Menata Dan Mendekorasi Teras Rumah

Teras rumah biasanya merupakan area semi terbuka. Letaknya bisa didepan rumah, disamping atau dibagian belakang rumah. Teras atau beranda merupakan area transisi antara ruang terbuka diluar rumah dengan bagian dalam rumah. Teras atau beranda biasanya adalah bagian dari rumah yang menghadap atau berorientasi keruang terbuka seperti halaman atau area terbuka hijau didalam kawasan hunian perumahan.

Layaknya ruang-ruang didalam rumah, teras atau beranda sebaiknya ditata sedemikian rupa agar nyaman. Kenyamanan ini perlu dipertimbangkan mengingat sebagian keluarga menggunakan teras atau beranda sebagai area untuk berkumpul dan bersosialisasi, baik sesama anggota keluarga maupun dengan tetangga atau tamu yang kebetulan sedang berkunjung. Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa anda ikuti untuk menata teras atau beranda dirumah anda..

Pemilihan Material Untuk Lantai

Karena teras atau beranda adalah area semi terbuka dan berada diluar rumah (semi outdor), maka pemilihan jenis materialnya disesuaikan dengan sifat areanya. Untuk area terbuka dan semi outdoor, sebaiknya menggunakan material yang teksturnya lebih kasar. Untuk lantai teras atau beranda, hindari penggunaan material yang licin dan berpori kecil seperti keramik untuk ruang didalam rumah. Gunakan terasso atau keramik berpori besar seperti yang biasa anda gunakan untuk kamar mandi. Terasso atau keramik berpori besar juga punya keuntungan lain, yaitu: mampu membuang air lebih cepat, sehingga ketika terkena air hujan lantainya tidak terlalu licin.

Anda juga bisa menggunakan batu alam untuk lantai teras atau beranda dirumah, pastikan batu alam untuk lantai telah diberi coating untuk menghindari air memasuki pori-porinya. Batu alam yang telah diberi lapisan kedap air juga akan menghindari lumut menempel pada lantai tersebut.

Pemilihan Material Untuk Dinding

Setelah selesai dengan pemilihan material untuk lantai teras atau beranda, hal lain yang harus anda perhatikan adalah pemilihan material dan pola-pola dekoratif untuk dinding teras atau beranda anda. Untuk bagian dinding teras atau beranda rumah, anda bisa menggunakan beragam material atau menggkombinasikan berbagai material untuk membentuk satu kesatuan bidang dekoratif bernilai estetika tinggi. Sebagai contoh, anda bisa menggunakan bata yang diekspose, kayu solid dengan berbagai pola (vertical, horizontal, maupun diagonal), batu alam (batu paras, batu candi, marmer, koral, granit, andesit, dsb).

Lapisan penutup bidang dinding teras atau beranda dirumah anda akan sangat cantik dipandang jika anda mampu mengkombinasikan berbagai jenis material, warna, dan menyusun pola-pola dekoratif yang indah. Anda dapat menempelkan batu alam (batu paras atau batu candi) dan kayu solid pada bidang dinding luar sebagai aksen untuk mempercantik dan meningkatkan nilai estetika dinding diarea teras/beranda rumah anda.

Hindari menempelkan hiasan dinding seperti kaligrafi berbagan logam (perak, kuningan) dan lukisan pada teras atau beranda. Karena letaknya diluar dan sifatnya yang semi outdoor, perubahan cuaca dari panas ke dingin atau sebaliknya dan perbedaan temperatur pada siang dan malam hari akan sangat mudah untuk merusak hiasan dinding anda. Jika anda ingin menambahkan elemen aksesosris, anda bisa mempertimbangkan aksesoris berbahan dasar kayu atau gerabah. Anda juga bisa menempelkan ukiran (carving) dan ornamen berbahan dasar batu alam. Bentuknya seperti roaster tetapi dimensinya lebih besar. Jika anda sering bepergian ke kota Jogja, ada banyak sekali ornament ukiran berbahan dasar batu alam dijual didaerah Kasongan atau Pasar Seni Gabusan.

