Menata Meja Makan ala Amerika

menata-meja-makan-ala-amerika1

Cara menata dan mengatur meja makan (table setting) ala Amerika untuk perayaan istimewa seperti Natal dan Tahun Baru.

Momen Natal dan Tahun Baru akan segera tiba. Sebagian dari Anda pastinya sudah merencanakan perayaan atau pesta untuk menyambut dua momen besar tersebut. Terkait hal tersebut, salah satu hal yang penting untuk dipersiapkan adalah meja untuk menyambut tamu sekaligus untuk menghindangkan makanan. Maka sebagai tuan rumah yang baik, sudah semestinya kita menjamu tamu dengan baik pula melalui penataan meja (table setting) yang konseptual.

Untuk itu, kali ini kita akan menghadirkan salah satu tips table setting mengikuti etika American-style. Tipe penataan meja makan ala Amerika ini memungkinkan tiap tamu memperoleh area yang cukup untuk menggunakan seluruh peralatan makan yang tersedia di meja selagi menikmati hidangan. Selain itu, tampilan dari table setting ini juga menarik dan pantas untuk dihadirkan sebagai pelengkap perayaan penting seperti Natal dan Tahun Baru.

Agar Anda bisa menampilkan table setting ala Amerika yang menarik, pastikan peralatan di bawah ini telah tersedia dan tertata dengan benar.

Taplak meja dan tatakan piring

Untuk acara makan malam pada perayaan istimewa, gunaan taplak meja. Pastikan panjang dan lebar taplak meja ini 10 hingga 15 inci lebih panjang dari tepian meja. Sedangkan untuk penempatan tatakan piring, hal ini sah – sah saja dan cocok ditempatkan untuk acara sarapan, makan siang, atau makan malam yang sedikit informal. Tapi jika Anda menginginkan tatakan piring dengan sentuhan yang lebih formal, Anda bisa menggunakan tatakan dari bahan – bahan mahal dan cukup mewah, misalnya sutra atau linen.

Peralatan makan dasar

Untuk table setting ala Amerika ini, alat makan tidak boleh melebihi dari 3 buah di masing – masing sisinya. Untuk acara makan malam yang formal, mungkin beberapa peralatan makan tambahan diperlukan untuk mengakomodasi kebutuhan tamu, misalnya pisau untuk memotong daging, alat pengelupas kerang (jika Anda menyajikan seafood) dan sendok kecil untuk menikmati makanan penutup. Namun, alat makan untuk makanan pembuka dan penutup sebaiknya diletakkan agak jauh dari piring utama, karena alat makan yang berada di dekat piring hanyalah alat makan yang digunakan untuk mengkonsumsi menu utama.

Sendok, garpu, pisau

Jika ingin menciptakan nuansa makan malam yang mewah, hadirkan peralatan makan seperti sendok, garpu, dan piring dari bahan perak. Untuk table setting ala American style, garpu diletakkan di kiri, sementara sendok dan pisau diletakkan di kanan. Garpu salad merupakan salah satu jenis garpu yang wajib hadir pada table setting ini. Garpu ini harus diletakkan paling dekat dengan piring. Selain garpu salad, garpu utama (entrée fork) diletakkan agak jauh dari piring. Jika ada garpu ikan, maka garpu tersebut menjadi garpu dengan letak paling jauh dari piring. Dengan kata lain, garpu utama akan berada di tengah – tengah antara garpu salad dengan garpu ikan.

Jika diatur dari sebelah kanan piring, maka penataannya adalah: sendok sup diletakan paling jauh dari piring, diikuti sendok untuk mengkonsumsi makanan penutup. Sementara itu, pisau diletakkan di sebelah kanan piring di sebelah sendok sup. Sementara pisau untuk memotong daging diletakkan tepat di sebelah kanan piring dan pisau butter terletak di kanan sendok seafood. Jika terdapat sendok atau pisau untuk makanan penutup, biasanya peralatan makan ini diletakan tepat di atas piring utama.

menata-meja-makan-ala-amerika2

Peralatan Makan pada Penataan Meja Makan ala Amerika

Piring dan gelas

Piring utama mesti ditempatkan persis di depan tempat duduk pada meja makan. Ukuran piring ini bermacam – macam, untuk ukuran piring yang paling kecil, biasanya digunakan untuk meletakkan roti atau salad dan biasanya terletak di sebelah kiri piring utama. Selain itu, pisau butter mesti diletakkan di seberang piring roti, dan atur agar handle dari pisau tersebut mengarah ke kanan.

Selain piring, gelas juga tak kalah pentingnya untuk diperhatikan penataannya. Gelas minuman mesti ditempatkan di kanan piring utama. Jika terdapat air putih dan wine yang dihidangkan secara bersamaan, maka gelas wine mesti diletakkan tepat di atas pisau butter. Namun jika Anda memilih untuk menggunakan cangkir, entah itu cangkir untuk menyajikan kopi atau teh, maka kedua cangkir ini mesti diletakkan di sisi kanan piring utama. Namun jika masih ada beberapa area tersisa, cangkir yang berisi minuman hangat tersebut sebaiknya diletakkan di atas piring utama di sisi kanan.

Serbet

Serbet cocok digunakan untuk acara makan malam formal. Serbet bisa dilipat dan diletakkan di seberang piring utama dan akan digunakan oleh tamu sebelum makan utama disajikan. Sebagai alternatif, serbet ini bisa diatur di sisi kiri garpu utama. Sekali tamu duduk di tempat yang sudah ditentukan, maka serbet yang tadinya berada di atas meja mesti dipindah dan ditaruh di atas pangkuan sebelum makan untuk menghindari agar serpihan makanan tidak mengenai baju. Hal ini merupakan etika standar pada acara makan malam formal.

Selamat mencoba 🙂

..

Architectaria – Arsitek dan Perencana

(Jika anda menganggap artikel ini bermanfaat, jika anda menikmati membaca artikel-artikel di web ini, anda dapat berlanggangan untuk membaca artikel ini melalui email. Silahkan klik DISINI jika anda ingin berlangganan membaca artikel dari architectaria.com melalui email).

1 Comment

  1. Artikel yang bagus, menambah wawasan buat wanita agar lebih pintar dalam menata meja makan 🙂 Thanks for sharing

Leave a Comment