Mendesain Sebuah Ruangan untuk Pria

apartemen pria2

Aspek – aspek apa saja yang mesti diketahui sebelum mendesain dan mendekorasi ruangan pria.

Sudah menjadi semacam kebutuhan dasar bagi setiap orang untuk memiliki kamar atau ruangan pribadi di rumah. Kamar atau ruang pribadi ini selain digunakan untuk istirahat, juga bisa digunakan untuk berkspresi dan berkreasi serta melakukan aktifitas lain yang berkaitan dengan hobi. Dalam mendesain atau mendekorasi ruangan tersebut pun tak bisa sembarangan, karena mesti disesuaikan dengan kebutuhan pemiliknya. Selain itu, ruangan tersebut juga harus dapat merepresentasikan karakter pemiliknya, sehingga pemilik bisa betah berada dalam ruangan tersebut.

Begitu juga tatkala Anda berencana untuk mendesain serta mendekorasi ruangan, terutama untuk pria. Dibandingkan dengan wanita, pria biasanya lebih simple dan tidak menyukai terlalu banyak hal – hal yang bersifat dekoratif. Selain itu, pria biasanya lebih menyukai kepraktisan. Oleh karena itu, terkadang mereka lebih suka desain sebuah ruangan yang mengutamakan kenyamanan dan kemudahan. Pun begitu, terkadang mereka menginginkan konsep khusus yang bisa diaplikasikan ke ruangan mereka.

Biasanya, konsep ruangan mereka tidak jauh dengan hobi yang mereka tekuni. Misal, bagi pria yang menyukai olahraga, pastinya mereka ingin meletakkan beberapa fitur serta elemen dekoratif yang bisa mendekatkan mereka dengan hobinya, misalnya keranjang bola, papan catur, papan biliard, dan sebagainya. Begitu juga pria dengan hobi – hobi yang lain.

Tak hanya menambahkan fitur – fitur yang berkaitan dengan hobi, pria juga terkadang suka menambahkan furnitur yang bisa menunjang mereka menjalankan hobinya. Bagi mereka yang hobi menonton film atau membaca buku, penting bagi mereka untuk menyediakan sebuah sofa yang nyaman serta meja dan pencahayaan yang mendukung.

Selain hal – hal di atas, masih banyak hal – hal lain yang mesti dipertimbangkan ketika mendesain dan mendekorasi ruangan untuk pria. Maka, perhatikan langkah – langkah di bawah ini yang bisa menjadi panduan dalam mendekorasi ruangan lebih baik.

apartemen pria1

Desain Interior Ruangan/Kamar yang Simple

1. Less is More

Bagi penyuka olahraga, mereka tentunya menginginkan agar kamar mereka didekorasi dengan ornamen serta pernak – pernik yang berkaitan dengan olahraga yang mereka sukai. Bagi penyuka sepak bola misalnya, mereka pastinya ingin selalu memasang atribut tim sepak bola favorit mereka di kamar. Tetapi, untuk sebuah ruangan yang diperuntukkan bagi pria, terlalu banyak atribut dan pernak – pernik tentunya akan menjadikan ruangan nampak sumpek dan berjubel, sehingga tidak nyaman ditinggali.

Sebaliknya, mereka mesti menerapkan prinsip ‘Less is More’, di mana semakin sedikit atribut atau akseoris yang dipajang, semakin nyaman ruangan tersebut untuk dihuni. Cukup pajang foto – foto atau tim favorit mereka di satu sisi atau sudut ruangan. Untuk itu, pilih warna dinding, furnitur, atau elemen lain yang netral. Sehingga, tidak akan terlihat kontras atau bertabrakan dengan warna – warna dari atribut tim sepak bola yang mereka senangi.

2. Siapkan ruang khusus untuk teman

Meskipun sangat menyukai privasi, terkadang pria juga membutuhkan teman sehingga tak jarang mereka kerap mengundang teman – temannya, terutama yang memilki hobi yang sama, untuk berkunjung dan menginap. Untuk itu, tentunya dibutuhkan area khusus sebagai tempat tidur. Dalam hal ini, sebuah sofa single yang berukuran cukup besar bisa dijadikan pilihan. Sofa ini selain bisa digunakan untuk tempat tidur, bisa juga digunakan untuk tempat duduk beramai – ramai, sehingga cocok bagi mereka yang kerap mengundang teman untuk nonton bareng di ruangan mereka.

apartemen pria3

Living Room

3. Siapkan lemari es mini di ruangan tersebut

Ketika menjalankan hobinya di dalam kamar, terkadang pria menjadi begitu malas untuk keluar, bahkan saat lapar sekalipun. Untuk mensiasatinya, selalu sediakan kulkas mini yang dapat diisi dengan berbagai minuman dan camilan. Kulkas ini juga sangat membantu apabila mereka mengundang teman – teman mereka untuk datang dan melakukan aktifitas bersama, seperti menonton film, bermain PS, atau menonton pertandingan olahraga. Sebab, pria biasanya malas untuk menyuguhkan makanan dan minuman kepada tamu atau teman yang datang berkunjung.

Dengan adanya kulkas mini ini, mereka bisa menyuruh teman mereka mengambil makanan dan minuman itu sendiri, sehingga mereka tak perlu beranjak dari kamar.

4. Pilih TV berukuran lebar

Untuk mengakomodasi hobi menonton atau bermain game bersama teman, pastinya mereka membutuhkan TV dengan layar yang lebar. TV dengan layar yang lebar tentunya menghasilkan gambar dan suara yang lebih mantap, sehingga bisa membuat aktifitas nonton bareng menjadi lebih menyenangkan.

apartemen pria4

Ruangan Khusus untuk Kerja (Workstation)

5. Sediakan ruang untuk hal – hal yang berkaitan dengan pekerjaan/studi

Bila poin – poin di atas lebih banyak menyinggung aspek – aspek pada kamar yang berkaitan dengan hobi, tentunya hal yang berbau urusan pekerjaan atau studi juga tidak boleh dikesampingkan. Ya, para pria mungkin boleh saja larut dalam hobinya, namun mereka juga memillik kehidupan lain yang berhubungan denagan pekerjaan atau studi. Untuk itu, selalu sediakan sisi kosong untuk meletakkan hal – hal yang berkaitan dengan kedua hal tersebut, misal sebuah meja kerja atau lemari untuk menyimpan buku, dokumen, berkas – berkas, alat tulis, serta komputer/laptop.

Dengan demikian, mereka bisa mengetahui kapan saat bergelut dengan hobi dan kapan saatnya berkecimpung dengan pekerjaan.

Selamat mencoba 🙂

..

Architectaria – Arsitek dan Perencana

(Jika anda menganggap artikel ini bermanfaat, jika anda menikmati membaca artikel-artikel di web ini, anda dapat berlanggangan untuk membaca artikel ini melalui email. Silahkan klik DISINI jika anda ingin berlangganan membaca artikel dari architectaria.com melalui email).

No Comments Yet.

Leave a Comment