Pertimbangan dalam Menyewa atau Membeli Studio Apartemen yang Nyaman

small apartment1

Hal – hal yang harus dipertimbangkan sebelum menyewa atau membeli sebuah studio apartemen di perkotaan.

Saat ini, keberadaan apartemen memang cukup menjanjikan. Apartemen dianggap sebagai plihan yang tepat untuk anak muda yang menyukai kehidupan yang serba praktis. Tak jarang, kebanyakan dari peminat apartemen adalah mereka – mereka yang berusia di bawah 40 tahun. Apartemen merupakan tempat tinggal yang nyaman dan praktis karena ukurannya yang tidak terlalu besar. Sehingga, kita tidak harus bersusah payah seperti halnya saat kita membersihkan rumah dengan ukuran yang cukup lebar.

Namun, apartemen kini tak hanya dimanfaatkan sebagai rumah tinggal saja. banyak yang memfungsikan apartemen sebagai area menyalurkan keinginan hobi atau bisnis. Tak ayal, dipilihlah studio apartemen. Studio apartemen ini biasanya memiliki ukuran yang cenderung mungil, di mana hanya terdapat satu kamar tidur yang ada. Studio apartemen juga banyak dilirik anak muda dikarenakan harganya yang relatif lebih terjangkau dibandingkan apartemen yang biasa. Biaya perawatan apartemen ini tentunya lebih murah dan tak akan memberatkan kantong.

Studio apartemen ini cocok bagi anak muda yang ingin mandiri dan tinggal hidup lepas dari orang tua. Dengan tinggal di studio apartemen, setidaknya anak – anak muda bisa mengumpulkan uang terlebih dahulu, sebelum akhirnya membeli rumah atau apartemen dengan ukuran yang lebih besar.

small apartment3

Apartemen Studio View 2 – Ruang Tidur

Tetapi dalam membeli studio apartemen, sebaiknya tidak gegabah. Banyak poin – poin yan mesti dipenuhi agar kita bisa mendapatkan sebuah studio apartemen yang nyaman, ideal, dengan lokasi yang terjangkau namun tetap dengan harga yang wajar. Selain itu, perlu juga dipertimbangkan apakah kita akan menyewa atau membeli sebuah studio apartemen. Maka, Anda perlu mengadakan riset dan tinjauan terlebih dahulu ketika Anda akan menyewa atau membeli apartemen. Berikut ini langkah – langkah yang bisa Anda ikuti dalam memilih studio apartemen yang tepat.

1. Kumpulkan informasi mengenai studio apartemen yang ada di kota Anda

Agar Anda tak salah dalam memilih studio apartemen, sebaiknya lakukan riset dengan mencari tahu studio apartemen apa saja yang ada di kota Anda. Anda bisa mulai dari kawasan apartemen yang ada di kota Anda. Pelajari fitur – fitur yang ditawarkan sebuah apartemen, misalnya ada atau tidaknya dapur serta fasilitas – fasilitas penunjangnya (gas, saluran air, bak cuci piring, kabinet, dll). Jangan lupa, cari tahu juga kisaran harganya. Bandingkan antara satu apartemen dengan yang lain. pertimbangkan pula lokasi dan kemudahan akomodasi yang ditawarkan.

Jika Anda tipe orang yang senang berspekulasi dan berbisnis, bisa saja Anda mempertimbangkan harga jualnya dikemudian hari untuk berjaga – jaga bila suatu hari nanti Anda ingin menjual atau menyewakan studio apartemen tersebut. Juga, pertimbangkan pula waktu yang tepat saat pembelian. Sebab di waktu – waktu tertentu, biasanya pihak developer akan memberikan diskon atau fasilitas khusus kepada pembeli studio apartemen.

2. Cari tahu fasilitas tambahan apa saja yang bisa Anda dapatkan

Biasanya dalam suatu kawasan / komplek apartemen terdapat fasilitas – fasilita yang bisa kita nikmati selaku penghuni apartemen. Fasilitas itu misalnya kolam renang, area gym, lounge, club, lapangan olahraga, lapangan tenis indoor, gedung serba guna, dan lain – lani. Cek juga apakah fasilitas tersebut gratis selamanya atau tidak. Serta, cari tahu apakah penyewa apartemen bisa menggunakan fasilitas tersebut atau hanya pemiliknya langsung yang boleh memanfaatkannya.

Selain fasilitas – fasilitas di atas, biasanya sebuah studio apartemen juga menawarkan pelayanan tambahan, misalnya laundry. Cek apakah layanan semacam ini ada, di mana layanan ini akan sangat bermanfaat bagi anak – anak muda yang kadang – kadang malas mencuci. Di samping fasilitas dan layanan tambahan, hal lain yang tak kalah penting adalah keberadaan instalasi kabel, gas, telepon, dan air. Juga, cek apakah penyedia apartemen memberikan fasilitas ruang penyimpanan tambahan di sebuah area khusus di luar studio apartemen kita. Hal ini juga menyangkut kebedaaan garasi dan seberapa banyak kendaraan yang bisa tertampung di garasi / area parkir apartemen.

3. Cari tahu peraturan dan larangan yang diterapkan di studio apartemen tersebut

Di beberapa apartemen, biasanya ada larangan untuk tidak memelihara hewan. Pastinya peraturan ini akan sangat tidak menyenangkan terutama bagi Anda pecinta binatang dan memiliki beberapa hewan peliharaan. Maka, diskusikan dengan developernya apakah Anda boleh memelihara hewan di dalam studio apartemen yang akan Anda beli / sewa.

small apartment2

Apartemen Studio View 3 – Ruang Kerja dan Living Room

4. Jangan tergesa – gesa untuk membeli furnitur

Setelah Anda cocok dengan salah satu studio apartemen dan ingin menyewa / membelinya, sebaiknya jangan terburu – buru dan bernafsu untuk membeli banyak furnitur. Tinggal di studio apartemen pastilah berbeda dengan tinggal di apartemen reguler, di mana studio apartemen membutuhkan furnitur yang jauh lebih sedikit dari apartemen biasa. Dengan luas tiap ruangan yang tidak seberapa, pastikan bahwa furntiur – furnitur yang kelak akan Anda tempatkan di sini memiliki ukuran yang slim dan minimalis sehingga muat ketika ditempatkan dalam ruangan yang mungil.

Selain itu, carilah furnitur yang memiliki double fungsi, yakni mampu memerankan fungsi utamanya sekaligus mampu menjadi tempat penyimpanan / storage.

Selamat mencoba 🙂

..

Architectaria – Arsitek dan Perencana

(Jika anda menganggap artikel ini bermanfaat, jika anda menikmati membaca artikel-artikel di web ini, anda dapat berlanggangan untuk membaca artikel ini melalui email. Silahkan klik DISINI jika anda ingin berlangganan membaca artikel dari architectaria.com melalui email).

No Comments Yet.

Leave a Comment