Menghadirkan Tanaman dan Aspek Lain pada Taman untuk Menarik Perhatian Binatang Liar

taman dan kupu-kupu_1

Tips dalam memilih jenis tanaman dan cara mengatur taman dirumah agar taman disinggahi oleh binatang.

Salah satu landasan memiliki taman di rumah yakni untuk mendapatkan nuansa segar dari tanaman yang tumbuh di aman tersebut. Juga, taman menyediakan space untuk kegiatan outdoor jika kita jenuh beraktifitas di dalam rumah. Ada satu hal lagi yang juga bisa kita peroleh dengan adanya taman di rumah, yakni kesempatan untuk menyaksikan hewan – hewan liar yang singgah di taman tersebut. Hewan – hewan liar itu bisa saja singgah sebentar, atau bahkan tinggal dalam jangka waktu yang lama dan membangun sarang di pohon.

Beberapa hewan – hewan seperti burung dara, burung kolibri, kupu – kupu, belalang, jangkrik, katak, kunang – kunang dan capung merupakan jenis binatan liar yang kerap singgah di taman. Beberapa binatang tersebut selain menciptakan nuansa nyaman pada taman, juga bisa membantu proses penyerbukan sari bunga, sehingga tumbuhan dapat berkembang sebagaimana mestinya. Tak heran, keberadaan mereka sangat dibutuhkan untuk menjaga harmoni alam.

Untuk itu, tak ada salahnya kita menyediakan area bagi mereka untuk singgah dengan menanam tanaman yang bisa menarik perhatian mereka. Jenis tanaman yang mengandung biji – bijian, buah, dan madu biasanya cukup menarik perhatian mereka. Di samping itu, ada hal – hal lain yang perlu Anda perhatikan. Apa sajakah itu?

Tanaman yang bisa menarik perhatian burung

Ketika ingin menarik perhatian hewan liar, pastikan hewan liar seperti apa yang ingin Anda hadirkan pada taman. Jika Anda ingin menghadirkan burung – burung liar, pastikan Anda menanam pohon – pohon dengan batang yang cukup besar dan daun yang lebat, yang bentuknya menyerupai kanopi, sehingga burung – burung bisa bertengger di dahan dan rantingnya. Pohon – pohon yang besar ini juga bisa menjadi area untuk membangun sarang bagi burung liar. Beberapa jenis pohon yang menarik perhatian burung liar antara lain pohon mahoni, ek, cemara, dan cedar. Anda bisa menempatkan birdfeeder, dan beri biji – bijian atau buah secara rutin untuk menarik perhatian mereka. Atau, Anda bisa menambahkan tanaman yang menghasilkan biji – bijian, misalnya bunga matahari, sehingga mereka bisa mengambilnya untuk dimakan.

Cara menarik perhatian capung, jangkrik, kunang – kunang dan belalang pada taman

Agar jangkrik, capung, dan belalang mau singgah di taman Anda untuk melengkapi ekosistem taman tersebut, pastikan Anda menyediakan area khusus untuk ditanamai rumput – rumput yang tinggi. Binatang – binatang tersebut senang berada di area rerumputan yang rimbun, sehingga keberadaan mereka sedikit tersamarkan. Khusus untuk jangkrik, menghadirkan hewan ini ke taman sungguh sebuah sensasi tersendiri. Suara jangkrik yang nyaring di malam hari mampu memberikan nuansa tenang. Namun, biasanya jangkrik tidak akan berbunyi bila ditempatkan di area yang terang. Untuk itu, sebaiknya pastikan area rerumputan ini berada jauh dari lampu taman.

Kunang – kunang merupakan hewan yang sudah sangat langka dan sulit ditemui di perkotaan. Bahkan di pedesaan sekalipun, jumlah kunang – kunang semakin berkurang. Banyak yang mengatakan bahwa kunang – kunang tidak lagi banyak karena tak mampu menyaingi sinar lampu yang sudah semakin banyak. Selain itu, minimnya kunang – kunang bisa menjadi indikator kondisi udara yang tak lagi bersih. Maka jika Anda ingin coba mengundang kunang – kunang untuk singgah di taman Anda, coba atur agar taman menjadi minim pencahayaan. Atur agar jarak taman tak terlalu dekat dengan rumah, baik rumah Anda sendiri maupun rumah tetangga.

taman dan kupu-kupu_2

Taman dengan Kupu-Kupu

Cara untuk menarik perhatian kupu – kupu dan burung kolibri

Kupu – kupu dan burung kolibri merupakan hewan pemakan madu atau cairan manis yang diproduksi bunga. Maka dari itu, untuk menarik perhatian mereka, tanam tumbuhan bunga sebanyak mungkin pada taman. Pastikan juga bunga – bunga tersebut memiliki warna yang cerah dan ukuran yang cukup besar, seperti bunga anggrek, mawar, aster, bunga sepatu, hingga bouenville. Niscaya, kupu – kupu dan kolibri sudi mampir di taman Anda dan memeriahkan ekosistem di taman tersebut.

Menarik perhatian katak

Katak atau kodok termasuk hewan yang suka akan tempat yang lembab. Selain itu, ia senang bersembunyi di rerumputan atau semak – semak yang dekat dengan kubangan atau kolam guna memangsa nyamuk. Maka, Anda bisa membuat sebuah kolam kecil, lalu tempatkan rerumputan atau semak – semak di sekitar kolam tersebut sehingga, katak – katak tersebut mau mendiami kolam tersebut. Katak – katak tersebut juga turut membantu Anda membasmi nyamuk. Di tambah lagi, di musim hujan katak biasanya akan mengeluarkan suara – suara yang bersahut – sahutan, sehingga menciptakan orkestra alam yang luar biasa.

Menarik perhatian mamalia

Menarik perhatian mamalia, misalnya monyet, musang atau tupai liar hanya mungkin dilakukan jika taman di rumah Anda berada tak jauh dari area hutan atau area perkebunan. Di tempat – tempat tersebut keberadaan mereka masih sering dijumpai. Anda cukup menempatkan tumbuhan yang berbuah, misalnya tumbuhan mangga, pisang, rambutan, dll. Niscaya hal tersebut mampu menarik perhatian monyet, musang, atau tupai liar untuk singgah di taman Anda.

Selamat mencoba 🙂

..

architectaria.com | Arsitek, Desain Interior, General Contractor

(Jika anda menganggap artikel ini bermanfaat, jika anda menikmati membaca artikel-artikel di web ini, anda dapat berlanggangan untuk membaca artikel ini melalui email. Silahkan klik DISINI jika anda ingin berlangganan membaca artikel dari architectaria.com melalui email).

No Comments Yet.

Leave a Comment