Mengenal Atap Rumah – Berbagai Jenis Desain Atap dan Bahan Penyusunnya

Atap rumah merupakan bagian dari bangunan yang befungsi sebagai penutup/pelindung bangunan dari panas terik matahari dan hujan sehingga memberikan kenyamanan bagi pengguna bangunan. Atap rumah merupakan bagian penting pada konstruksi bangunan rumah karena berada diatas untuk menutupi seluruh bagian bangunan.

Konstruksi atau struktur atap pada umumnya terdiri dari tiga bagian utama yaitu : struktur penutup atap, gording dan rangka kuda-kuda. Penutup atap akan didukung oleh struktur rangka atap, yang terdiri dari kuda-kuda, gording, usuk dan reng. Beban-beban atap akan diteruskan ke dalam fondasi melalui kolom dan atau balok.

Struktur atap pada umumnya dibuat dengan mengikuti atau menyesuaikan dengan denah atau bentuk keseluruhan bangunan (desain atap rumah). Jika rumah terdiri atas 2 lantai, struktur atap dibuat mengikuti denah/layout rumah pada lantai 2.

Desain Atap

Ada beberapa bentuk desain atap rumah yang dapat digunakan sebagai referensi ketika anda akan membangun rumah, antara lain:

1. Bentuk Atap Pelana
Atap ini merupakan bentuk atap rumah yang dianggap paling aman karena pemeliharaannya mudah dalam hal mendeteksi apabila terjadi kebocoran. Atap pelana terdiri atas dua bidang miring yang ujung atasnya bertemu pada satu garis lurus yang biasa kita sebut bubungan. Sudut kemiringan antara 30 s/d 45 derajat.

2. Bentuk Atap Perisai (Limasan)
Bentuk atap ini penyempurnaan dari bentuk atap pelana, yang terdiri atas dua bidang atap miring yang berbentuk trapezium. Dua bidang atapnya berbentuk segi tiga dengan kemiringan yang biasanya sama.

3. Bentuk Atap Kombinasi Pelana+Perisai
Bentuk atap ini adalah kombinasi atau gabungan dari atap jenis pelana dan perisai (limasan). Ada yang juga menyebut jenis atap ini sebagai atap tenda patah atau atap joglo.

4. Bentuk Atap Datar
Modelnya bidang datar memanjang horizontal biasanya dipakai untuk atap teras. Atau bahkan digunakan untuk membuat taman di atas rumah. Atap bentuk ini paling susah perawatannya terutama dalam masalah mendeteksi kebocoran. Yang perlu diperhatikan dalam merencana atap ini adalah memperhitungkan ruang sirkulasi udara di bawahnya supaya suhu ruangan tidak terlalu panas.

5. Bentuk Atap Sandar
Atap sandar atau yang biasa disebut atap tempel karena bagian tepi atasnya bersandar atau menempel pada dinding bangunan (kantilever). Bangunan dengan atap rumah sandar umumnya adalah atap pada bangunan tambahan.

Jenis Dan Bahan Penutup Atap

Ada sejumlah bahan dan jenis yang biasanya digunakan untuk material penutup atap rumah. Dalam memilih berbagai jenis material penutup atap, sebaiknya disesuaikan dengan fungsi, desain rumah, serta kondisi Anda.

Bahan-bahan yang biasa digunakan untuk menutup atap itu antara lain:

a. Genteng.
Genteng adalah salah satu jenis atap rumah yang sering digunaka,genteng sendiri dapat dibedakan berdasarkan bahan baku untuk membuat genteng yaitu tanah liat, beton, metal atau seng, serat fiber semen atau asbes, kaca, bentuk genteng mempunyai berbagai macam variasi yang dapat dipilih sesuai kebutuhan dan selera pemilik rumah.

