Menciptakan dan Mendekorasi Spa di Rumah (Home Spa)

Kiat-kiat membangun home spa pribadi bernuansa natural di rumah melalui penerapan dekorasi serrta hiasan yang kental nuansa alam untuk mempercantik tampilan home spa Anda.

Anda termasuk orang yang gemar ke salon untuk memanjakan diri dengan spa? Jika benar, maka Anda harus berfikir untuk membangun dan memiliki spa sendiri di rumah. Spa di rumah atau yang biasa disebut home spa sangat cocok untuk mengakomodasi kebutuhan Anda dalam menikmati spa rutin. Dengan memiliki home spa, Anda tak perlu repot-repot menyempatkan diri ke salon atau pusat perawatan tubuh jika ingin memanjakan diri dengan spa. Anda pun tak harus mengeluarkan biaya yang besar tiap kali ingin spa. Dengan begitu, Anda bisa menghemat budget Anda untuk perawatan tubuh.

Melakukan spa selain baik untuk menjaga kecantikan, juga dapat menjaga kesehatan tubuh. Spa dipercaya dapat menjadi salah satu cara rileksasi pikiran dan detoksifikasi yang sehat karena racun-racun yang ada di dalam tubuh. Selain dapat mengakomodasi kebutuhan spa rutin Anda, kehadiran home spa di rumah juga mampu menciptakan kesan kemewahan pada rumah itu sendiri.

Hal ini dapat dimengerti karena spa bukanlah hal yang umum kita temui dan hanya rumah-rumah orang tertentulah yang terdapat home spa di dalamnya.

Jika Anda berminat untuk membangun home spa, Anda bisa menggabungkan home spa ini di kamar mandi dengan memperluas ukuran kamar mandi itu sendiri. Selain itu, membangun tempat spa khusus memerlukan penambahan dekorasi dan material yang mempu menciptakan suasana kemewahan sekaligus ketenangan. Banyak motif-motif yang dapat Anda terapkan pula pada home spa ini, seperti misalnya motif tradisional Jepang yang umum diterapkan sebagai dekorasi spa.

Spa dengan dekorasi ala tradisional Jepang lebih menekankan pada penggunaan material alam seperti kayu dan batu yang juga dapat menyelaraskan tubuh dan pikiran dengan alam. Lantas, hal lain apa saja yang bisa kita gunakan untuk membangun dan mendekorasi home spa? Serta, bagaimana langkah-langkahnya?

Untuk itu, kali ini Anda akan membahas cara sederhana membangun home spa berkonsep natural serta mendekorasi spa tersebut agar memiliki tampilan yang lebih menarik.

Langkah-langkah membangun dan mendekorasi home spa dengan nuansa natural:

1. Pilih cat dinding dengan warna-warna alam

Untuk menciptakan ketenangan sekaligus nuansa natural di dalam spa itu sendiri, maka pilih cat dinding dengan tone yang lembut dan menggunakan warna-warna alam seperti hijau dan biru. Gunakan salah satu warna tersebut sebagai warna pokok pada dinding spa karena warna tersebut sangat tepat untuk menciptakan ketenangan bagi orang yang menginginkan relaksasi.

Desain Interior Home Spa Dengan Menggunakan Material Alami Seperti Batu dan Kayu

2. Beri tambahan dekorasi dengan elemen dari alam

Untuk memberi kesan home spa yang lebih natural, tambahkan dekorasi dan ornamen alam sebagai hiasannya. Anda bisa menggunakan cangkang kerang, batu-batuan, rumput, dan hal lain yang sangat kental nuansa alam. Letakkan dekorasi dan hiasan tambahan itu di sekeliling spa atau di meja dan berdekatan dengan cermin.

3. Pilih ubin dari batuan alam

Anda bisa menempatkan beberapa batuan alam yang difungsikan sebagai ubin dan letakkan di area dekat dengan home spa tersebut. Atau, Anda bisa juga menggunakan batuan alam tersebut sebagai dinding spa. Penggunaan batuan alam ini sangat cocok untuk diterapkan pada home spa, baik sebagai dinding maupun ubin karena tekstur permukaanya yang tak mudah licin meskipun dalam keadaan basah.

Berbagai Jenis Kebutuhan Untuk Home Spa

4. Tempatkan lemari untuk meletakkan bahan-bahan kebutuhan spa

Menempatkan lemari atau rak di area home spa sangat berguna untuk meletakkan hiasan atau dekorasi yang dapat menguatkan konsep natural home spa di rumah Anda. Selain itu, lemari ini berfungsi menyimpan alat dan bahan yang dapat mendukung aktifitas spa Anda seperti sabun, wewangian, lilin aromaterapi, dan sebagainya. Tanpa adanya lemari kecil di dekat home spa, maka benda-benda tersebut akan berserakan di pinggir tempat spa dan menciptakan pemandangan yang berantakan dan tak sedap.

5. Tempatkan lilin di sekeliling home spa

Tatalah beberapa buah lilin di sudut-sudut ruangan. Gunakan lilin aromaterapi dengan wangi yang Anda sukai untuk lebih menciptakan suasana tenang bagi tubuh dan pikiran. Pilih juga lilin dengan warna yang beragam untuk memberi kesan artistik. Warna putih dan biru muda bisa dipilih karena warna ini dapat memberi kesan menenangkan bagi orang yang tengah melakukan spa. Siapkan pula scrub, garam mandi, minyak zaitun, dan spons untuk aktifitas spa Anda.

Desain Interior Home Spa dengan Lilin Sebagai Akses Pemanis Ruangan

6. Siapkan handuk, jubah mandi, dan keset yang berkualitas baik

Selesai melakukan aktifitas spa, tentu jubah mandi, handuk adalah benda yang Anda gunakan untuk mengeringkan tubuh Anda. Maka, siapkan benda ini di area home spa. Penting pula meletakkan keset untuk mengeringkan kaki Anda dan agar lantainya tak licin. Selain lemari, penting juga menempatkan tempat jemuran kecil untuk menjemur baju, jubah mandi, atau handuk yang basah.

..

Architectaria – Arsitek dan Perencana

(Jika anda menganggap artikel ini bermanfaat, jika anda menikmati membaca artikel-artikel di web ini, anda dapat berlanggangan untuk membaca artikel ini melalui email. Silahkan klik DISINI jika anda ingin berlangganan membaca artikel dari architectaria.com melalui email).

LinkedInTumblrStumbleUponRedditAIMDiggDeliciousFlipboardShare

No Comments Yet.

Leave a Comment