Pencahayaan Tambahan untuk Melengkapi Kabinet Display

lampu kabinet display_1

Beragam jenis cabinet lighting untuk melengkapi tampilan dan menambah daya tarik benda koleksi/pajangan didalam kabinet display dan kabinet dapur.

Siapa bilang lighting atau pencahayaan yang optimal hanya diperlukan untuk mendekorasi interior atau eksterior rumah. Nyatanya, lighting juga dimasukkan dalam unsur – unsur kabinet display, sebab keberadaan cabinet lighting ini mampu menambah daya tarik benda – benda koleksi atau pajangan yang berada di dalamnya. Namun, lighting tambahan ini tak hanya ditempatkan di interior kabinet saja. Ada kalanya lighting ditempatkan di luar, dengan fungsi utama yang masih sama, yakni untuk menonjolkan daya tarik benda koleksi yang ada dalam kabinet.

Untuk pencahayaan atau lighting pada kabinet display, biasanya jenis lampu sorot (spotlights) lebih digemari karena jenis lampu ini memiliki intensitas cahaya yang lebih terfokus di satu area, dan bukan menyebar ke berbagai arah.

Tak hanya kabinet display, kabinet dapur (kitchen cabinet) juga merupakan kabinet yang lumrah dilengkapi dengan pencahayaan tambahan. Hanya, khusus pada kabinet dapur, lighting biasa ditempatkan di luar, yakni tepat di bawahnya. Jenis lampu yang biasa digunakan untuk melengkapi kabinet ini adalah lampu LED strip lights yang sekaligus sebagai backlight pada dapur.

Namun, tak semua jenis lighting bisa dipadupadankan dengan kabinet Anda. Hanya lampu jenis tertentu saja yang sesuai. Cari tahu jenis lighting dan peruntukannya pada kabinet seperti berikut ini.

LED spotlights

LED spotlights merupakan jenis pencahayaan yang cukup ekonomis dan hanya membutuhkan instalasi yang minimal. Lampu jenis ini sangat tepat digunakan sebagai aksesoris tambahan pada kabinet display / lemari pajangan, terutama lemari yang digunakan untuk menyimpan benda – benda koleksi atau benda seni bernilai artistik tinggi, misal piring keramik China, benda – benda keramik/kristal.

Spotlights tidak menggunakan jaringan kabel karena lighting ini bekerja dengan tenaga baterai, sehingga lebih fleksibel dan mudah diinstal di mana saja, termasuk di area yang sulit dijangkau seperti di bawah lemari atau meja di area kerja / ruang belajar. Spotlights tak hanya bisa digunakan untuk melengkapi kabinet. Lampu ini bisa juga diinstal di tangga yang menghubungkan lantai dasar dengan basement, yang biasanya membutuhkan pencahayaan yang ekstra. Juga, spotlights ini bisa diletakkan di area bawah tangga yang cenderung gelap dan sempit.

Sconces

Sconces merupakan jenis pencahayaan yang bisa menciptakan kesan tajam sekaligus cerah di sekitar kabinet. Karena cahaya pada lampu sconces cenderung lurus dan tidak terdifusi ke semua arah, sebaiknya Anda tidak hanya menggunakan satu buah sconces, melainkan menggunakan lebih dari satu sconce (minimal dua). Tempatkan masing – masing satu lampu di sudut kiri dan kanan kabinet yang bisa mempertegas barang yang dipajang di dalamnya.

Di bandingkan jenis lampu lain, sconces cenderung memiliki nyala lampu yang lembut dan teduh. Proses instalasinya juga cukup sederhana. Selain itu, lampu ini memiliki kelebihan lain, yakni dibuat dalam berbagai bentuk dan desain yang unik yang dapat disesuaikan dengan interior rumah.

Pendants

Pendants biasanya ditempatkan secara tepat pada jeruji – jeruji yang dipasang pada dinding. Pendants ini bisa diletakkan di samping kabinet terutama jika Anda ingin mendapatkan fokus cahaya ke arah bawah. Untuk mengatur kadar kecerahan nyala lampu pendants, Anda bisa menggunakan dimmer. Jeruji yang menjadi tempat memasang pendant biasanya hanya ada satu untuk setiap pendants. Agar lebih menarik, Anda bisa menggunakan lebih dari satu jeruji dan jadikan semuanya menjadi satu secara utuh dan bukan terpisah – pisah. Kumpulan dari jeruji dengan pendants yang terang ini bisa menjadi titik fokal yang atraktif.

Sama seperti sconces, pendant juga hadir dalam bentuk dan desain yang bervariasi, sehingga Anda memiliki banyak pilihan untuk menentukan jenis pendant yang pas jika disandingkan dengan kabinet Anda.

lampu kabinet display_2

Pencahayaan pada Kabinet Dapur (Kitchen Cabinet)

Clip-on cabinet lights

Clip-on cabinet lights adalah salah satu jenis lighting yang paling tepat untuk melengkapi kabinet Anda karena lampu ini memiliki heads yang bisa ditempatkan ke sudut – sudut terkecil pada kabinet. Lampu ini cukup fleksibel dan fungsional untuk diinstal di mana saja, bisa di atas, di samping, hingga di bawah interior kabinet Anda. Lampu ini juga hadir dengan ukuran dan warna yang beragam, sehingga Anda bisa mengatur jenis Clip-on cabinet lights sesuai tema atau konsep rumah Anda.

Tips Penting:

  • Karena mayoritas lighting untuk kabinet dioperasikan dengan baterai, maka secara berkala Anda mesti mengganti baterainya dengan yang baru. Biasanya, nyala lampu akan menjadi sedikit redup dan hal ini menandakan lampu tersebut perlu diganti baterainya. Jenis baterai yang paling umum digunakan adalah baterai “AA”. Pastikan bahwa baterai yang dipasang benar – benar baterai baru dan bukan baterai bekas pakai.
  • Bersihkan sesekali lighting kabinet Anda dengan tisu atau cotton bud. Gunakan juga cairan pembersih atau alkohol untuk membersihkan permukaan lampu dari debu. Alkohol memiliki keunggulan karena tidak meninggalkan bercak selaput tipis pada permukaan lighting.

Selamat mencoba 🙂

..

architectaria.com | Arsitek, Desain Interior, General Contractor

(Jika anda menganggap artikel ini bermanfaat, jika anda menikmati membaca artikel-artikel di web ini, anda dapat berlanggangan untuk membaca artikel ini melalui email. Silahkan klik DISINI jika anda ingin berlangganan membaca artikel dari architectaria.com melalui email).

1 Comment

  1. fungsi pencahayaan nya ini untuk apa ya?

Leave a Comment