b. Sirap.
Penutup atap rumah dengan model sirap menggunakan bahan papan kayu dengan ukuran tertentu yang ditata sedemikian rupa sehingga ata rumah dapat berfungsi dengan baik, atap sirap ini mampu menyerap panas matahari dengan baik sehingga membuat rumah menjadi sejuk untuk dihuni, jenis kayu yang baik untuk digunaka sebagai atap sirap adalah kayu ulin karena jenis kayu ini terbilang awet yang dapat bertahan selama puluhan bahkan ratusan tahun, atau dapat juga dari jenis kayu lain yang sudah diawetkan secara sempurna, kendala penggunaan atap sirap ini terletak pada kesulitan dalam memperoleh bahan, harganya mahal dan sulit pada masa perawatan jika ada yang bocor.

c. Rumbia.
Bahan yang dapat digunakan sebagai atap rumah yang selanjutnya adalah rumbia, yaitu jenis penutup atap yang terbuat dari bahan daun yang ditata menjadi sebuah atap rumah, atap rumbia dapat memberikan kesan alami dan tradisional dengan biaya pembangunan yang murah, serta mempunyai berat konstruksi yang ringan, namun atap rumbia tidak dapat bertahan lama dan rawan bocor, jadi memerlukan perawatan khusus.

d. Ijuk.
Ijuk adalah jenis atap yang terbuat dari tanaman aren yang tumbuh diantara pelepahnya, dapat memberikan kesan alami dan kesejukan. Namun kekurangan atap jenis ini adalah sulit dalam penggantian dan rawan bocor pada saat hujan turun.

e. Genteng Aspal.
Genteng aspal dapat digunakan dengan cara pemasangan hampir mirip dengan model atap sirap, genteng aspal dapat menyerap panas matahari dengan baik sehingga membuat rumah menjadi sejuk, namun masih sulit dicari dipasaran dan memerlukan keahlian khusus dalam pemasanganya.

f. Beton Bertulang.
Atap beton bertulang banyak digunakan pada gedung-gedung bertingkat tinggi, dan pada rumah tinggal yang di desain untuk dapat ditingkat dalam waktu yang akan datang atau biasa dIsebut dengan model rumah mengambang atau rumah tumbuh. Konstruksi beton bertulang yang difungsikan sebagai atap pada rumah dan bangunan biasa juga kita kenal sebagai dak beton. Dak beton terbuat dari kombinasi besi dan cor beton. Dak beton banyak digunakan pada banguna rumah modern atau rumah minimalis. Jenis penutup atap ini cukup kuat menahan perubahan cuaca dan konstruksinya pun cukup kuat.

g. Polycarbonate.
Banyak dipilih karena lebih mampu menahan panas karena biasanya dilapisi lapisan ultraviolet dibandingkan fiberglass dan lebih tahan lama (warna tidak cepat pudar). Cahaya dapat diteruskan. Kesan ringan serta transparan juga diperoleh. Mudah ditekuk dan pemasangannya tidak memakan waktu lama (kurang lebih dua hari).

h. PVC (Polyvinyl Chloride).
Banyak digunakan dan posisinya antara fiberglass dan polycarbonate, yaitu lebih tahan lama dibanding fiberglass, tetapi lebih murah dari polycarbonate.

i. Aluminium.
Umumnya yang banyak dipakai adalah produk  Pryda atau Lovera yang memiliki kemudahan serta fleksibilitas karena dapat dibuka dan ditutup dengan mudah. Hanya, harganya relatif tinggi dibandingkan penutup lainnya.

j. Seng (Metal Bergelombang).
Kelebihan jenis atap ini adalah kemudahan dalam pemsasanganya dan tidak memerlukan rangka atap yang terlalu banyak, namun seringkali menimbulkan suara yang berisik disaat hujan turun.

