Menata dan Mendekorasi Meja Kerja Anda

Bekerja adalah aktivitas rutin yang dilakukan sehari hari oleh hampir semua orang. Karena kegiatan ini rutin dilakukan, maka bekerja sangat berpotensi membuat Anda merasa bosan. Ketika perasaan bosan itu muncul, akibatnya adalah produktivitas kerja Anda pasti akan menurun. Hal ini tidak hanya terjadi pada Anda saja, ternyata hal ini dialami dan dirasakan oleh banyak orang. Untuk mengatasi perasaan bosan akibat rutinitas tersebut beberapa hal bisa dilakukan, salah satunya adalah inovasi dan perubahan pada desain interior ruang kerja Anda. Dengan desain interior yang menarik serta disesuaikan dengan karakter penghuninya diharapkan gairah dan produktivitas kerja Anda bisa kembali seperti sebelumnya.

Beberapa dari Anda mungkin ada yang berpikiran bahwa memiliki meja kerja atau meja komputer dan berbagai perlengkapan kantor lainnya secara tidak langsung dapat mempengaruhi keberhasilan atau kegagalan Anda dalam melakukan sebuah aktivitas. Apakah Anda seorang mahasiswa atau pekerja profesional, sebuah meja komputer dan peralatan kantor yang lengkap akan Anda butuhkan untuk menyelesaikan pekerjaan. Meja dan berbagai peralatan kantor yang bagus dan tertata dengan rapi dapat mendukung hal-hal yang akan Anda kerjakan didalam ruang kerja.

Menjaga ruang kerja beserta berbagai macam perlengkapan yang ada didalamnya seperti: meja komputer, kursi kerja, rak buku, printer, fax, dsb agar selalu rapi dan bersih tidak hanya dapat meningkatkan nilai estetika dan keindahan ruangan kerja saja, tetapi akan membuatnya lebih terorganisir dan Anda akan mampu menyelesaikan pekerjaan dengan cepat.

Pada umumnya dari setiap ruang kerja, barang-barang yang paling minimal harus ada adalah meja kerja, kursi kerja yang nyaman serta sistem pencahayaan yang baik. Dewasa ini selain ketiga unsur tersebut tentunya perangkat komputer, fax, modem internet, dan pesawat telepon juga merupakan perlengkapan yang vital. Jika ruang kerja yang tersedia terbatas, Anda harus merencanakannya dengan baik agar semua peralatan tersebut bisa tertata dengan baik dan rapih. Untuk ruang kerja dengan luasan yang kecil maka pertimbangkan untuk menempatkan lemari dan meja terpadu. Sebaiknya perabot ini dibuat sendiri secara custom sehingga Anda dapat menyesuaikan ukuran dan bentuknya dengan luas ruang yang tersedia. Selain itu, Anda dapat memberikan sentuhan akhir pada ruang kerja sesuai selera Anda.

Gambar Desain Meja Kerja dan Perlengkapan Ruang Kerja

Kami telah menyusun daftar barang-barang penting yang diperlukan didalam ruang kerja agar Anda dapat mengorganisir furniture ruang kantor Anda menjadi lebih mudah.

Barang-Barang Penting Yang Diperlukan Di Meja Kerja atau Meja Komputer:

Kursi.
Meja kantor dapat menjadi tidak berguna jika Anda memiliki kursi kantor yang tidak nyaman untuk digunakan pada saat bekerja. Sebaiknya Anda dapat memilih kursi kantor Anda sendiri. Anda dapat memilih kursi yang sederhana, seperti bangku misalnya. Bangku sangat berguna dan praktis dalam penggunaannya. Kursi ergonomis atau sesuatu yang sedikit lebih menyenangkan seperti kursi bean bag juga dapat menjadi alternatif lainnya.

Pastikan kursi dapat mendukung aktivitas Anda, terutama jika Anda berencana duduk di meja kerja atau meja komputer selama berjam-jam untuk mengerjakan tugas sekolah/kuliah atau pekerjaan lainnya. Anda juga harus memastikan tinggi dari meja kerja Anda dengan tepat.

Komputer.
Sementara ini tampaknya jelas bahwa sangat penting bagi Anda untuk menyadari bahwa meja kerja dan meja komputer dibangun sebagai tempat kerja yang efisien. Mereka dirancang untuk meletakkan laptop atau komputer desktop. Selain itu, untuk Anda yang masih pelajar, mahasiswa atau karyawan masih memiliki cukup ruang yang tersisa di meja komputer untuk mengerjakan pekerjaan lainnya.

Desktop Computer (PC)

Memiliki ruang yang cukup untuk komputer dan monitor adalah penting. Anda tidak harus duduk terlalu dekat dengan layar. Tinggalkan area yang cukup untuk penempatan keyboard Anda.

Printer.
Sebuah meja kerja dan meja komputer yang efisien seharusnya masih memiliki spase yang cukup untuk meletakkan printer. Menempatkan printer di dekat Anda akan menghemat waktu ketika Anda sedang terburu-buru, baik untuk mencetak tugas sekolah, tugas kuliah atau laporan untuk atasan.

Gambar Printer

Lampu Meja.
Memasang lampu di meja komputer juga akan membantu Anda bekerja lebih baik dan lebih cepat. Alih-alih mencoba melihat dengan cahaya monitor atau layar laptop, Anda akan memiliki lampu dengan pencahayaan kuat untuk menerangi ruang kerja Anda ketika sedang bekerja mengejar deadline saat tengah malam.

Gambar Lampu Meja Kerja (Desk Lamp)

Notepad Atau Sticky Notes.
Notepad atau sticky notes sangat berguna ketika tiba-tiba muncul sebuah ide baru dan kreatif sehingga Anda harus mencatatnya, seperti mencatat nomor telepon atau alamat yang baru saja Anda dapatkan. Investasi pada sebuah tempat pensil trendi juga dapat meningkatkan tampilan meja kerja dan meja komputer Anda dan memudahkan akses untuk mengambil pena atau pensil.

Hal yang perlu Anda waspadai adalah : Jangan pernah meninggalkan password komputer atau password rekening bank atau jenis informasi pribadi lainnya di meja kerja atau meja komputer Anda.

Gambar Sticky Notes

Tempat Sampah
Sediakan tempat sampah dekat dengan meja kantor Anda, sehingga Anda tidak perlu berjalan jauh untuk menjaga area kerja Anda tetap bersih dan terorganisir. Dengan begitu efesiensi dalam pekerjaan akan terus terjaga.

Barang-Barang Pribadi
Item ini berkisar tentang foto-foto berharga dengan teman atau anggota keluarga Anda untuk barang-barang koleksi, seperti karya seni atau patung-patung. Barang pribadi dapat menghiasi dan melambangkan meja kerja atau meja komputer Anda, serta membuat ruang kantor Anda menjadi lebih nyaman untuk bekerja.

Selamat menata meja kerja Anda :)

..

Architectaria – Arsitek dan Perencana

(Jika anda menganggap artikel ini bermanfaat, jika anda menikmati membaca artikel-artikel di web ini, anda dapat berlanggangan untuk membaca artikel ini melalui email. Silahkan klik DISINI jika anda ingin berlangganan membaca artikel dari architectaria.com melalui email).

3 Comments

  1. sayuti

    desain ruang kerja dan meja kerjanya rapih & tertata sekali.. Terima kasih untuk referensinya gan..

  2. rapih ya.. terimakasih banyak informasinya..

Leave a Comment