Mencegah Tumbuhnya Rumput di Sela – Sela Pavers/Batu pada Jalan Setapak

pathway_1

Bahan – bahan yang dapat membantu membasmi sekaligus mencegah rumput agar tidak tumbuh pada sela – sela batu/paver pada jalan.

Tumbuhnya rumput memang tidak dapat diduga. Rumput liar bisa tumbuh di manapun di area outdoor, bahkan di spot yang sangat kecil sekalipun, misalnya di sela – sela batu / paving pada jalan setapak. Rumput – rumput liat yang tumbuh dengan sangat cepat ini bila tidak segera dibasmi akan tumbuh menyebar dan menjadi rimbun hingga akarnya tertancap kuat dan sulit dibersihkan. Bahkan, akar – akar rumput ini bisa saja mendesak batuan / paving yang ada pada jalan setapak, sehingga paver menjadi pecah dan jalan menjadi retak atau berlubang.

Untuk itu, berbagai cara mesti ditempuh guna menghilangkan rumput dari jalan setapak. Bahan – bahan berikut ini bisa menjadi solusi yang akan membantu Anda membasmi sekaligus mencegah rumput agar tidak tumbuh pada sela – sela batu jalan.

1. Plastik

Potong rumput semaksimal mungkin. Gunakan kantung plastik warna hitam pada sisa – sisa kumpulan rumput. Hal ini bertujuan untuk memblok atau menghalangi cahaya matahari agar tidak bisa tembus dan mengenai rumput. Tanpa adanya sinar matahari, mustahil rumput bisa bertahan hidup. Sebab, rumput membutuhkan sinar matahari untuk proses fotosintesis. Dengan menutup rumput menggunakan kantung plastik hitam, otomatis rumput kehilangan sumber fotosintesisnya dan perlahan – lahan akan mati.

Setelah itu, di atas plastik hitam tersebut kita bisa mulai menempatkan beberapa batuan, mulai dari paver, batu hampar, hingga batu kali. Pastikan agar kantong plastik cukup rapat dan tidak bocor tatkala ditindihi oleh batu. Sedikit saja ada kebocoran, hal ini bisa mengakibatkan rumput berpeluang untuk tumbuh lagi.

2. Semen

Setelah rumput ditutupi dengan plastik hitam, kita bisa menambahkan semen setebal satu hingga dua inchi. Cara ini dilakukan untuk menindih rumput, sehingga rumput tidak mampu lagi tumbuh. Setelah semen diratakan dan masih dalam keadaan basah, Anda bisa menambahkan batuan – batuan pada jalan setapak Anda. Keberadaan semen ini juga memberikan keuntungan lain, yakni membuat posisi batuan lebih stabil dan tidak mudah bergeser.

Untuk menghasilkan campuran semen yang baik, campurkan ½ kantung semen tipe S, 8 sendok pasir, dan 3 galon air. Ratakan semen dengan menggunakan kulir pada bidang yang akan kita jadikan jalan setapak, lalu sebarkan batu – batuan. Pastikan semen masih dalam keadaan basah saat Anda menambahkan batuan kerikil / batu kali di atasnya. Atur agar posisi batu tidak tenggelam seutuhnya dalam cairan semen, melainkan hanya setengah bagiannya saja. Diamkan semen tersebut dan jangan disentuh selama seharian penuh sebelum benar – benar mengering. Batu kerikil yang dicampur dengan semen ini cocok digunakan sebagai jalan setapak pada area pinggir sungai atau tepian tebing.

pathway_2

Pathway Dari Campuran Semen

3. Woven fabric

Woven fabricbisa juga dipakai untuk lanskap. Kain ini memungkinkan air dan oksigen berpenetrasi dan meresap ke dalam tanah. Woven fabricini cocok ditempatkan pada area, terutama ketika kita ingin mengkombinasikan antara batu dan tanaman. Teknik ini memungkinkan terciptanya atmosfer yang baik bagi tanaman agar bisa tumbuh dengan sehat. Tak hanya itu, kain ini juga bisa menghambat pertumbuhan rumput liar untuk tumbuh di sekitarnya.

Cara meletakkan kain ini sama seperti ketika Anda meletakkan plastik hitam seperti yang sudah dijabarkan di atas. Hanya saja, beri sedikit celah atau lubang kecil pada kain sebagai space jika Anda ingin menanam tanaman atau bunga. Kemudian, gunakan paku atau staples untuk merekatkan kain dengan tanah. Letakkan berbagai macam batu – batuan di atasnya dengan hati – hati, jangan sampai merobek permukaan kain tersebut.

4. Tumpukan jerami yang setengah busuk (mulch)

Cara alami untuk mencegah tumbuhnya rumput liar yakni dengan menggunakan mulch atau semacam tumpukan jerami yang dibiarkan setengah membusuk. Mulch juga bisa dihasilkan dari gergaji / potongan kecil kayu, atau daun – daun kering. Caranya dengan menaburkan mulch dan meratakannya hingga menutupi seluruh permukaan rumput. Pastikan rumput tersebut benar – benar tertutupi. Mulch akan menghalau sinar matahari sehingga tidak dapat mengenai rumput. Mulch juga menjaga agar kelembaban udara menjadi berkurang, sehingga rumput akan mati perlahan – lahan karena kekeringan. Setelah didiamkan beberapa hari, Anda bisa mulai meletakkan dan menyusun batu – batuan untuk dibangun jalan setapak.

5. Kertas koran

Kertas koran juga ternyata ampuh untuk menahan pertumbuhan rumput liar sekaligus mematikannya. Penggunaan kertas koran cukup ramah lingkungan. Cara mengaplikasikannya pun cukup mudah, yakni dengan melampirkan kertas koran di permukaan yang ditumbuhi rumput yang nantinya akan dijadikan pathways. Setelah dilapisi koran, Anda bisa meletakkan batu atau pavers yang sudah disediakan. Keberadaan koran ini mampu menangkal tumbuhnya rumput liar hingga beberapa tahun.

6. Cairan pembasmi rumput

Jika Anda menginginkan cara cepat untuk membasmi rumput, gunakan cairan kimia khusus yang biasa digunakan untuk mematikan rumput liar dengan cepat. Cairan ini bisa mematikan atau minimal mengurangi rumput. Semprotkan cairan ini pada area yang terindikasi terdapat kumpulan rumput liar. Anda juga bisa menyemprotkan cairan ini di sepanjang jalan setapak guna mencegah tumbuhnya rumput liar.

Selamat mencoba 🙂

..

architectaria.com | Arsitek, Desain Interior, General Contractor

(Jika anda menganggap artikel ini bermanfaat, jika anda menikmati membaca artikel-artikel di web ini, anda dapat berlanggangan untuk membaca artikel ini melalui email. Silahkan klik DISINI jika anda ingin berlangganan membaca artikel dari architectaria.com melalui email).

No Comments Yet.

Leave a Comment