Jenis-Jenis Genteng Untuk Rumah

Berbagai jenis genteng yang umumnya dipergunakan untuk atap rumah antara lain:

a. Genteng Tanah Liat
Material ini umumnya banyak digunakan sebagai genteng rumah. Terbuat dari tanah liat yang dipress dan dibakar. Dalam pemasangannya membutuhkan rangka dan dipasang pada atap yang miring. Sistem pemasangannya saling mengunci dan mengikat atau inter-locking system.

b. Genteng Metal
Genteng ini terbuat dari lembaran mirip seng. Pemasangannya tidak jauh beda dengan genteng tanah liat. Bisa juga ditanam pada gording rangka atap dengan menggunakan skrup. Tersedia ukuran yang bervariasi dengan lebar 600 mm – 1200 mm, dengan ketebalan 0,3 mm dan panjang 1,20 m – 12 m.

Gambar Genteng Rumah

c. Genteng Keramik
Bahan dasar genteng ini adalah keramik tetapi telah mengalami proses finishing glazur. Jenis genteng ini menampilkan kesan modern. Tersedia dalam beragam warna dan ukuran. Genteng ini bertumpu pada rangka kayu dan beton.

d. Genteng Aspal
Bahan material terbuat dari campuran aspal dan bahan kimia lain. Ada yang model datar bertumpu pada multipleks yang menempel pada rangka. Sedangkan Multipleks dan rangka dikaitkan dengan skrup dan genteng aspal dilem ke papan. Sedang model yang bergelombang cukup diskrup pada gording.

e. Genteng Kaca
Pada umumnya genteng kaca dipasang hanya pada bagian tertentu dari atap karena fungsinya sebagai penerangan alami. Seiring dengan berkembangnya dunia desain saat ini genteng kaca banyak diaplikasikan menggunakan kaca datar dengan rangka untuk memberi kesan modern dan minimalis.

Demikianlah artikel tentang berbagai jenis desain atap yang umumnya diaplikasikan dalam konstruksi bangunan gedung dan rumah serta berbagai jenis bahan/material yang dapat digunakan sebagai penutup atap rumah. Dengan mengetahui seluk beluk tentang atap rumah, anda dapat memilih dan mengaplikasikan yang terbaik bagi rumah Anda.

..

Architectaria – Arsitek dan Perencana

(Jika anda menganggap artikel ini bermanfaat, jika anda menikmati membaca artikel-artikel di web ini, anda dapat berlanggangan untuk membaca artikel ini melalui email. Silahkan klik DISINI jika anda ingin berlangganan membaca artikel dari architectaria.com melalui email).

16 Comments

  1. mau tanya, kalau pakai atap alang2 kayak yang di bali itu, kira2 bertahan sampai berapa lama ya maintenance nya ?

    salam kenal

    • @Rimobali,

      Kalau proses pembuatannya bagus, dan sudut pemasangan atapnya pas, atap alang-alang bisa bertahan sampai 15 tahun. Tapi biasanya 5 s/d 10 tahun atap2 ilalang kebanyakan sudah didaur ulang jadi pupuk organis dan diganti dengan atap baru.

      regards,

      Aria

  2. andy

    ada atap seng baru dgn merk “gogreen” bahan kalo menurut saya ky PVC/plastik lentur gitu. tp mereka menklaim bahannya campuran plastik&baja.
    pertanyaanya, apakah klo dlm jangka waktu lama atap ini ga melar ato gampang pecah krn kena panas & dingin terus menerus?
    dibandinkan sama atap seng dr bahan zincalum lbh awet mana?
    thx

    • @Andy:

      Atap dari bahan apapun akan awet tergantung bagaimana anda merawatnya.

      regards,

      Aria

  3. ibrohim

    Mau tanya mas.

    Saya mau buat satu kamar dan satu ruang tamu. kamar ukuran 3x3m dan ruang tamu ukuran 4x4m yang saya rencanakan juga sebagai tempat kursus sedang kamarnya saja jadikan ruang kerja saya. saya sangat suka desain rumah ala Bo-Kaapnya Cape Town
    http://www.capetowndailyphoto.com/uploaded_images/bo_kaap_IMG_3823-766456.jpg
    yang jadi masalah saya dengan rumah ala bo-kaap itu adalah atapnya. indonesia dengan curah hujan tinggi tentu butuh atap yang melidungi, terutama di beranda. bagaimana desain atap yang sesuai tetapi dengan tetap mempertahankan kesan rumah ala bo-kaap? terima kasih.

