Pindah Rumah Kini Tak Perlu Susah (Edisi I)

tips-pindah-rumah-1

Tips seputar pindah rumah – Bagaimana proses pindah rumah dengan mudah dan aman edisi I.

Berpindah rumah mungkin dirasa cukup merepotkan dan melelahkan. Nyatanya, ada beberapa orang yang selama hidupnya telah berpindah tempat tinggal beberapa kali, biasanya karena dihadapkan pada tuntutan pekerjaan yang memaksanya untuk berpindah tugas ke luar kota.

Apakah saat ini Anda juga tengah menyiapkan pindah rumah? Apakah jangka waktunya cukup singkat? Atau justru masih panjang? Agar momen pindah rumah bisa berjalan lancar dan meminimalkan tingkat stress dan kerepotan Anda, informasi di bawah ini penting untuk diketahui saat persiapan pindah rumah. Setiap saran dan tips untuk pindah rumah dibuat berdasarkan rentang waktu atau periode sebelum perpindahan.

Satu bulan sebelum pindah rumah

1. Jika Anda belum pernah memiliki rumah

Jika Anda hanya memiliki jangka waktu satu bulan sebelum pindah rumah, gunakan waktu yang tersisa itu untuk mengatur dan menentukan hal-hal yang penting, namun sering terlewatkan. Jika Anda sebelumnya belum memiliki tempat tinggal dan kini Anda akan menempati rumah baru, Anda harus membeli satu set furnitur dan alat elektronik seperlunya untuk mengisi rumah tersebut. Utamakan membeli furnitur  untuk kebutuhan dasar, seperti tempat tidur, seperangkat meja dan kursi tamu, lemari pakaian, kabinet, seperangkat meja dan kursi makan, dan rak piring.

Sebuah kabinet atau laci perlu dibuat khusus untuk menyimpan file atau kertas penting, seperti ijasah, sertifikat rumah, surat perjanjian, polis asuransi, dan kertas – kertas berharga lainnya.

2. Jika Anda pernah memiliki rumah sebelumnya

Jika Anda pindah dari rumah lama ke rumah baru, maka Anda cukup memindahkan barang serta furnitur dari rumah lama ke rumah baru. Cek kembali kondisi setiap barang, apakah masih layak untuk digunakan kembali di rumah yang baru. Adapun untuk barang yang sudah tidak berfungsi, kertas – kertas bekas, pakaian bekas, meja maupun kursi yang sudah rapuh, maka Anda tak perlu segan untuk menjualnya ke tukang loak. Hal ini akan membuat proses pindah rumah Anda berjalan efektif dan efisien, karena Anda hanya akan memindahkan barang yang masih berfungsi ke rumah yang baru.

Dua minggu sebelum pindah rumah

Dalam jangka waktu dua minggu sebelumnya, mulailah untuk mengepak barang yang tidak sering digunakan setiap hari, tapi masih diperlukan. Misalnya, buku – buku bacaan, benda2 koleksi seperti boneka, action figure, album dan pigura foto,  alat masak yang hanya digunakan sesekali, peralatan olahraga, peralatan pertukangan, dsb. Sementara barang yang harus dipacking  belakangan adalah pakaian yang untuk dikenakan sehari – hari, alas kaki, peralatan mandi, peralatan masak, serta peralatan makan sederhana. Selain itu, Anda perlu memberikan label untuk barang yang akan Anda angkut sendiri, dan barang yang akan diangkut dengan truk oleh pihak ketiga. Dalam hal ini, barang yang perlu diangkut sendiri adalah barang – barang pribadi dan mungkin sangat berharga dan rahasia, misalnya perhiasan atau surat berharga.

Sembari Anda mengepak barang di rumah Anda,  Anda bisa meminta agen properti di rumah baru untuk menyalakan semua utilitas yang ada pada rumah baru, meliputi listrik, air, atau bahkan aliran gas. Dengan begitu, tatkala Anda akan mengirim barang ke rumah tersebut, segala kebutuhan dasar di atas bisa terpenuhi.

