Outdoor Storage, Ketika Tak Ada Tempat Tersisa di dalam Rumah

outdoor storage_1

Outdoor storage, tempat menyimpan peralatan berkebun, peralatan bersih – bersih, outdoor furnitur, dan benda – benda tidak terpakai di luar rumah.

Terlalu banyak menyimpan benda di dalam rumah mengakibatkan area rumah menjadi penuh dan sesak. Namun, mengeluarkannya begitu saja tentu bukan hal yang mudah, mengingat benda – benda tersebut masih dibutuhkan dan masih berfungsi dengan baik, hanya saja penggunaannya tidak terlalu sering. Solusinya, mau tak mau Anda mesti menyediakan tempat penyimpanan khusus.

Jika area dalam rumah sudah terlalu penuh, outdoor atau area luar rumah juga bisa menjadi ruang penyimpanan peralatan berkebun, peralatan bersih – bersih, outdoor furnitur, dan benda – benda tidak terpakai di luar rumah. Cermati hal – hal berikut ini sebelum membangun outdoor storage.

Tentukan benda – benda apa saja yang perlu disimpan di outdoor storage

Dengan memperhatikan kebutuhan Anda, Anda perlu mempertimbangkan benda – benda apa saja yang perlu disimpan di outdoor storage sebelum membangun outdoor storage. Apakah Anda akan memanfaatkannya untuk menyimpan benda – benda yang berukuran sedang seperti peralatan berkebun, gunting rumput, alat pemotong rumput dan cangkul, atau Anda juga akan menempatkan benda – benda berukuran besar, misal aquarium bekas, ATV, kursi bekas, meja usang, dll. Kebutuhan akan area penyimpanan akan membantu Anda memperkirakan ukuran ruang penyimpanan outdoor yang akan Anda bangun.

Perlukah memasang lampu dan instalasi listrik di tempat penyimpanan luar rumah?

Jika tempat cukup lebar dan banyak benda – benda penting yang ditempatkan di sana, ada baiknya Anda memasang instalasi listrik sekaligus memasang penerangan. Namun jika ukuran outdoor storage tak terlalu besar, maka pemasangan instalasi listrik serta lampu bisa dikesampingkan.

Gudang, garden shed, storage bench atau outdoor storage closet?

Gudang, garden shed, outdoor storage closet, maupun storage bench, keempatnya merupakan tempat penyimpanan yang lokasinya terpisah dari rumah / bangunan utama. Tak heran, keempat tempat penyimpanan tersebut kerap dikategorikan sebagai outdoor storage. Fungsinya sama saja, hanya ukuran dan daya tampungnya saja yang berbeda.

  • Gudang

Gudang merupakan sebuah area yang menyerupai kamar atau bilik, namun lokasinya terpisah dari bangunan utama. Bentuknya bisa menyerupai bangunan semi permanen, dan kadang hanya terbuat dari konstruksi sederhana. Gudang biasa digunakan untuk menampung barang – barang, baik yang masih terpakai maupun sudah tak terpakai. Gudang kerap digunakan untuk menyimpan furnitur usang, alat pembersih, barang elektronik usang, alat – alat olahraga, alat berkebun, dan sebagainya.

Karena ukurannya yang cukup besar dan banyaknya barang yang disimpan di sini, gudang memerlukan pemasangan instalasi listrik dan pencahayaan sederhana agar ruangan lebih terang. Selain itu, perlu adanya ventilasi udara yang baik, sehingga kondisi dalam ruangan menjadi tak terlalu lembab.

  • Garden shed

Sementara itu, garden shed merupakan outdoor storage yang hampir sama dengan gudang. Namun, garden shed hanya difungsikan untuk menyimpan dan menempatkan alat – alat berkebun. Untuk itu, lokasinya pun tak jauh dari taman, halaman, atau kebun di sekitar rumah. Ukurannya jauh lebih kecil dari gudang. Karena itu, garden shed tidak terlalu memerlukan instalasi listrik maupun pencahayaan di dalamnya. Garden shed bisa berperan sebagai titik fokal di area luar rumah, tentunya dengan mendesain sebuah garden shed yang stylish dan terlihat match dengan konsep rumah.

  • Storage bench

Storage bench, sesuai namanya, benda ini merupakan furnitur yang memiliki dual fungsi, sebagai bangku taman sekaligus sebagai tempat penyimpanan outdoor. Storage bench memiliki bentuk layaknya kursi atau bangku panjang biasa, namun di bagian bawah dudukannya terdapat area yang lapang yang bisa dimanfaatkan untuk menyimpan benda atau peralatan yang lebih kecil. Misalnya, kita bisa menyimpan mainan anak, pot usang, atau gunting rumput.

Untuk menciptakan area penyimpanan yang lebih banyak, Anda bisa menyediakan satu set storage bench, yang tak hanya berperan sebagai outdoor furnitur saja, tapi juga outdoor storage. Agar terlihat lebih chic, Anda bisa mengkombinasikan dengan meja dan patio yang selaras. Letakkan di sudut strategis, maka satu set storage bench inipun bisa menjadi titik fokal di taman / halaman rumah Anda.

outdoor storage_2

Gudang Penyimpanan diluar Rumah (Outdoor Storage)

  • Outdoor storage closet

Outdoor storage closet biasanya hanya berupa sebuah lemari kecil, yang ukurannya bisa menyesuaikan space yang ada. Tempat penyimpanan outdoor ini bisa dibuat sendiri, dengan menggunakan kayu, paku, dan beberapa peralatan pertukangan. Desainnya cukup sederhana, bahkan kadang outdoor storage closet tidak memiliki pintu, yang ada hanya sebuah lemari berbentuk kotak dengan bukaan kecil di bagian atas atau sampingnya.

Area penyimpanan ini kerap digunakan untuk menyimpan batu bara dan kayu/ ranting (yang bisa digunakan untuk BBQ atau perapian), atau untuk menyimpan/menimbun sampah yang tengah dijadikan kompos. Tentunya, keberadaan outdoor storage closet akan menjadi sangat berguna mengingat penyimpanan kompos, batu bara, maupun kayu adalah hal yang mustahil dilakukan di dalam area rumah.

Selamat mencoba 🙂

..

architectaria.com | Arsitek, Desain Interior, General Contractor

(Jika anda menganggap artikel ini bermanfaat, jika anda menikmati membaca artikel-artikel di web ini, anda dapat berlanggangan untuk membaca artikel ini melalui email. Silahkan klik DISINI jika anda ingin berlangganan membaca artikel dari architectaria.com melalui email).

No Comments Yet.

Leave a Comment