Pertimbangan Sebelum Menyewa Jasa Kontraktor

Hal-hal yang harus diperhatikan sebelum menyewa jasa kontraktor untuk menangani proyek pembangunan atau renovasi rumah.

Membangun atau Merenovasi rumah merupakan kegiatan yang cukup menguras tenaga dan pikiran. Selain itu, dana yang harus dipersiapkan pun terkadang tidak sedikit. Untuk itu, perencanaan yang matang sebelum melakukan proses pembangunan atau renovasi sangat penting agar proses konstruksi tidak berhenti di tengah jalan.

Bila Anda sudah menyusun perencanaan pembangunan atau renovasi rumah yang matang namun Anda tidak memiliki waktu untuk merealisasikannya, Anda bisa menyewa jasa kontraktor yang dapat membantu Anda merealisasikan keinginan Anda untuk merenovasi rumah. Banyak sekali kontraktor-kontraktor yang kerap menawarkan jasanya melalui iklan-iklan di koran, televisi, maupun internet. Jasa kontraktor dapat berupa individu, tim, maupun perusahaan besar. Namun, sebelum Anda memilih untuk menggunakan jasa kontraktor tersebut, ada banyak pertimbangan-pertimbangan yang harus Anda pikirkan.

Memilih jasa kontraktor yang berkualitas bukanlah perkara mudah karena banyak jasa-jasa kontraktor palsu dan kurang bertanggung jawab yang mengemas perusahaan mereka agar tampak seprofesional mungkin. Untuk itu, berhati-hatilah dalam memilih kontraktor. Jangan sampai budget yang Anda siapkan untuk merenovasi rumah malah hilang entah kemana.

Ada dua tipe kontraktor yang umum kita temui, yakni mereka yang hanya ingin MENDAPATKAN proyek tersebut dan mereka yang betul-betul MENGERJAKAN proyek tersebut. Kontraktor yang hanya ingin mendapatkan proyek dari kita biasanya hanya berorientasi pada uang dan keuntungan yang sebanyak-banyaknya tanpa memperhatikan kualitas. Sedangkan kontraktor yang memang berdedikasi tinggi pada setiap proyek yang diberikan biasanya akan lebih mengutamakan kualitas pekerjaan dan kepuasan klien. Setiap hal mulai dari tahap pra-rencana, pelaksanaan dan setelah proses pelaksanaan selalu mereka perhatikan dengan detail.

Melihat sertifikat yang dimiliki seorang kontraktor bukan berarti dia benar-benar seseorang yang berdedikasi tinggi terhadap pekerjaannya. Sertifikat kontraktor tidak mampu mengukur tingkat kejujuran, integritas, loyalitas, dan kemampuan-kemampuan softskill lain. Sertifikat yang dimiliki seorang kontraktor tetaplah penting agar kita bisa menilai resmi tidaknya jasa kontraktor tersebut. Namun, hal itu jangan dijadikan acuan utama hingga kita mengesampingkan faktor-faktor lain. Untuk itu, sebelum menggunakan jasa kontraktor, ada baiknya kita melakukan riset kecil-kecilan dengan mencari latar belakang jasa kontaktor yang akan kita pakai tersebut.

1. Cek legalitas perusahaan kontraktor

Untuk menghindarkan Anda dari penipuan berkedok kontraktor, Anda bisa mengecek dulu surat-surat serta sertifikat yang dimiliki perusahaan atau invidiu tersebut. Cek keaslian sertifikat itu melalui badan resmi yang mengeluarkan sertifikat tersebut. Legalitas dan surat-surat yang seharusnya ada mencakup Akta Pendirian Perusahaan, SK Penetapan Perusahaan (jika kontraktor tersebut berbadan usaha PT), NPWP, SIUP, TDP, IUJK atau SKT dari Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi (LPJK/ATAKI). Anda bisa mencarinya secara online melalui website badan tersebut.

