Menghadirkan Kesegaran Air Dirumah Anda

Tips untuk menghadirkan unsur air dirumah melalui air terjun, air mancur, water fountain dan kolam ikan agar tampilan rumah menjadi lebih segar dan alami.

Kehidupan perkotaan yang identik dengan kesibukan dan tingkat ketegangan tinggi adalah salah satu pendorong munculnya konsep tata rumah kembali ke alam. Pasalnya, keinginan untuk mendapatkan ketenangan dan relaksasi setelah seharian beraktivitas menjadi kebutuhan yang tak terelakkan.

Salah satu cara untuk menghadirkannya adalah menggunakan unsur air disekitar atau didalam rumah sebagai salah satu unsur dasar yang biasa digunakan untuk konsep tata ruang tersebut. Air dipercaya sebagai unsur kedamaian dan melalui suaranya yang gemericik, air menjadi salah satu cara terapi pikiran dan jiwa. Tak hanya itu, menurut kacamata fengshui, rima air juga dipercaya dapat mendatangkan kesuksesan bagi penghuninya.

Berbicara mengenai elemen air dalam desain  interior rumah, terdapat tiga cara yang dapat dilakukan, yaitu: air terjun, air mancur, water fountain dan akuarium ikan.

Air terjun di dalam rumah bisa dihadirkan dengan cara menempelkannya di dinding dan membuat kolam ikan di bagian bawahnya. Pastikan bahwa suara air yang keluar tidak terlalu keras, karena unsur ketenangan yang diinginkan justru tidak tercapai dan hanya membuat suasana rumah semakin ribut. Sesuaikanlah pula besar kecilnya lahan dengan besar air terjun buatan ini.

Unsur batu, baik melalui teknik pengecatan maupun bahan yang digunakan yang identik dengan pembuatan air terjun ini merupakan salah satu nilai tambah untuk mengentalkan kesan alam dalam rumah.

Sementara itu, air mancur dan water fountain lebih berguna untuk diterapkan pada rumah mungil di mana lahan yang tersisa tidak terlalu banyak, walaupun tidak tertutup kemungkinan juga digunakan untuk rumah yang memiliki area cukup besar. Tak hanya mampu menenangkan jiwa, kehadiran air mancur di sudut ruangan juga bisa menambah keanggunan dalam tata rumah. Anda dengan bentuk dan desainnya yang indah.

Bila selama ini akuarium ikan lebih dilekatkan dengan hobi, ternyata ada banyak keuntungan lain dengan menghadirkannya ke dalam ruangan. Selain dijadikan sebagai salah satu titik pusat dalam sebuah ruangan, suara air yang berasal dari penyaring udara di akuarium bisa memberikan sensasi tersendiri untuk menghadirkan nuansa alam. Ditambah lagi dengan warna-warni ikan yang beragam dan penggunaan cahaya yang tepat di akuarium dapat menyegarkan mata dan menjadi tempat alternative untuk menenangkan diri.

Ketiga bentuk tersebut bisa diaplikasikan untuk segala jenis gaya rumah, mulai dari tradisional hingga modern, asalkan tetap mengutamakan keserasian dengan dekorasi ruangan. Bahkan memadukan ketiganya dalam rumah juga tidak masalah, selagi lahan tersedia luas.

Artikel lain yang berkaitan : Air Terjun dan Fountain Untuk Taman di Rumah Yang Mungil

Selamat mencoba :)

..

architectaria.com | Arsitek, Desain Interior, General Contractor

(Jika anda menganggap artikel ini bermanfaat, jika anda menikmati membaca artikel-artikel di web ini, anda dapat berlanggangan untuk membaca artikel ini melalui email. Silahkan klik DISINI jika anda ingin berlangganan membaca artikel dari architectaria.com melalui email).

7 Comments

  1. gresi

    pak Ari, kantor kami ingin sekali membeli fountain seperti gb. bapak tersebut, mohon infonya segera.

  2. giel

    ada design2 unik di saya bos….. boleh ambil…

  3. Salena Titcomb

    You made some nice points there. I looked on the internet for the subject and found most persons will go along with with your blog.

  4. I want to point out my respect for your generosity for all those that have the need for help with your subject. Your very own dedication to passing the solution throughout had become rather productive and have surely made individuals just like me to achieve their ambitions. The helpful facts implies much to me and far more to my fellow workers. Thanks a ton; from all of us.

  5. aik soraya

    Jendela kaca di padukan dengan air,biar tambah sjuk…. buatnya gimana.?.. sblumnya Thank’ss.

  6. Informasi yang menarik gan, salam sukses gan :)

    • @Taman,

      Thanks.. good luck buat palem raja nya yah :)

      regards,

      Aria

Leave a Comment