Pedoman Memilih Sofa untuk Rumah Anda

sofa-ruang-tamu-2

Tips desain interior rumah – Beberapa pedoman penting yang harus Anda ketahui dalam memilih sofa yang tepat untuk rumah Anda.

Selain dapur, ruang tamu merupakan tempat yang paling sering ditempati terlebih ketika ada waktu senggang. Anda bisa saja menghabiskan waktu berjam-jam di ruang tamu bersama keluarga Anda, hanya untuk sekedar ngobrol atau bersantai. Untuk itu diperlukan ruang tamu yang nyaman dan rapi sehingga suasana hati anda Akan tetap terjaga sepanjang hari.  Untuk menciptakan kenyamanan tersebut, Anda harus menyediakan sofa yang membuat anggota keluarga nyaman untuk terus berada di sana.

Selain itu sofa juga dapat menjadi fokus utama interior ruang tamu Anda, terlebih ketika Anda ingin menarik perhatian tamu yang akan datang untuk berkunjung. Oleh karena itu, Anda harus memilih sofa yang tepat agar ruangan tetap terlihat indah dipandang mata . Berikut ini beberapa pedoman yang harus Anda tahu sebelum memilih sofa yang tepat untuk ruang tamu Anda.

  1. Tentukan terlebih dahulu kegunaan sofa yang akan Anda pilih

Sebelum memilih sofa untuk ruangan tertentu di rumah anda, sangatlah penting untuk mengetahui tingkat kegunaan dari sofa yang akan anda beli. Jika anda mencari sofa untuk ruang keluarga yang biasanya digunakan untuk bersantai, pilihlah sofa yang tebal dan empuk. Sofa yang standar biasanya memiliki ketebalan sekitar 36 sampai 38 inci. Karena sofa ruang keluarga akan sering digunakan untuk bersantai sambil tiduran, pilihlah sofa dengan ketebalan 41 inci agar waktu beristirahat dan bersantai Anda terasa lebih meneyenangkan. Lain halnya jika sofa yang akan anda beli hanya untuk tempat duduk pada waktu tertentu saja.  Anda bisa memilih sofa dengan ukuran yang lebih kecil yang bisa dipasangkan dengan beberapa kursi unik ottoman yang akan menambah unsur artistik interior rumah Anda.

Selain itu, kombinasi antara sofa dan kursi ottoman yang saling berhadapan memungkinkan Anda untuk membuat suasana bercakap-cakap lebih intim dan kondusif. Anda juga harus memperhatikan bentuk ruangan sebelum memilih sofa yang sesuai. Pastikan jika sofa baru yang anda beli secara fisik pas dengan ruangan yang ada di rumah Anda sehingga tidak terlihat memenuhi seisi ruangan. Sofa yang pas dengan ruangan juga memungkinkan mobilitas yang tinggi sehingga kenyamanan aktifitas di dalam rumah tidak akan terganggu.

  1. Sesuaikanlah pemilihan sofa dengan gaya personalitas anda

Mengetahui gaya personalitas Anda dalam pemilhan sofa dapat membantu untuk mengerucutkan pilihan model sofa yang banyak ditemukan di pasaran. Anda bisa memilih model sofa yang dapat menunjukan gaya hidup dan selera Anda. Jika anda lebih menyukai gaya formal, memilih sofa dengan desain tradisional yang mengedepankan unsur estetis adalah pilihan yang sangat tepat. Memilih sofa dengan tipe minimalis juga bukan merupakan ide yang buruk. Dengan karakter yang tegas di setiap lekuk bodinya, sofa minimalis mampu mempertontonkan gaya formal tanpa terlihat berlebihan.

Untuk gaya yang lebih kasual, sofa yang paling sesuai untuk Anda adalah sofa dengan bantalan-bantalan kecil yang akan menambah kesan manis untuk ruang keluarga.

  1. Pilihlah bahan dasar sofa yang memberikan kenyamanan ekstra

Penempatan sofa dan bagaimana sofa akan digunakan mempengaruhi pemilihan bahan dasar sofa yang akan anda beli. Pada umumnya, bahan dasar sofa terbuat dari serabut benang padat yang dibungkus dengan busa yang kuat. Banyak juga toko furnitur yang menawarkan ekstra bantalan dengan biaya tambahan yang dibuat dari bulu halus yang empuk sehingga ketika anda mendudukinya akan terasa nyaman.

Walaupun kenyamanan adalah hal yang paling utama, jika anda tidak mampu membeli ekstra bantalan untuk setiap sofa di rumah Anda, Anda bisa membelinya hanya untuk tempat yang paling sering anda huni seperti di ruang keluarga sehingga budget Anda tidak akan tersita hanya untuk pembelian sofa saja.

sofa-ruang-tamu-1

Desain Interior Ruang Tamu Dengan Sofa dan Coffee Table

  1. Pilih warna sofa yang sesuai dengan tema ruangan

Pemilihan warna pada sofa sangatlah penting karena hal ini dapat menentukan mood ruangan yang akan diletakkan sofa. Ada beberapa pedoman dalam penentuan warna sofa untuk setiap ruangan berbeda. Misalnya saja pada ruang tamu yang biasanya menjadi fokus utama pada rumah anda. Pemilihan warna netral seperti warna-warna dengan corak yang hangat seperti abu-abu muda dan coklat terang merupakan pilihan terbaik karena sifatnya yang tak akan lekang oleh waktu. Untuk membuat warna netral tersebut lebih hidup, tambahkanlah beberapa aksesoris seperti bantal-bantal kecil warna-warni dengan tone yang lebih terang.

Jika sofa yang akan anda beli akan ditempatkan di ruang pribadi seperti ruang keluarga, Anda bisa memilih warna-warna yang “mengejutkan” seperti biru muda atau bahkan warna yang tidak umum untuk ukuran sofa seperti hijau muda. Lengkapi interior ruang keluarga anda dengan dekorasi tembok yang menawan sehingga warna terang yang terdapat pada sofa menjadi lebih hidup.

Demikianlah beberapa pedoman pemilihan sofa untuk rumah anda yang wajib anda ketahui. Jika Anda tidak terlalu paham model sofa apa yang paling tepat untuk memperindah interior rumah Anda, jangan sungkan untuk bertanya pada ahlinya. Sudahkah Anda siap memperindah rumah anda? Selamat berburu sofa yang tepat!

Selamat mencoba 🙂

..

architectaria.com | Arsitek, Desain Interior, General Contractor

Untuk Anda yang berada diwilayah JABODETABEK dan membutuhkan jasa arsitek, desain interior dan jasa kontraktor untuk membangun/merenovasi rumah, silahkan menghubungi kami melalui nomor: 081229400888, 087710400888, 021-83836281, atau 0251-9195383 (Bogor).

(Jika anda menganggap artikel ini bermanfaat, jika anda menikmati membaca artikel-artikel di web ini, anda dapat berlanggangan untuk membaca artikel ini melalui email. Silahkan klik DISINI jika anda ingin berlangganan membaca artikel dari architectaria.com melalui email).

No Comments Yet.

Leave a Comment