warna secara keseluruhan.

Untuk itu, dibutuhkan kreatifitas yang tinggi untuk menghasilkan dan memadukan warna lain agar tidak nampak aneh ketika dipadukan dengan warna monokromatik.

  • Kecenderungan warna dan desain yang monoton

Hal ini tentunya terdengar kurang baik tapi semuanya kembali pada tujuan Anda. Kecenderungan warna yang hampir sama membuat ruangan kurang memiliki variasi warna sehingga pemilik rumah dituntut untuk memilih aksesoris yang dapat menghidupkan suasana ruangan.

Warna monokromatik juga cenderung memiliki warna yang lembut sehingga pencahayaan sangat dibutuhkan untuk menghasilkan efek dramatis.

  • Godaan untuk membuat pengecualian

Anda mungkin tergoda untuk menyimpang jauh dari skema warna monokromatik sehingga Anda mengkombinasikan warna lain yang nampak tidak harmonis yang membuat dekorasi monokromatik tidak sesuai.

Perlu Anda ketahui bahwa warna monokromatik  harus seratus persen terlihat serasi. Anda dapat berrmain dengan tone warna serasi dengan memilih shade yang bervariasi seperti satu sisi sedikit gelap kemudian di sisi lain lebih terang.

Selamat mencoba 🙂

..

architectaria.com | Arsitek, Desain Interior, General Contractor

Untuk Anda yang berada diwilayah JABODETABEK dan membutuhkan jasa arsitek, desain interior dan jasa kontraktor untuk membangun/merenovasi rumah, silahkan menghubungi kami melalui nomor: 081229400888, 087710400888, 021-83836281, atau 0251-8386706 (Bogor).

(Jika Anda menganggap artikel ini bermanfaat, dan menikmati membaca artikel-artikel di web ini, Anda dapat berlanggangan untuk membaca artikel ini melalui email. Silahkan klik DISINI jika Anda ingin berlangganan membaca artikel dari architectaria.com melalui email).

No Comments Yet.

Leave a Comment