  4. Zaini

    Met siang mas, mau tanya soal genteng kaca yang cara kerjanya seperti pada kaca nako bisa buka dan tutup.
    biasanya gentang ini berada di atas ruang taman dalam rumah. lebar genteng kaca ini standar tapi panjang lebih dari 1 mtr.
    apa nama genteng ini dan dimana bisa saya dapatkan. Tq

    • @Zaini:

      Sun Louvre. Coba cari di supermarket bahan bangunan yah..

      Best regards,

      Aria

  5. flaksita

    klo garden roof tuh baik ga buat rumah di iklim tropis (panas)?
    biayanya brp x dr genting biasa?
    thx

    • @Flaksita,

      Roof garden atau konstruksi atap biasa, sama-sama bagus untuk rumah tropis.

      rgrds,

      Aria

  6. terima kasih atas infonya.
    saya ingin bertanya, dalam pelaksanaan struktur atap, khusus pada pemasangan punutup atap (seng atau genteng metal), apakah boleh jika ujung seng tidak tepat berada di atas gording?
    terima kasih

    • @Juliana,

      Rangka atapnya kayu, baja atau baja ringan? kalau kayu kan emang genteng ngga persis numpu ke gording, masih ada usuk dan rengnya.

  7. Edhi Pramono

    Kami menjual Genteng Atap Aspal BITUTECH dengan harga PABRIK dan kualitas TERBAIK, Garansi 20 tahun. Dengan tipe MAGIC, PASTEL, PUZZLE dan MASTERPIECE serta pilihan warna sesuai kebutuhan dan keinginan anda.
    Keunggulan dan Kelebihan Genteng Atap kami lebih baik dari produk sejenis yang di impor dari luar.
    Salah satunya adalah :
    1. Lem belakang yang lebih lebar dan kuat membuat tahan angin dan cuaca, dibandingkan produk sejenis yang hanya segaris dan beresiko terkena angin dan mengakibatkan mlenting atau cepat sobek atau rusak.
    2. Tidak perlu menunggu lama untuk pengiriman karena lokal Indonesia, dibandingkan harus impor dan membutuhkan tambahan waktu dan biaya pajak bea masuk, yang mengakibatkan harga lebih mahal.
    3. Sumber bahan baku yang berkualitas dan telah teruji serta ter-Sertifikasi lengkap, dan produk kami telah di ekspor ke beberapa negara di Eropa, Asia, Rusia, Timur Tengah,Amerika,dll.
    Masih banyak lagi keunggulan dan kelebihan lainnya.
    Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi kami :
    Drs. Edhi Pramono, SH.MBA
    Jl. Raya Narogong, Klapanunggal Kab. Bogor
    Telp. 021 51391271
    PIN BB : 22049A66
    HP : 0818706211
    email: bitutechedhi@gmail.com
    http://www.bitutechedhi.goodloh.co.id
    Kami siap melayani anda dengan senang hati, karena KEPUASAN dan KEPERCAYAAN yang Anda berikan kepada kami adalah PRIORITAS yang akan kami jaga dan pelihara.
    SALAM SUKSES
    Edhi Pramono

  8. Edhi Pramono

    Genteng / Atap Aspal BITUTECH dengan harga PABRIK dan kualitas TERBAIK, Garansi 20 tahun. Dengan tipe MAGIC, PASTEL, PUZZLE dan MASTERPIECE serta pilihan warna sesuai kebutuhan dan keinginan anda.

    Keunggulan dan Kelebihan Genteng Atap kami lebih baik dari produk sejenis yang di impor dari luar.

