Mendekorasi dan Menempatkan Furnitur di Studio Apartemen secara Cerdas

console kitchen table

Tips memilih dan menempatkan furnitur, serta menata dan mendekorasi studio apartemen untuk 1 atau 2 orang sehingga lebih efektif dan efisien.

Setelah kita selesai membeli atau menyewa studio apartemen yang cocok dengan selera kita, langkah selanjutnya adalah mendekorasi ulang studio apartemen ini agar bisa mengakomodasi kebutuhan kita. Ingat, ukuran studio apartemen ini tidak terlalu besar, untuk itu pilih dekorasi yang minimalis dan gunakan furnitur yang tidak memakan banyak tempat. Usahakan pilih furnitur yang memiliki 2 atau 3 fungsi sekaligus.

Barang – barang yang mesti ada di studio apartemen:

Dalam memilih barang, pastinya semua disesuaikan dengan tingkat kebutuhan. Tetapi, setidaknya barang – barang di bawah ini adalah perabotan rumah tangga wajib yang bisa Anda tempatkan di studio apartemen:

– Mikrowave
– Toaster
– Magic com
– Kulkas mini
– Coffee pot / teko
– Sofa bed
– Futon / matras / kasur lantai
– Lemari
– Karpet

Langkah – langkah dalam mendekorasi dan menempatkan furnitur di studio apartemen:

1. Mulailah dari bawah

Maksudnya, mulailah kita memberikan fokus pada hal – hal yan diletakkan di lantai, seperti karpet, lemari, sofa. Agar bisa menghemat ruang, khusus untuk sofa sebaiknya pilih sofa yang bisa dilipat bila sedang tidak digunakan. Juga, usahakan agar fungsi sofa dan tempat tidur bisa disatukan, maka pilihlah jenis sofa bed atau futon. Namun bila Anda lebih menyukai tidur di tempat tidur biasa dengan ukuran yang cukup besar, tentunya Anda mesti menyediakan furnitur tambahan yang digunakan untuk duduk. Pilih sofa jenis recliner, kursi goyang, kursi malas, atau jenis – jenis kursi maupun sofa yang bisa digunakan untuk duduk bersantai namun tak banyak menyita tempat.

Selain tempat tidur dan sofa, pastinya kita semua membutuhkan lemari untuk meletakkan baju dan aksesoris lain. Bila studio apartemen yang Anda tempati menyediakan lemari dinding (walk-in closet), tentunya akan sangat menguntungkan sebab Anda tak perlu lagi menempatkan lemari di apartemen Anda.

Biasanya di sebuah apartemen yang kecil semacam studio apartemen, kita tidak akan menemukan banyak partisi atau sekat untuk membagi setiap area. Namun bila Anda menginginkan privasi, Anda bisa menambahkan kerai atau folding screen yang bisa ditempatkan di area antara tempat tidur dengan area kerja. Sehingga, Anda bisa mendapatkan tidur yang lebih nyaman.

2. Pilah mana furnitur yang bisa berfungsi secara double

Dalam memanfaatkan sebuah furnitur, kita mesti cerdik mengingat kita tinggal di studio apartemen dengan ruangan yang terbatas. Maka, usahakan setiap furnitur terutama yang berukuran besar, memiliki double fungsi. Bila Anda ingin menempatkan lemari untuk menyimpan buku atau aksesoris, pilih lemari dengan ketinggian yang sedang kemudian gunakan bagian atasnya untuk menempatkan TV atau lampu tidur.

small studio apartment

Furniture Apartemen Multifungsi

Jika Anda memiliki sebuah rak buku, Anda tak hanya bisa menaruh buku di dalamnya, tapi juga menempatkan benda atau aksesoris lainnya, misalnya kabel, charger, aksesoris, dan perhiasan. Sebuah meja kecil yang di bawahnya terdapat laci bisa memiliki fungsi ganda, yakni sebagai area meletakkan minuman dan makanan ringan sekaligus sebagai ruang penyimpanan buku atau majalah.

3. Pilih furnitur dengan ukuran yang mini

Saat ini, telah tersedia varian perabotan rumah tangga dengan ukuran yang mini. Ukuran yang mini ini memang khusus didesain bagi mereka yang single dan tinggal di apartemen yang tak terlalu luas, seperti studio apartemen ini. Untuk itu, pilih kulkas, microwave, magic com, toaster, dan teko / coffee pot yang berukuran mini.

Meskipun berukuran kecil, namun benda – benda tersebut didesain dengan mode kompak / compact sehingga tetap fungsional dan bisa digunakan untuk menyimpan / memasak makanan untuk 1 atau 2 orang. Perabotan rumah tangga tersebut sangat penting karena bisa digunakan untuk memasak (microwave, toaster, magic com), menyimpan makanan segar (kulkas), atau memanaskan makanan (microwave).

4. Pilih perabotan rumah tangga yang kuat dan tidak mudah retak / rusak

Biasanya, di studio apartemen kita tidak akan menemukan rak untuk meletakkan perabotan makan / masak seperti halnya ketika kita berada di rumah maupun apartemen reguler. Maka, selalu sediakan gelas, piring, dan sendok berbahan plastik yang tak mudah pecah, sehingga Anda bisa menaruhnya di tempat yang kecil / dalam kardus tanpa perlu khawatir jika peralatan tersebut akan pecah / rusak.

small apartment2

Furniture Apartemen Berukuran Ringkas dan Mungil

5. Minimalisir barang – barang yang diletakkan di meja

Dibandingkan memilih jam meja, sebaiknya pilih jam dinding. Jam meja biasanya memerlukan meja untuk meletakkannya, akibatnya meja menjadi penuh dan sesak. Hal ini juga berlaku untuk pigura, pilih pigura yang bisa diletakkan dengan cara digantung di dinding, bukan disandarkan di atas meja. Begitu juga dengan lampu, usahakan jangan menggunakan lampu meja namun cukup gunakan lampu utama yang di pasang di langit – langit atau lampu tempel yang dipasang di dinding. Dengan begitu, meja Anda akan lebih bersih dan lebih lapang dan bisa digunakan untuk menulis, mengetik, dan mengerjakan tugas.

Selamat mencoba 🙂

..

Architectaria – Arsitek dan Perencana

(Jika anda menganggap artikel ini bermanfaat, jika anda menikmati membaca artikel-artikel di web ini, anda dapat berlanggangan untuk membaca artikel ini melalui email. Silahkan klik DISINI jika anda ingin berlangganan membaca artikel dari architectaria.com melalui email).

No Comments Yet.

Leave a Comment