Mendekorasi Dinding Ruangan Yang Berukuran Sempit

Ruangan yang kecil atau sempit sesungguhnya memberikan tantangan bagi orang yang tinggal didalamnya. Banyak orang yang khawatir akan merasa tidak nyaman jika berada diruang yang sempit, sesungguhnya kekhawatiran itu tidak perlu terjadi. Dengan ide dan kreatifitas, ruangan yang sempit bisa kita buat seolah-lah luas dan nyaman untuk ditinggali. Untuk membuat ruang terasa luas dan nyaman untuk ditinggali, ide dekorasi kita mulai dari dinding ruangan tersebut.

Ide dekorasi dinding lebih banyak menyentuh wall treatment. Diantara bentuk wall treatment adalah; memilih warna yang tepat untuk dinding, memanfaatkan sebaik mungkin bidang dinding yang tersedia, dan memiliki sense bebas dan berani dalam berkreasi. Beberapa aspek dalam wall treatment seperti yang sudah disebut diatas akan sangat mempengaruhi keberhasilan dekorasi dinding ruangan, hasil dari dekorasi dinding tersebut kita harapkan akan menciptakan kesan luas dan nyaman pada ruangan.

Warna

Meskipun benar dan sudah seringkali dibahas bahwa warna light dapat memberikan kesan luas pada ruangan, namun ada kalanya kita tidak selalu harus mengecat dinding ruangan menggunakan warna putih. Jika anda memang suka komposisi beberapa macam warna, mewarnai dinding ruangan dengan berbagai macam warna dan tekstur akan membuat ruangan anda terasa lebih hidup dan memberi daya tarik berbeda. Dalam sebuah bidang dinding anda bisa menggunakan beberapa layer warna, atau membentuk pola geometris dengan 1 warna dasar dan beberapa warna tambahan.

Anda bisa menggunakan teknik pengecatan dekoratif seperti; shading, washing, sponging, dsb atau menggunakan wallpaper untuk mendapatkan tampilan dinding ruangan yang dekoratif. Anda juga bisa membuat pola-pola tertentu diatas warna dasar kamar, pola horizontal stripe secara tidak langsung akan membuat mata mengamati pola garis horizontal pada dinding ruangan sehingga ruangan akan terkesan lebih besar atau luas.

Selain dinding dekoratif dari wallpaper dan aneka teknik pengecatan, anda juga bisa memilih satu bidang dinding kemudian membuat mural dengan tema tertentu. Atau mengantung lukisan berukuran besar dan mengkombinasikan dengan quotes yang memberi anda semangat ketika melihatnya. Yang penting antara warna, teknik pengecatan, art work, dsb harus kohesif dan harmonis sehingga anda betah berada didalam ruangan tersebut.

Berani Berkreasi

Tempat tinggal yang kecil tidak membutuhkan kehati-hatian yang besar, jangan ragu untuk berkreasi dan mencoba ide-ide yang anda anggap layak untuk dicoba. Ketika anda berkreasi dengan warna, aksesoris atau artwork anda tidak menghabiskan terlalu banyak uang. Anda mungkin bisa bereksperimen dengan warna, ketika anda anda tidak menyukai hasilnya, anda bisa langsung mengganti warna catnya tanpa harus takut kehilangan banyak uang karena cat bukanlah sesuatu yang terlalu mahal. Jika anda menyukai artwork, anda bisa menampilkannya, jika dirasa kurang cocok, anda bisa menggantinya dengan benda atau aksesoris yang lain. Yang terpenting adalah menjaga segala sesuatunya terutama perabot dan aksesoris didalam ruangan tetap skalatis.

Ruangan yang kecil tidak perlu diisi dengan perabotan yang besar, karena menghabiskan space dan membuat tidak nyaman dipandang. Yang paling penting adalah kreatifitas anda dalam menata perabot, artwork dan aksesoris didalam ruangan tersebut. Pada bidang dinding tertentu anda bisa memajang koleksi lukisan, koleksi foto, piring-piringan keramik, dsb. Jika anda tepat dalam menatanya, satu bidang dinding dengan penempatan aksesoris atau artwork yang tepat bisa menjadi daya tarik dalam ruangan anda.

