Mendekorasi Meja Makan Untuk Acara Spesial

Panduan untuk Anda yang ingin mengadakan acara makan bersama di rumah dengan mengundang kerabat terdekat.

Apakah Anda berencana untuk mengadakan pesta kecil-kecilan di rumah dengan mengundang kerabat? Apakah Anda ingin menghadirkan sesuatu yang berkesan tanpa perlu mengeluarkan biaya yang besar? Mungkin Anda bisa mencoba mengundang kerabat Anda untuk makan malam bersama di rumah Anda. Dan ketika hal ini akan dilakukan, tentu Anda butuh beberapa persiapan, diantaranya menghias  dan mendekorasi meja makan.

Menghias meja makan untuk agenda spesial bisa menjadi aktifitas yang sangat mengasyikan. Anda bisa berkreasi sebebas mungkin dengan meja makan Anda untuk menghadirkan sesuatu yang sederhana namun tetap istimewa. Memikirkan konsep acara kita dari awal sangat dianjurkan agar kita lebih siap akan hal-hal yang harus dibeli atau disediakan. Konsep yang matang dan sesuai dengan tema serta tujuan acara kita akan membantu kita dalam menyiapkan segala keperluan.

Tidak hanya dekorasi yang baik, namun juga makanan yang kita sajikan di atas meja sebisa mungkin mengundang selera sehingga acara kita tidak akan berakhir mengecewakan. Namun, hal-hal apa sajakah yang harus dipersiapkan sebelum mengundang kerabat untuk acara makan di rumah? Berikut hal-hal yang dapat dijadikan panduan untuk mendekorasi ruang makan serta meja makan Anda agar tampak lebih baik.

Barang-Barang yang diperlukan:

– Alat-alat makan
– Lilin
– Taplak meja
– Bunga
– Tatakan piring
– Serbet

Langkah-langkahnya:

1. Pilih tema dari pesta atau acara tersebut jauh-jauh hari. Tidak perlu memilih tema yang rumit, cukup tema sederhana yang lazim diterapkan untuk sebuah acara. Misalkan tema elegan, kasual, romantis, atau mewah. Dalam menentukan tema, pertimbangkan tujuan acara serta tamu yang akan Anda undang. Jangan sampai tema dari acara justru akan menyulitkan tamu Anda.

Gambar Penataan Meja Makan Dengan Lampu dan Lilin Dekoratif

2. Bersihkan lilin, piring, sendok, garpu, dan dan furnitur lain yang terdapat pada ruang makan. Bersihkan pula jendela, meja, kursi, dengan mengelapnya dan lakukanlah minimal 3 hari sebelum hari H dan ulangi lagi bila perlu. Disini yang menjad prioritas adalah meja makan, jadi fokuskan perhatian Anda pada area sekitar meja makan.

3. Tentukan jumlah Tamu yang akan diundang. Hal ini sangat membantu Anda dalam menyediakan jumlah kursi di ruang makan. Bila pesta ini hanya bersifat pesta kecil dengan tamu kurang dari 10 orang, maka meja makan biasa mungkin sudah cukup mengakomodasi kebutuhan Anda. Namun bila acara tersebut melingkupi jumlah tamu yang lumayan besar, tentu Anda membutuhkan meja makan serta kursi tambahan yang jumlahnya menyesuaikan jumlah tamu yang diundang

4. Pilih taplak meja yang baru dicuci dan disetrika. Taplak meja yang bersih akan membuat tamu Anda merasa nyaman makan di meja tersebut. Warna putih dengan pinggiran keemasan atau berenda sangat cocok bila dipadukan dengan warna meja yang terbuat dari kayu gelap. Bila perlu, tambahkan tatakan piring dan gelas untuk setiap tamu yang disandingkan dengan lap makan atau serbet.

5. Tempatkan tatakan piring yang disesuaikan dengan jumlah kursi yang ada pada meja makan. Atur jaraknya minimal 2 inci antara satu tatakan dengan tatakan lain. Tatakan piring haruslah memiliki lebar yang sama dengan lebar kursi pada meja makan Anda.

Desain Interior Ruang Makan yang Bergaya Modern dan Elegan

6. Letakkan satu benda dekoratif di tengah-tengah meja makan. Benda tersebut berfungsi sebagai titik fokus untuk mendekorasi meja makan Anda sehingga dapat selaras dengan tema. Benda tersebut bisa berupa pot bunga, keranjang buah, lilin, dan sebagainya. Bila Anda ingin sesuatu yang romantis dan mewah, Anda bisa menempatkan beberapa lilin dengan ukuran 3 atau 5 inci dan kombinasikan dengan hiasan lain seperti bunga atau pita.

7. Atur letak piring, mangkuk, pisau, sendok dan garpu dengan posisi tengkurap. Anda bisa melihat panduan mengatur alat-alat makan ini sesuai dengan kaidah table arrangement yang biasa kita temui ketika mengikuti kursus table manner. Ada 2 jenis table arrangement, yakni European style atau American style. Kedua cara tersebut memiliki perbedaan, namun ada beberapa poin penting yang cenderung sama.

Cara mengatur Table Arrangement Sesuai Dengan Kaidah Table Manner

Tempatkan garpu pada sebelah kiri dari setiap piring sedangkan sendok atau pisau di sebelah kanan. Posisi alat-alat makan tersebut haruslah vertikal atau tegak lurus. Gelas, cangkir, dan cawan ditempatkan di sebelah kanan atas pada setiap tatakan piring. Gelas terpendek diletakkan paling dekat dengan tatakan dan yang tertinggi diletakkan agak lebih jauh ke kanan. Terakhir, lipat dan gulung serbet makan dan letakkan benda ini di atas tatakan piring. Meja Anda telah siap untuk digunakan untuk acara spesial.

Dekorasi Interior Ruang Makan dan Penataan Meja Makan

Setelah Anda yakin bahwa ruang makan dan meja makan Anda siap dan layak untuk menyambut tamu, jangan lupa untuk menghidangkan sesuatu yang istimewa pula. Resep masakan yang Anda hidangkan tidak harus mahal dan Andapun tidak perlu membelinya di luar. Cukup hidangkan sesuatu yang unik dan dari kreasi Anda sendiri atau sajikan masakan tersebut dengan cara yang istimewa agar tidak terkesan terlalu sederhana. Makanan biasa yang dikemas luar biasa akan terlihat menarik untuk dinikmati pada agenda spesial Anda.

..

Architectaria – Arsitek dan Perencana

(Jika anda menganggap artikel ini bermanfaat, jika anda menikmati membaca artikel-artikel di web ini, anda dapat berlanggangan untuk membaca artikel ini melalui email. Silahkan klik DISINI jika anda ingin berlangganan membaca artikel dari architectaria.com melalui email).

No Comments Yet.

Leave a Comment