Mendesain Interior Layaknya Desainer Interior Profesional

ide-desain-interior-ruangan-2

Tips desain interior rumah – Cara mendesain dan mendekorasi interior rumah yang bisa Anda lakukan sendiri dengan meniru dekorasi ala desainer interior yang professional.

Desainer interior dididik secara individual dengan bakat yang mereka miliki untuk membuat interior rumah nampak lebih mengagumkan. Sebagai desainer interior tentunya mereka memiliki banyak ide yang bisa dituangkan ke dalam ruangan Anda.

Namun jika Anda ingin mencoba untuk berkreatifitas dengan menuangkan ide dekorasi interior kedalam ruangan, tidak ada salahnya jika Anda belajar dari berbagai sumber seperti majalah dan televisi untuk mengasah kemampuan Anda untuk menemukan tema interior yang tepat untuk rumah Anda.

Jika Anda ingin cara mendesain interior layaknya seorang profesional, tidak ada salahnya untuk membaca beberapa tips di bawah ini.

  1. Tentukan desain seperti apakah yang ingin Anda capai

Setiap orang yang pernah mengerjakan proyek desain pastinya tahu bahwa rencana matang sebelumnya dapat berubah secara total karena keputusan yang belum sepenuhnya diambil. Untuk itu Anda harus menentukan secara matang seperti apakah desain interior yang ingin Anda capai.

Apakah Anda hanya ingin menambahkan skema warna baru pada interior rumah atau Anda ingin merombak desain dan dekorasi secara keseluruhan. Jangan lupa untuk menghitung biaya secara keseluruhan agar proses dekorasi interior rumah tidak terhambat sehingga waktu untuk menyelesaikan renovasi segera terlaksana.

  1. Lihatlah kebutuhan khusus ruangan yang ingin Anda rubah

Terkadang Anda mungkin terlalu nyaman dengan dekorasi ruangan tanpa terlebih dahulu mempertimbangkan nilai estetis dan fungsinya. Misalnya, ketika Anda mendesain ulang dapur, Anda harus lebih memikirkan area mana yang lebih sering digunakan sehingga desain yang di pilih tidak hanya digunakan untuk mempermanis ruangan namun tetap memiliki tujuan dan manfaat tersendiri.

Desainer interior biasanya mengatur layout dapur membentuk segitiga karena dengan hal ini aktifitas didalam dapur menjadi lebih mudah. Point terpenting nya adalah, Anda harus memperhatikan fungsi dekorasi untuk ruang tertentu. Selain dapur, ruang tamu merupakan contoh lain dimana Anda harus memperhatikan fungsi dekorasi interior.

Anda harus merencanakan berapakah area kursi atau area tempat duduk yang sesuai dengan ruang tamu. Aksesoris apakah yang sesuai dengan tema dekorasi interior dan lain sebagainya.

  1. Harus Anda ingat bahwa desain interior 90 person datang dari inspirasi

Menemukan inspirasi yang tepat merupakan salah satu kunci keberhasilan dalam  desain interior. Saat Anda ingin mendekor ruangan, luangkanlah sedikit waktu untuk berpikir secara matang tentang konsep interior ruangan yang Anda impikan. Selalu siapkan kertas kosong atau gadget Anda untuk menuliskan ide yang mungkin saja tiba-tiba muncul di kepala.

Setelah ide dan inspirasi terkumpul tentunya Anda akan semakin mudah untuk menentukan pilihan dekorasi yang akan mempercantik setiap sudut rumah.

  1. Selalu ingat bahwa inspirasi datang dari mana saja

Seperti yang telah dipaparkan sebelumnya, inspirasi merupakan kunci sukses bagi seseorang untuk menemukan desain interior terbaik .  Ada berbagai macam cara untuk menemukan sesuatu yang akan menginspirasi Anda. Ketika Anda sedang berjalan-jalan disebuah pameran seni ataupun pameran properti mungkin saja Anda dapat menemukan inspirasi yang berharga.

Tak hanya itu, Anda dapat menemukan inspirasi dari berbagai blog di internet yang sekarang ini banyak sekali mengulas tentang desain rumah. Untuk menemukan inspirasi cat dinding yang sesuai dengan ruangan dalam  rumah, Anda dapat berkunjung ke toko cat dan melihat sampel warna dinding yang biasanya disediakan agar Anda mempunyai gambaran tentang warna yang sesuai dengan tema rumah.

desain-interior-dapur-dan-meja-konter-2

Desain Interior dan Furniture Dapur Bergaya Modern dan Elegan

  1. Perhatikan kesesuaian furnitur pada ruangan

Terkadang para pemilik rumah tidak memperhatikan kesesuaian furnitur dengan ruangan yang tersedia. Oleh karena itu, peletakan furnitur tidak boleh sembarangan sesuka hati namun Anda harus tetap memperhatikan kesesuaian tata letak.  Ruang yang kecil tentunya tidak membutuhkan furnitur berukuran besar karena nantinya pergerakan orang didalam rumah menjadi sangat terbatas.

Pilihlah furnitur yang mampu menghemat tempat yang sekarang ini banyak ditemukan dipasaran yang dirancang sesuai dengan kebutuhan.

  1. Anda dapat mengkombinasikan beberapa desain dalam satu ruangan

Anda tidak harus memaksakan gaya dekorasi yang terlalu monoton karena satu ruangan dapat Anda dekor dengan beberapa gaya interior sekaligus. Misalnya di kamar tidur pribadi, Anda dapat mengkombinasikan gaya modern dan vintage yang biasanya datang dari pernak-pernik aksesoris ruangan pada dinding. Dengan gaya dekorasi yang berbeda tentunya interior ruangan tidak akan terlihat membosankan.

  1. Langkah terakhir adalah memilih aksesoris

Setelah dekorasi interior ruangan selesai, langkah akhir untuk mempercantik ruangan adalah dengan menambahkan aksesoris. Aksesoris ruangan akan memberikan dampak besar pada keseluruhan tampilan. Pada ruang tamu misalnya, tambahkan beberapa aksesoris seperti lukisan dinding, tanaman hijau pada pojokan ruangan dan juga vas bunga untuk memberikan atmosfir ruangan yang lebih natural dan menyenangkan.

Agar ruang tamu lebih menarik, tambahkan titik fokus dekorasi interior ruangan seperti memasang wallpaper dengan motif tertentu yang menunjukan tema ruangan.

Selamat mencoba 🙂

..

architectaria.com | Arsitek, Desain Interior, General Contractor

Untuk Anda yang berada diwilayah JABODETABEK dan membutuhkan jasa arsitek, desain interior dan jasa kontraktor untuk membangun/merenovasi rumah, silahkan menghubungi kami melalui nomor: 081229400888, 087710400888, 021-83836281, atau 0251-9195383 (Bogor).

(Jika anda menganggap artikel ini bermanfaat, jika anda menikmati membaca artikel-artikel di web ini, anda dapat berlanggangan untuk membaca artikel ini melalui email. Silahkan klik DISINI jika anda ingin berlangganan membaca artikel dari architectaria.com melalui email).

No Comments Yet.

Leave a Comment