Musim Kemarau Tiba, Saatnya Mengupgrade Patio Anda (Bagian I)

kursi dan meja patio

10 hal yang patut disediakan untuk mempercantik tampilan Patio agar nampak seperti baru.

Ketika sudah memasuki musim kemarau, maka cuaca harian cenderung panas dan jarang terjadi hujan. Cuaca yang baik ini sangat cocok untuk dinikmati dengan banyak melakukan aktifitas di luar ruangan. Untuk mewujudkan hal ini, tentunya keberadaan Patio berperan penting dalam mendukung aktifitas di luar ruangan kita bersama keluarga. Patio kerap digunakan sebagai area bersantai, menikmati makan siang, atau mengadakan acara barbeque bersama rekan – rekan.

Untuk itu, sebelum banyak melakukan aktifitas – aktifitas yang menyenangkan selama musim kemarau ini, sebaiknya perhatikan kondisi Patio Anda, apakah kondisinya masih layak dan kokoh atau tidak, mengingat lokasinya yang selalu berada di luar ruangan. Bila Anda melihat tampilan Patio Anda sudah terlihat kusam, tentunya Anda menginginkan adanya sedikit perubahan pada tampilannya, sebab Anda akan mengundang kolega Anda untuk acara – acara yang memanfaatkan area luar ruangan. Untuk memberikan sedikit warna baru Pada patio, Anda tak perlu khawatir jika nantinya akan menyita banyak budget Anda.

kursi kayu untuk patio

Furniture Kayu Untuk Patio

Anda bisa tetap mempercantik Patio dan melengkapinya dengan elemen – elemen yang menarik tanpa mengeluarkan budget yang terlalu berlebihan. Maka, sempatkan waktu sejenak untuk mengupgrade patio Anda dengan banyak berespkerimen melalui penggunaan kain, pencahayaan, outdoor furnitur, dan cat semprot. Mau tahu apalagi yang Anda butuhkan untuk mengupgrade tampilan Patio di rumah Anda? Berikut ini kami tampilkan 10 tips singkat untuk memperbaiki Patio agar lebih menarik dan lebih nyaman digunakan untuk aktifitas – aktifitas luar ruangan. Tips tersebut akan kami tampilkan dalam 2 edisi.

1. Karpet / Alas Lantai

Mungkin Anda berfikir sepertinya kurang lazim mengaplikasikan penggunaan karpet / alas untuk lantai pada Patio. Padahal, hal ini boleh – boleh saja dan lumrah digunakan, terlebih bila Anda ingin menciptakan kesan yang lebih intim dan eksklusif pada Patio Anda. Dengan menggunakan karpet, tentunya tampilan patio ini akan semakin menarik. Namun, perlu dipertmbangkan mengenai bahan, warna, serta moif dari karpet tersebut. Pilih karpet dengan ukuran yang sedikit tebal, dengan pola – pola yang besar dan warna yang cenderung gelap. Hindari warna – warna terang atau warna pucat karena bila terdapat debu, maka akan dengan mudah terlihat. Warna gelap lebih tepat mengingat karpet ini akan diletakkan di area luar ruangan. Untuk bahannya, Anda bisa memilih bahan serat yang sedikit kasar.

Bila Anda tak ingin repot – repot menambahkan karpet pada Patio Anda, Anda bisa membuat alas Patio yang lebih permanen, misalnya lantai kayu, semen, atau batu – batuan alam. Penggunaan alas Patio tersebut akan lebih mengesankan nunasa alami serta lebih tahan terhadap segala cuaca. Namun, untuk menambahkan alas lantai untuk Patio ini mungkin memerlukan biaya yang lebih besar dibandingkan hanya menambahkan karpet.

pencahayaan patio

Pencahayaan Untuk Patio

2. Pencahayaan yang mampu mengatur mood/suasana hati

Di kala langit cerah dengan banyaknya bintang – bintang bertaburan yang terlihat jelas, pastinya Anda tak ingin melewatkan hal tersebut dan ingin langsung berada di luar ruangan untuk menikmatiknya. Keberadaan Patio bisa sangat membantu Anda untuk menikmati Patio ini. Namun, Patio saja tidak cukup. Anda masih membutuhkan pencahayaan tambahan.

Bila Anda ingin menikmati momen ini bersama pasangan, agar dapat tercipta suasana yang tenang dan romantis tentunya diperlukan pencahayaan buatan yang dapat mendukung suasana. Maka, Anda bisa mengandalkan lampu bistro yang didesain khusus untuk pencahayaan luar ruangan. Cara memasangnya cukup mudah, pertama Anda perlu mengaitkan tali antara satu pohon dengan pohon yang lain, atau antara pohon dengan pojokan patio. Gantungkan lampu bistro tersebut di tali yang sudah disediakan.

Selain lampu bistro, Anda bisa mengandalkan pencahayaan dari obor Tiki. Namun, berbeda dengan lampu bistro yang dibuat untuk menciptakan suasana romantis, Obor Tiki ini justru dapat menciptakan suasana yang meriah di malam hari. Tempatkan obor – obor kecil ini di tepi – tepi patio, atau di area dekat dengan pot tanaman / pohon. Bisa juga Anda meletakkan beberapa obor – obor ini di kolam yang ada di samping Patio. Bila Anda kesulitan menemukan pencahayaan jenis ini, Anda bisa menggantinya dengan lilin – lilin dan tempatkan di seputar kolam di dekat Patio.

Kesimpulannya, apapun pencahayaan yang Anda pilih, sebaiknya hindari penggunaan lampu taman yang terlalu dominan, dengan ukuran besar nyala dan yang cukup terang. Sebab, hal ini justru dapat merusak suasana.

modern patio

Meja, Kursi dan Bantalan Kursi untuk Patio

3. Bantal, kursi taman, dan taplak meja

Satu set bantal, kursi taman, dan meja yang dilengkapi dengan taplak yang cantik bisa menambah kenyamanan Anda untuk duduk di Patio dan menikmati suasana luar. Agar terlihat lebih cantik, Anda bisa menggunakan sarung bantal dan taplak meja dengan motif dan warna yang senada, sehingga meja dan kursi akan terlihat lebih menyatu. Tapi, cukup letakkan bantal dan taplak meja ini beberapa jam sebelum diadakan acara di luar ruangan, agar benda – benda tersebut tidak kotor dan terkena debu.

Bersambung..

Selamat mencoba 🙂

..

Architectaria – Arsitek dan Perencana

(Jika anda menganggap artikel ini bermanfaat, jika anda menikmati membaca artikel-artikel di web ini, anda dapat berlanggangan untuk membaca artikel ini melalui email. Silahkan klik DISINI jika anda ingin berlangganan membaca artikel dari architectaria.com melalui email).

No Comments Yet.

Leave a Comment