    Salah satunya adalah :
    1. Lem belakang yang lebih lebar dan kuat membuat tahan angin dan cuaca, dibandingkan produk sejenis yang hanya segaris dan beresiko terkena angin dan mengakibatkan mlenting atau cepat sobek atau rusak.
    2. Tidak perlu menunggu lama untuk pengiriman karena lokal Indonesia, dibandingkan harus impor dan membutuhkan tambahan waktu dan biaya pajak bea masuk, yang mengakibatkan harga lebih mahal.
    3. Sumber bahan baku yang berkualitas dan telah teruji serta ter-Sertifikasi lengkap, dan produk kami telah di ekspor ke beberapa negara di Eropa, Asia, Rusia, Timur Tengah,Amerika,dll.

    Masih banyak lagi keunggulan dan kelebihan lainnya.

    Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi kami :
    Drs. Edhi Pramono, SH.MBA
    Jl. Raya Narogong, Klapanunggal Kab. Bogor
    Telp. 021 51391271
    PIN BB : 22049A66
    HP : 0818706211
    email: bitutech_edhi@gmail.com
    http://www.bitutech-bitutek-edhi.123website.co.id
    http://www.bitutechedhi.goodloh.co.id

    Kami siap melayani anda dengan senang hati, karena KEPUASAN dan KEPERCAYAAN yang Anda berikan kepada kami adalah PRIORITAS yang akan kami jaga dan pelihara.

    SALAM SUKSES

  9. Edhi Pramono

    Numpang Promosi, barangkali ada yang mencari genteng aspal :

    BITUTECH Genteng Aspal HARGA PABRIK KUALITAS TERBAIK

    Setara dengan IKO, OWEN, Certain Teed, Tegola dalam Kualitas dengan Harga Terjangkau

    Kami menjual Genteng Atap Aspal BITUTECH dengan harga PABRIK dan kualitas TERBAIK, Garansi 20 tahun. Dengan tipe MAGIC, PASTEL, PUZZLE dan MASTERPIECE serta pilihan warna sesuai kebutuhan dan keinginan anda.

    Keunggulan dan Kelebihan Genteng Atap kami lebih baik dari produk sejenis yang di impor dari luar.

    Salah satunya adalah :

    1. Lem belakang yang lebih lebar dan kuat membuat tahan angin dan cuaca, dibandingkan produk sejenis yang hanya segaris dan beresiko terkena angin dan mengakibatkan mlenting atau cepat sobek atau rusak.

    2. Tidak perlu menunggu lama untuk pengiriman karena lokal Indonesia, dibandingkan harus impor dan membutuhkan tambahan waktu dan biaya pajak bea masuk, yang mengakibatkan harga lebih mahal.

    3. Sumber bahan baku yang berkualitas dan telah teruji serta ter-Sertifikasi lengkap, dan produk kami telah di ekspor ke beberapa negara di Eropa, Asia, Rusia, Timur Tengah,Amerika,dll.

    Masih banyak lagi keunggulan dan kelebihan lainnya.

    Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi kami :

    Edhi Pramono

    Jl. Raya Narogong, Klapanunggal Kab. Bogor

    Telp. 021 51391271

    PIN BB : 22049A66

    HP : 0818706211

    email: bitutechedhi@gmail.com

    Kami siap melayani anda dengan senang hati, karena KEPUASAN dan KEPERCAYAAN yang Anda berikan kepada kami adalah PRIORITAS yang akan kami jaga dan pelihara.

    SALAM SUKSES

  10. dwi rochmad

    mas saya mau tanya rumus cara mencari panjang jurai yang sebenarnya dengan cara grafis itu apa mas?

  11. Selamat pagi ,kami tertarik dengan artikel2 bapak tentang arsitektur. Dapakah bapak berkenan mengirimkan gambar dan desain tentang rumah kayu ,kami bermaksud ingin membangun sebuah rumah kayu sebagai tempat peristirahatan di desa ,sebelum dan sesudahnya kami haturkan banyak terimakasih ,alamat email kami adalah behart7@gmail.com ,salam dari bambang hartono Kediri Jawa Timur

Leave a Comment