Merubah Ukuran Ruangan Dengan Menggunakan Warna

Black Bedroom WallApakah anda ingin menurunkan ceiling/plafond diruangan anda, tanpa harus mempekerjakan tukang bangunan?
Kalau begitu jangan pekerjakan tukang bangunan, dan sebagai gantinya pekerjakanlah seorang tukang cat.

Dengan mengecat langit-langit diruangan anda dengan warna gelap, secara otomatis anda akan melihat plafond/ceiling (langit-langit) terkesan menjadi lebih rendah.

Sebaliknya jika anda ingin membuat langit-langit tampak lebih tinggi, warnai dengan warna light atau terang.. lebih putih!

Kelihatannya trik ini sangat sederhana kan? Ya.. kenyataannya memang begitu.

Secara umum untuk membuat bidang dinding terkesan lebih dekat kearahmu, warnai bidang dinding tersebut dengan warna gelap.

Jika anda memiliki ruangan berbentuk rectangular (persegi panjang) dan anda ingin membuatnya terkesan berbentuk square (persegi empat), pada ujung dinding berukuran kecil/pendek anda cat dengan warna gelap.  Sementara untuk dinding berukuran panjang anda cat dengan warna terang. Cara ini akan membuat ukuran ruangan tampak lebih simetris.

Jika anda ingin menciptakan ruangan yang nyaman, pilihlah warna-warna gelap yang hangat. Hal ini akan membuat suasana/kesan ruangan terasa hangat dan warna gelap akan menghadirkan suasana yang intim didalam ruangan tersebut. Jika anda tidak percaya, coba lapisi dinding ruangan anda dengan warna dark pink atau dark grey, kemudian switch lampu diruangan tersebut menjadi redup atau bila perlu atur intesnitas cahaya pada level 20 – 30%. Anda akan membuktikan bahwa apa yang saya tuliskan adalah benar.

Untuk membuat ruangan yang lapang dan terkesan terbuka, warna putih atau warna-warna light adalah pilihan terbaik, karena warna putih akan memantulkan cahaya sehingga membuat ukuran ruangan akan tampak lebih besar dan lebar.

Ternyata untuk merubah persepsi dan ukuran ruangan tidak terlalu sulit yah? Cukup dengan permainan warna.

..

Architectaria – Arsitek dan Perencana

(Jika anda menganggap artikel ini bermanfaat, jika anda menikmati membaca artikel-artikel di web ini, anda dapat berlanggangan untuk membaca artikel ini melalui email. Silahkan klik DISINI jika anda ingin berlangganan membaca artikel dari architectaria.com melalui email).

9 Comments

  1. Rani

    Pikiran yang bagus. Untuk menciptakan kesan atau suasan yang berbeda kita memnag bisa menggunakan teknik pewarnaan dan pencahayaan. Terus berkarya mas.

  2. Tari

    Tips yang gampang untuk diterapkan.. kami tunggu tips-tips desain interior dari mas aria.

    Regards,

    T a r i

  3. rms

    emang sih.. warna dinding atau plafon bisa membuat ruang jadi berbeda dalam waktu singkat

  4. nana

    beli furniture kayak di foto atas dimana yach ?

  5. ronald

    bener mas, warna akan sangat berpengaruh pada feeling kita. aku kini jadi lebih enjoy, comfort dan kerasan di rumah karena warna yang kami pilih pas gitu. kini lagi surfing cari warna untuk ruang tamu, kamr kerja, kamar tidur utama yang sedang direhab kecil2an gitu, mas. asyik juga deh bereksperiment cari paduan warna lantai, dinding, dan plafon. kayak ahli gitu heh hehe… makasih mas aria. sukses selalu. GBU altimes.

  6. Vipthi

    Bagaimana dengan lantainya yang setegah putih setegah lagi hitam? makasih

  7. This is amongst the most outstanding blogs Ive search through in the extremely lengthy time. The amount of information in we have found stunning, like you practically wrote the book from the topic. Your weblog is wonderful for any individual who wishes to celebrate this topic far much more. Fantastic things; please keep it up!

  8. Elisha Molone

    Hi there, I found your weblog through Google although looking for first assist for a coronary heart assault and your post
    looks pretty fascinating for me.

  9. Rina

    Ruang tamu sy ukuran 3 1/5×4 1/5 m, ruang keluarga 3 1/5x5m ruang makan dapur sama ruang santai menyatu, sy mau mengecat ulang dan memberi kesan ruang yg berbeda skalian mau ditambah walpaper disetiap ruangan 1 dinding aja, tp saya bingung warna apa yg cocok utk smua ruangan itu, tlg dibantu ya, sy tgu blasannya, tks.

Leave a Comment