Menata dan Mendekorasi Halaman tanpa Tanaman, Mungkinkah?

water feature

Cara singkat, praktis, dan sederhana untuk mewujudkan dekorasi halaman rumah yang menawan meski tanpa tanaman.

Di kota – kota besar, keterbatasan lahan menjadi salah satu batasan yang cukup menyulitkan. Harga tanah yang semain mahal menjadikan lahan sisa di sekeliling rumah menjadi sulit ditemui, terutama di rumah – rumah di area perumahan. Lahan kosong yang ada di depan rumah kebanyakan terlalu sempit dan telah dipaving, sehingga menyulitkan kita untuk menanaminya dengan tanaman. Selain itu, kualitas tanah yang buruk dan lokasi rumah yang kurang tepat juga menjadi faktor penghambat seseorang untuk menanam tanman dan mewujudkan taman mungil di rumah.

Namun tak perlu berkecil hati. Bila Anda masih memiliki sisa lahan di sekeliling rumah namun tidak bisa ditanami, Anda masih bisa memanfaatkannya untuk mewujudkan area outdoor yang menyenangkan. Anda tetap bisa menata dan mendekorasi halaman rumah Anda meski tanpa satu tanaman sedikitpun. Anda tetap bisa mengimitasi nuansa alam dengan mengolah fitur – fitur buatan yang bisa kita ciptakan dengan memanfaatkan dekorasi dan furnitur outdoor yang banyak kita temui di pasaran. Penasaran apa saja fitur – fitur yang kita butuhkan dan bagaimana cara mewujudkannya? Simak penjabarannya di bawah ini.

1. Fitur Air

Kangen dengan nuansa alam namun tak ada satu tanaman pun yanga ada di halaman rumah Anda? Tak perlu khawatir, Anda masih bisa menikmati nuansa alami tersebut melalui bunyi gemericik air. Ya, menempatkan fitur air pada halaman bisa menjadi solusi untuk menciptakan nuansa alami. Anda bisa menempatkan kolam ikan atau air terjun buatan agar tercipta bunyi gemericik air. Penting juga bagi Anda untuk memasang pompa air untuk memastikan air terus mengalir. Air yang mengalir juga dapat menghindarkan air dari ganggang dan lumut. Jangan lupa, tempatkan pula batuan – batuan alam di sekitar area tersebut. Anda bisa memilih batuan alam warna – warni atau batuan alam dengan warna yang natural.

water fountain

Water Fountain

Selain itu, Anda bisa juga meletakkan baskom atau gentong air dan biarkan burung – burung liar, kupu – kupu, dan serangga singgah di tempat tersebut. Melihat burung – burung liar yang meminum air dari wadah air tersebut bisa menjadi hiburan tersendiri.

2. Shelter / Tempat berlindung hewan liar

Di kota – kota besar, habitat hewan – hewan mulai berkurang dan berangsur – angsur menghilang. Padahal, di kota besar sering kita temui hewan – hewan liar, misal burung liar, kucing liar, hingga serangga. Namun, kebanyakan mereka tidak memiliki tempat berlindung, terlebih di kala terik siang hari atau tat kala hujan. Oleh karena itu, tak ada salahnya Anda menciptakan shelter / tempat berlindung hewan liar. Tempat berlindung burung liar mungkin yang paling mudah dibuat.. Anda cukup menyediakan papan tempatnya bernaung. Letakkan papan sederhana di tempat yang cukup tinggi, misal di dinding luar rumah. Setelah itu, cat dengan warna yang mencolok dan tempatkan sedikit makanan burung di tempat tersebut untuk memancing burung – burung liar agar singgah.

Sedangkan untuk shelter kucing liar, Anda bisa menempatkan papan dan susun menjadi sebuah ruangan agar muat dihuni 2 atau 3 kucing. Pastikan ruangan tersebut memiliki sirkulasi udara dan pencahayaan yang cukup baik.

3. Rumah Boneka

Kangen dengan masa kanak – kanak? Mengapa Anda tak coba tampilkan nostalgia masa kecil Anda dahulu? Caranya yakni dengan menempatkan istana atau rumah boneka dan isi sekelilingnya dengan figur – figur kartun favorit kita semasa kecil. Rumah boneka ini bisa Anda buat sendiri dengan sedikit ketrampilan Anda membuat barang – barang dari kayu. Lengkapi dengan material lain seperti kerang, batuan alam, manik – manik, serta daun – daun kering. Setelah itu, cat dengan warna yang menarik. Bisa juga Anda membeli rumah boneka yang sudah jadi, dan tinggal meletakkanya di halaman rumah Anda.

Selain rumah boneka, Anda bisa menempatkan permainan seperti ayunan di samping rumah boneka tersebut. Agar terlihat lebih hidup, tempatkan pula figur – figur yang Anda sukai di dalam rumah boneka tersebut.

gazebo modern

Desain Gazebo Modern

4. Serambi Terbuka

Bila Anda tak teralalu suka dengan dekorasi yang berlebihan pada eksterior rumah Anda, Anda bisa membiarkan halaman rumah Anda menjadi serambi atau area terbuka untuk melakukan aktifitas luar ruangan. Cukup tempatkan furnitur outdoor seperti patio, sofa, meja, kursi, dan tungku api atau alat pemanggang. Agar tetap menarik di malam hari, beri pencahayaan dengan lampu – lampu yang berwarna –warni. Sehingga, suasana halaman luar rumah Anda akan tetap ceria dan nyaman diguankan untuk berkumpul dan besntai di malam hari. Atau, Anda bisa membangun sebuah gazebo mungil di tengahnya yang bisa Anda gunakan sebagai area bersantai atau melakukan yoga. Terakhir, Anda bisa mengundang keluarga, teman – teman, dan relasi Anda untuk mengadakan pesta Berbeque bersama.

Selamat mencoba :)

..

Architectaria – Arsitek dan Perencana

(Jika anda menganggap artikel ini bermanfaat, jika anda menikmati membaca artikel-artikel di web ini, anda dapat berlanggangan untuk membaca artikel ini melalui email. Silahkan klik DISINI jika anda ingin berlangganan membaca artikel dari architectaria.com melalui email).

1 Comment

  1. Saya ingin menawarkan kpd client Architectaria, jasa pembuatan Sumur Resapan dan Lubang Resapan Biopori untuk rumah tinggal
    JIka ada dapat menghubungi saya di nmr 085813126251 (Oky)

Leave a Comment