Menghilangkan Bau Yang Tidak Sedap Di Dalam Rumah Anda

menghilangkan-bau-cat-dirumah-1

Tips desain interior rumah – Informasi bagaimana cara menghilangkan bau yang tidak sedap di dalam rumah yang dapat menganggu kenyamanan Anda.

Bau yang tidak sedap tentu saja sangat mengganggu Anda saat berada di dalam rumah. Karena rumah dijadikan tempat untuk beristirahat dan menghabiskan waktu bersama keluarga, tentunya Anda harus tetap menjaga kebersihan rumah agar tidak timbul bau yang tidak di inginkan. Banyak hal yang menyebabkan bau tidak sedap di dalam rumah Anda seperti sampah basah yang dibiarkan beberapa hari, bau kotoran hewan peliharaan yang tersembunyi atau asap yang berasal dari dapur dan juga ruangan lembab yang menimbulkan jamur.

Kotoran tersebut bila tidak segera diatasi akan menembus ke dalam dinding, karpet dan furnitur yang berada didalam rumah. Ada bebrapa cara sederhana yang bisa Anda lakukan untuk mencegah dan menghilangkan bau tak sedap yang dapat menganggu kenyaman Anda.

A. Tips umum menghilangkan bau yang tidak sedap pada ruangan

  • Bukalah jendela setiap ruangan yang ada di rumah Anda.

Hal yang menyenangkan ketika Anda berada didalam rumah adalah menghirup udara yang segar yang bebas dari segala bau yang tidak sedap. Kapanpun jika memungkinkan, bukalah jendela yang  ada dirumah Anda agar aliran udara dapat berganti sehingga udara didalam ruangan tidak terasa pengap.

Dengan membuka jendela, Anda dapat menghilangkan bau yang tidak sedap di dalam rumah seperti bau dari asap rokok atau bau asap ketika Anda sedang memasak.

  • Rajinlah menggunakan penyedot debu

Pembersihan secara teratur menggunakan penyedot debu akan mengurangi bau yang tidak sedap di dalam rumah. Anda dapat menambahkan pengharum atau baking soda pada karpet untuk menghilangkan bau membandel.

Taburkan baking soda pada seluruh permukaan karpet lalu kemudian gunakan penyedit debu untuk menyerap kotoran yang berada di permukaan karpet.

  • Rajinlah membersihkan permukaan furnitur

Membersihkan permukaan yang keras sangat penting untuk dilakukan. Cat mengkilat, lantai yang keras, permukaan meja konter harus dibersihkan agar tidak ada kotoran yang menempel yang akan menimbulkan bau yang tidak sedap.

Bersihkanlah permukaan benda-beda tersebut dengan kain halus yang dibasahi dan diberi sabun agar kotoran di permukaan tidak tersisa.

Untuk area dimana bau tak sedap begitu menyengat seperi dapur dan kamar mandi, Anda harus melakukan usaha berlebih seperti membeli sabun pembersih dengan formula khusus yang dapat menghilangkan kotoran dan bau yang menyengat.

  • Gantilah filter pada pendingin ruangan untuk meningkatkan kualitas udara

Jika ruangan di rumah Anda memiliki pendingin ruangan, pastikan bahwa filter atau penyarung udara didalmnya di bersihkan dan diganti secara berkala agar lebih efisien dan dapat meningkatkan kualitas udara.

Tidak hanya dari pendingin ruangan, Anda juga harus mengganti filter pada penyedot debu agar kotoran didalamnya tidak tersisa.

  • Mengecat ulang dinding

Ketika Anda sudah berusaha sekuat tenaga namun sepertinya tidak memberikan hasil, mungkin saatnya bagi Anda untuk sedikit memperbaharui tampilan ruangan.

Dengan mengecat dinding dengan warna baru mungkin saja Anda dapat menghilangkan bau yang tidak sedap yang berasal dinding yang lembab dengan cat yang sudah mulai memudar.

menghilangkan-bau-cat-dirumah-2

Desain Interior dan Proses Pemilihan Warna Cat Dinding Rumah

B. Tips menghilangkan bau berdasarkan ruangan

  • Ruang tamu dan kamar tidur

Ruang tamu dan kamar tidur sebenarnya lebih mudah untuk dibersihkan dan dirapikan sehingga bau tak sedap dapat di minimalisir. Dengan membersihkan debu dengan vacuum cleaner secara teratur, Anda dapat menghilangkan bau tidak sedap.

Jika kebetulan ada anggota keluarga Anda yang merupakan perokok aktif, perbanyaklah ventilasi pada setiap ruangan atau bukalah jendela yang ada agar udara tidak pengap oleh banyaknya asap rokok.

  • Ruang dapur

Dapur merupakan ruangan yang sangat sering disinggahi seluruh anggota keluarga. Karena daput digunakan sebagai tempat untuk memasak tidak heran bila bau tidak sedap dapat terperangkap diruangan dapur jika tidak dibersihkan dengan menyeluruh.

Sisa minyak yang menempel di dekat kompor atau sisa makanan ketika memasak yang menempel pada dinding akan menyebabkan bau yang tidak sedap. Untuk itu, Anda harus menjaga kebersihan ketika memasak dengan membersihkan permukaan meja konter dengan lap basah.

  • Kamar mandi

Karena kelembaban yang berlebihan di kamar mandi, terkadang daoat menimbulkan berkembangnya jamur yang tentunya menimbulkan bau yang tidak sedap. Kamar mandi juga harus memiliki ventlasi yang cukup sehingga sirkulasi udara tetap lancar dan bau yang tidak sedap tidak akan menyebar.

Jangan lupa untuk membersihkan toilet yang biasanya menjadi sumber bau apabila tidak dibersihkan dengan teliti. Dinding kamar mandi juga merupakan sumber bau apalagi jika dibiarkan terus lembab. Untuk itu, sesekali Anda harus menggunakan sponge untuk membersihkan dinding kamar mandi agar tidak lembab.

Banyak pemilik rumah yang memelihara hewan dan memilih agar hewan peliharaan mereka seperti kucing untuk buang air di dalam kamar mandi.

Bau kotoran hewan tentu lebih menyengat sehingga Anda harus menyiramnya dengan sempurna. Beililah penyemprot ruangan otomatis yang akan menyegarkan bau udara di dalam kamar mandi dan ruangan lainnya.

Selamat mencoba 🙂

..

architectaria.com | Arsitek, Desain Interior, General Contractor

Untuk Anda yang berada diwilayah JABODETABEK dan membutuhkan jasa arsitek, desain interior dan jasa kontraktor untuk membangun/merenovasi rumah, silahkan menghubungi kami melalui nomor: 081229400888, 087710400888, 021-83836281, atau 0251-8386706 (Bogor).

(Jika Anda menganggap artikel ini bermanfaat, dan menikmati membaca artikel-artikel di web ini, Anda dapat berlanggangan untuk membaca artikel ini melalui email. Silahkan klik DISINI jika Anda ingin berlangganan membaca artikel dari architectaria.com melalui email).

1 Comment

  1. ahmad abdullah

    mohon dikirimkan contoh desain ruangan untuk toko buku sekaligus kantor pada luas ruangan :L=3,5m. P= 7m

Leave a Comment