2. Lihat reputasi penyedia jasa kontraktor tersebut

Semakin sering suatu jasa kontraktor menangani proyek, maka semakin banyak pengalaman yang perusahaan atau individu itu dapatkan. Penting untuk diperhatikan apakah jasa kontraktor tersebut sebelumnya pernah melakukan kesalahan pada proyek-proyek sebelumnya. Bila ia terbukti pernah melakukan penyelewengan terhadap proyek yang dikerjakan, tentu penyedia jasa kontraktor tersebut gagal mempertahankan reputasi baiknya sehingga tidaklah tepat untuk memilih kontraktor tersebut untuk menangani proyek kita. Reputasi sebuah penyedia jasa kontraktor dapat pula dilihat dari website suatu badan yang mengeluarkan sertifikat kontraktor. Biasanya, badan tersebut akan memberikan penilaian terhadap segala tindakan indisipliner yang pernah dilakukan oleh kontraktor.

Desain Interior Ruang Makan dan Dapur Semi Terbuka (by: Jose Maria Saez)

3. Lihat kesesuaian kontraktor dengan tipe proyek yang akan kita berikan.

Ketika Anda sedang mempertimbangkan untuk menggunakan jasa kontraktor, tidak ada salahnya Anda menanyakan pada pihak tersebut apakah sebelumnya pernah menangani proyek yang setipe atau serupa. Bila kontraktor tersebut cukup berpengalaman dengan proyek yanga akan kita berikan, tidak ada salahnya bagi kita untuk memilih kontraktor tersebut. Tapi, bila kontraktor tersebut belum pernah mengerjakan proyek yang serupa dengan proyek kita, ada baiknya Anda untuk mempertimbangkan kembali pilihan Anda. Faktor pengalaman dalam menangani proyek serupa sangat penting karena dengan pengalaman, kontraktor dapat lebih mudah menghadapi tantangan dan kesulitan dalam menangani proyek yang serupa.

4. Hindari penyedia jasa kontraktor yang sedang mengerjakan terlalu banyak proyek lain

Saat Anda memutuskan untuk menyewa jasa kontraktor, perhatikan pula apakah perusahaan atau individu itu sedang banyak menangani proyek-proyek lain. Terlalu banyak proyek yang ditangani sebuah penyedia jasa kontraktor akan mengurangi fokus dan totalitas mereka dalam menangani setiap proyek, termasuk proyek yang akan Anda limpahkan. Bila kontraktor terlalu banyak menangani klien dalam waktu yang berbarengan, dikhawatirkan fokus dan konsentrasinya akan terpecah sehingga proyek renovasi rumah Anda akan terhambat dan terlambat ditangani. Hal ini tentu merugikan Anda karena Anda harus menyediakan waktu dan dana tambahan untuk menyelesaikan proyek tersebut.

Gambar Rencana Kerja (Construction Plan)

5. Tarif jasa yang dikenakan haruslah realistis

Sebelum memutuskan untuk melimpahkan suatu proyek ke kontraktor, bicarakan mengenai budget yang Anda siapkan dengan jasa kontraktor tersebut. Biasanya, kontraktor akan membuat rancangan penggunaan dana dan bila rancangan yang mereka buat cukup realistis , Anda bisa lanjut mengenai besaran tarif jasa yang mereka kenakan. Bila Anda sepakat dengan harga yang ditawarkan, Anda bisa segera melimpahkan proyek Anda kepada kontraktor tersebut.

Selamat membangun dan merenovasi rumah Anda 🙂

..

Architectaria – Arsitek dan Perencana

(Jika anda menganggap artikel ini bermanfaat, jika anda menikmati membaca artikel-artikel di web ini, anda dapat berlanggangan untuk membaca artikel ini melalui email. Silahkan klik DISINI jika anda ingin berlangganan membaca artikel dari architectaria.com melalui email).

2 Comments

  1. zulkarnaein

    Dengan hormat,
    Up :-Dept. Purchasing
    BISMACINDO, Bergerak dipengadaan & pemasangan Penangkal Petir Elektrostatis (external protectio -Kurn,Erico,stormaster)
    Sole agent arrester,grounding,cadweld,spark gap,cathodic
    Terumnakasih atas perhatian & kerjasamanya.
    ZULKARNAEIN Mb-081584114769 Fax-021 74645309
    zoelkarnaeinjoel@yahoo.com

    • @Zulkarnain,

      Kirim surat perkenalan by email ya 🙂

Leave a Comment