Mendekorasi Dinding Batu pada Taman Dan Halaman Rumah

Cara-cara jitu untuk memperindah tampilan dinding yang terbuat dari bahan batu alam pada halaman rumah.

Dinding batu alam merupakan salah satu cara untuk membatasi halaman rumah Anda dari jangkauan luar. Dinding batu dapat dibuat dari berbagai macam bentuk dan ukuran batu. Batu yang digunakan sebagai material untuk dinding ini pun bermacam-macam jenisnya pula, mulai dari batu yang sengaja dibuat untuk tujuan dekoratif, atau batu alami yang memiliki textur dan struktur unik yang menjadikannya bernilai seni tinggi.

Namun satu yang pasti bahwa pemilihan batu alam sebagai material dinding luar ruangan sangatlah tepat karena batu terkenal akan ketahanannya. Bahan ini sangat cocok untuk ditempatkan di luar ruangan dengan segala macam kondisi serta perubahan cuaca.

Kini, dinding batu tidak sekedar menjadi pembatas antara halaman rumah dengan dunia luar, tapi juga bisa dimanfaatkan untuk tujuan estetika. Dinding batu kini banyak dimanfaatkan untuk membuat taman vertikal kecil di rumah. Membuat taman mini dengan memanfaatkan dinding batu yang mengelilingi rumah Anda merupakan salah satu cara untuk mebuat tampilan halaman rumah menjadi lebih asri.

Selain itu, dinding batu pada halaman atau taman rumah Anda dapat dijadikan latar belakang bagi tumbuhan dan bunga yang tumbuh di pekarangan Anda.

Dinding Batu yang berfungsi sebagai latar belakan tanaman herbal

Jika Anda berkeinginan untuk memiliki kebun tumbuhan herbal sendiri, Anda bisa memanfaatkan dinding batu Anda sebagai latar belakang atau tempat untuk menanam aneka tumbuhan herbal. Aneka tumbuhan herbal yang bisa dipilih misalnya rosemary, lokio, oregano, thyme dan basil. Tempatkan tumbuhan-tumbuhan tersebut pada polybag, wadah, botol, atau pot kecil, dan taruh atau gantungkan pada dinding batu di rumah Anda. Selain itu, tambahkan tumpukan jerami di dekat tumbuhan tersebut untuk menjaga kelembaban tanaman, khususnya pada musim kemarau atau musim panas.

Desain Landscape – Kombinasi Hardscape dan Softscape Pada Area Belakang Rumah (by: Studio MK27)

Menanam Aneka bunga pada dinding batu

Langkah yang bisa diterapkan untuk hal ini sama saja dengan langkah sebelumnya, yakni menempatkan tanaman pada botol, wadah, atau polybag yang digantungkan pada dinding batu tersebut. Hanya saja, tumbuhan yang dipakai untuk kali ini bukanlah tanaman obat-obatan herbal, melainkan jenis-jenis bunga yang berwarna-warni. Pilihan warna yang ada pada bunga tersebut akan membuat tampilan taman mungil Anda lebih elok dan tertata rapi. Selain itu, dengan menerapkan sistem ini, Anda tidak perlu menghabiskan lahan yang luas karena tanaman di taruh di tempat secara vertikal.

Jalanan Kecil yang terbuat dari batu ubin

Untuk memperkuat dan menunjang kesan artistik pada dinding batu alam, Anda bisa juga menambahkan batu ubin yang disusun membentuk jalan setapak kecil sepanjang taman yang berakhir pada dinding batu ini. Untuk membuat tampilan serta karakteristik batu ubin lebih kuat, tanam bebrapa bunga-bunga sepanjang jalan setapak. Namun, bila Anda ingin batu ubin terlihat lebih bertekstur, tanam tumbuhan thyme di sepanjang jalan setapak tersebut. Batu ubin akan terliahat kontras dengan hijaunya taman dan warna-warninya bunga karena batu ubin bertexture keras dan berwarna gelap atau kehitaman. Selain itu, wangi dari thyme yang semerbak dan harum dapat membuat udara di sekitar taman menjadi lebih segar.

Desain Taman Vertikal – Tanaman Rambat Pada Dinding

Menanam tumbuhan merambat pada dinding batu

Tumbuhan merambat yang ditanam di sekitar dinding batu mungkin merupakan cara yang paling sering kita temui pada hunian-hunian yang memiliki dinding batu pada halaman rumah. Tanaman rambatan pada dinding batu dapat memberi kesan hijau dan lebih mengundang selera untuk dilihat. Kelebihan dari memilih tanaman rambatan yakni karena tanaman jenis ini mudah dirawat, diatur, dan dipangkas sesuai selera. Beberapa tanaman rambatan yang cocok untuk digunakan yakni Alamanda, Melati, Strophanthus Gratus, atau Quisqualis Indica.

Memilih tanaman merambat dengan bunga yang harum seperti melati atau Alamanda akan menjaga kesegaran udara di taman sekeliling rumah. Selain memberikan nilai estetika pada dinding batu alam, tanaman rambatan juga bagus digunakan sebagai peneduh di kala panas terik. Namun tentunya, bila digunakan sebagai peneduh, jenis tumbuhan dengan daun yang lebar dan lebatlah yang paling sesuai.

Teknik Pencahayaan Yang Unik Pada Dinding Batu Memberi Kesan Hangat dan Dramatis (by: Studio MK27)

Memasang lampu di dekat dinding batu

Selain tanaman, lampu solar (solar light) juga merupakan alternatif yang apik untuk membuat tampilan dinding batu menjadi lebih indah dan menarik, terutama di malam hari. Letakkan lampu solar beberapa meter dekat dengan dinding dan di beberapa sudut-sudut taman. Selain dapat memberikan pencahayaan di malam hari, lampu-lampu tersebut mampu menciptakan suasana yang hangat dan menenangkan. Anda juga dapat memperoleh suasana romantis di taman pada malam hari dengan adanya lampu-lampu tersebut. Sehingga, kini Anda bisa menikmati indahnya taman Anda tidak hanya di pagi, siang, atau sore hari, tapi juga di malam hari.

..

Architectaria – Arsitek dan Perencana

(Jika anda menganggap artikel ini bermanfaat, jika anda menikmati membaca artikel-artikel di web ini, anda dapat berlanggangan untuk membaca artikel ini melalui email. Silahkan klik DISINI jika anda ingin berlangganan membaca artikel dari architectaria.com melalui email).

LinkedInTumblrStumbleUponRedditAIMDiggDeliciousFlipboardShare

No Comments Yet.

Leave a Comment