Cermin

Selain warna cat dan pencahayaan, cermin adalah benda yang dapat anda manfaatkan untuk memberi kesan luas pada ruangan. Untuk ruangan kecil, penggunaan cermin akan memperbesar space ruangan secara visual. Teknik sederhana untuk mendapatkan kesan luas adalah penempatan cermin berlawanan arah dengan jendela. Pasang cermin pada bidang dinding yang berlawanan arah dengan jendela, jika anda menggunakan lemari tanam (wardrobe) maka anda bisa menjadikan cermin sebagai pelapis lemari tanam (wardrobe) dikamar anda. Kombinasi ide kreatif yang tidak mahal namun fungsional.

Efisiensi

Ruangan yang kecil menuntut anda berpikir dan bertindak secara efisien ketika mendekorasi dinding ruangan tersebut, efisiensi ini termasuk benda yang anda letakkan pada bidang dinding tersebut. Gunakan benda yang multifungsi, Wall mounted shelves (ambalan) bisa menjwab tuntutan efisiennsi pada dinding ruangan yang sempit. Ambalan kayu atau, aluminium+kaca adalah contoh perabot multifungsi karena bisa digunakan sebagai rak buku (bookcase) dan pajangan benda-benda aksesoris dikamar anda seperti; jam meja, pajangan dari gerabah, vase kaca/keramik, dsb.

Anda juga bisa menggunakan wall mounted TV stand atau wall mounted desk yang tertanam didinding sebagai pengganti meja belajar atau meja kerja anda. Jika ada lekukan dialam ruangan anda, biasanya dipojok ruangan atau disekitar pintu/jendela, anda bisa memanfaatkannya menjadi storage area untuk menyimpan sepatu, mantel atau payung. Manfaatkan semaksimal mungkin ruang yang tersedia didalam kamar anda secara efisien adalah syarat mendapatkan ruang yang lega dan nyaman.

..

Architectaria – Arsitek dan Perencana

(Jika anda menganggap artikel ini bermanfaat, jika anda menikmati membaca artikel-artikel di web ini, anda dapat berlanggangan untuk membaca artikel ini melalui email. Silahkan klik DISINI jika anda ingin berlangganan membaca artikel dari architectaria.com melalui email).

9 Comments

  1. Rumiyanti

    Makasih bpk/ibu. Tips dekorasi dinding untuk ruang yang sempit sangat berguna.

    Dengan membaca tips ini saya jadi punya panduan bagaimana caranya mendesain interior kamar saya yang ukurannya kecil.

  2. Desta

    Thank you.

    Tips dekorasi dinding untuk ruangan/kamar sempit di website ini sangat berguna..

  3. Spesialis Kanopi Rumah

    Nice artikel Pak,,,
    Smart Tips, dekorasi ruang sempit sangat kreatif dan inovative.

    Thanks Pak.

  4. susi

    aku py kmar ukran bs diblg tanggung bgt 2,5 (lbr)x 5,5(pjg). rumah kuno dg dinding yg lembab dan tdk rata jg berjamur, jk musim hujan tmbh parah. aku mau renovasi. gmn agar dinding lbh bgus dan dekorasi kamarnya agar trlihat lbh luas. mhon bantuan

    • @Susi,

      Ibu butuh solusi untuk dinding agar tidak lembab dan berjamur atau butuh solusi untuk menata dan mendekorasi kamar?

      regards,

      Aria

  5. Thanks for your website. Good luck!

    • @Emily,

      Thanks for your comment :)

      regards,

      Aria

  6. dyanjar

    artikel yang bagus. bnyk ilmu yg bisa saya dapat.. terima kasih

Leave a Comment