Pemilihan Material Untuk Langit-Langit

Untuk bidang langit-langit diarea teras atau beranda rumah anda, coba pertimbangkan material-material alami seperti kayu, rotan, bambu atau anyaman dari kulit rotan dan anyaman bambu. Untuk mempercantik langit-langit diarea teras rumah anda, tidak harus mengeluarkan uang yang banyak dengan membeli material yang mahal.

Anda bisa menggunakan sisa-sisa potongan palet dari kayu jati belanda. Biasanya kayu ini dipakai untuk packaging. Anda bisa membelinya dengan harga murah dan menatanya sedemikian rupa untuk menghasilkan tampilan yang menarik dibagian langit-langit. Untuk menambah cantik tampilannya, lapisi kayu tersebut dengan pelitur atau varnish.

Penggunaan unsur-unsur alami seperti kayu atau bambu tentu akan membuat teras atau beranda rumah anda tampil lebih artistik dibanding jika langit-langitnya hanya menggunakan bahan konvensional seperty beton ekspose, gypsum atau multiplex.

Pemilihan Perabot Pengisi Teras atau Beranda

Untuk perabot pengisi sekaligus penghias teras atau beranda rumah anda, harus dibedakan dengan perabotan pengisi interior. Untuk perabot (furnishings) pengisi interior ruangan kebanyakan dari anda pasti akan memilih perabot dengan finishing maupun tekstur yang halus. Hal ini dilakukan karena daya tarik dari perabot interior terletak pada tingkat kehalusan tekstur maupun finishingnya. Sementara untuk perabot diarea semi outdoor seperti teras atau beranda, anda tidak membutuhkan perabot yang terlalu halus. Yang anda butuhkan adalah perabot dengan tingkat kekuatan dan daya tahan terhadap cuaca yang tinggi.

Gambar Meja dan Kursi Untuk Teras atau Beranda Rumah

Pilih perabot pengisi teras atau beranda yang berbahan dasar logam, kayu solid, rotan, bambu, atau gerabah. Anda bisa menggunakan 1 set meja+kursi berbahan dasar besi tempa atau meja dan kursi dari hasil olahan akar jati atau akar ulin. Kayu bekas yang didaur ulang akan tampak indah sekaligus unik jika anda mampu mengolah dan menatanya dengan baik. Penggunaan perabot dari besi tempa dan sisa-sisa olahan kayu jati atau ulin selain indah, unik namun juga kuat terhadap perubahan cuaca diluar ruangan.

Penggunaan meja+kursi dari bahan bambu atau rotan juga banyak dijumpai pada area teras atau beranda. Seperti halnya besi tempa atau kayu olahan dari limbah ulin atau jati, rotan dan bambu yang sudah ditreatmen dengan baik cukup tahan terhadap cuaca diluar ruangan. Hanya saja, anda perlu memperhatikan kenyamanan ketika anda duduk dan bersandar dikursi berbahan bambu atau rotan. Gunakan bantalan kursi sebagai alas duduk dan sandaran dikursi rotan anda. Sebaiknya bantalan cukup mudah untuk dilepas dan dipasang, sehingga jika bantalannya kotor, anda akan mudah untuk membersihkannya.

Pertimbangkan juga untuk menggunakan aksesoris tambahan, anda bisa menambahkan lampu dinding atau lampu yang digantung dilangit-langit teras atau beranda rumah anda. Floor lamp dari kayu, rotan dan fabric dapat juga dijadikan aksesoris untuk mempercantik area teras atau beranda dirumah anda. Pot bunga atau vas berukuran besar dari tanah liat (gerabah) yang diisi dengan bambu atau ranting kering bisa anda sandingkan dengan meja+kursi kayu berbahan dasar rotan akan membuat teras atau beranda anda terlihat lebih cantik.

Selamat menata dan mendekorasi teras atau beranda dirumah Anda..

..

Architectaria – Arsitek dan Perencana

(Jika anda menganggap artikel ini bermanfaat, jika anda menikmati membaca artikel-artikel di web ini, anda dapat berlanggangan untuk membaca artikel ini melalui email. Silahkan klik DISINI jika anda ingin berlangganan membaca artikel dari architectaria.com melalui email).

3 Comments

  1. aslan

    akhirnya dapat juga cara menata dan mendesain interior teras dan beranda rumah.

    matur nuwun pak broo..

  2. amelyia

    trimakasih.. artikelnya kereenn.. :D

Leave a Comment