Satu minggu sebelum pindah rumah

Satu minggu sebelum kepindahan perlu digunakan untuk mengosongkan gudang, garasi, membersihkan beberapa ruangan di dalam rumah, membersihkan kebun dan taman dari tanaman liar dan daun kering lalu mengepak alat berkebun Anda. Kemudian, Anda perlu mulai menguras kolam dan aquarium.  Juga, mulailah untuk menyingkirkan segala sesuatu yang berbahaya atau mudah terbakar. Langkah selanjutnya adalah mengurus administrasi kepindahan, membuat surat pindah, memindahkan sekolah anak, mengubah alamat di KTP, dsb. Anda juga bisa mulai berpamitan dengan tetangga sekitar serta pemimpin lokal di wilayah Anda tinggal.

Jika Anda memiliki hewan peliharaan, mulailah untuk mengepak peralatan makannya, serta masukkan hewan peliharaan dalam kandang agar tidak pergi dan berkeliaran saat Anda tengah sibuk mengepak dan memindahkan barang.

Anda juga bisa mulai mengontak pihak ketiga yang akan membantu Anda pindah rumah. Biasanya pihak ketiga ini sudah menyediakan jasa angkutan, termasuk beberapa orang tenaga pembantu untuk membantu mengangkut barang ke dalam kendaraan, kemudian meletakkannya dengan baik di rumah yang baru.

tips-pindah-rumah-2

Kumpulan Barang-barang Saat Pindah Rumah

Beberapa hari sebelum hari kepindahan rumah

Jika sudah mendekati hari pindah rumah, mulailah untuk mengosongkan kulkas. Kemudian, mulailah untuk mengepak baju, sepatu, alat tulis, peralatan listrik, serta peralatan elektronik seperti TV, komputer, kulkas, kasur, dll. Untuk mengepak barang – barang yang sifatnya berharga dan cukup personal, Anda bisa menggunakan koper ketimbang menggunakan kardus biasa.

Untuk area outdoor, cari beberapa tanaman yang masih layak, dan tentukan tanaman mana yang ingin Anda bawa ke rumah baru, dan tanaman mana yang Anda biarkan untuk tetap tinggal di tempat, atau Anda sumbangkan untuk orang lain.

Di hari saat pindah rumah

Saat hari untuk pindah rumah sudah tiba, mulailah untuk mengangkuti barang yang sudah dipak dalam kardus untuk disusun di truk/kendaraan pengangkut. Susunlah barang dengan rapi, agar truk bisa efektif dalam menempatkan barang. Usahakan agar barang yang kuat misalnya yang berbahan kayu dan besi, untuk ditempatkan di barisan paling bawah, kemudian susun ke atas, hingga barang yang di atas adalah barang yang paling ringan, misalnya bantal, kasur busa, kasur lantai, matras, karpet, dll.

Saat semua barang sudah terangkut, mulailah untuk mengecek kembali seluruh sudut rumah, adakah barang berharga yang masih tertinggal. Jika tak ada, maka lakukan pembersihan secara menyeluruh, matikan lampu, kunci seluruh pintu dan jendela, lalu berikan kunci pada tetangga atau orang kepercayaan Anda sebelum Anda benar – benar pindah rumah.

Selamat mencoba 🙂

..

architectaria.com | Arsitek, Desain Interior, General Contractor

Untuk Anda yang berada diwilayah JABODETABEK dan membutuhkan jasa arsitek, desain interior dan jasa kontraktor untuk membangun/merenovasi rumah, silahkan menghubungi kami melalui nomor: 081229400888, 087710400888, 021-83836281, atau 0251-9195383 (Bogor).

(Jika anda menganggap artikel ini bermanfaat, jika anda menikmati membaca artikel-artikel di web ini, anda dapat berlanggangan untuk membaca artikel ini melalui email. Silahkan klik DISINI jika anda ingin berlangganan membaca artikel dari architectaria.com melalui email).

0 Comments

Leave a Comment