Menanam Mawar pada Pot dalam Ruangan

mawar1

Mengidentifikasi jenis mawar yang tepat untuk ditempatkan di dalam ruangan serta cara menanam dan merawatnya.

Anda penyuka bunga mawar dan ingin menjadikan bunga ini salah satu dekorasi interior Anda? Kini, hal tersebut bisa diwujudkan sebab telah ada beberapa jenis bunga mawar yang cocok untuk ditumbuhkan dalam ruangan. Salah satu jenis mawar yang tepat adalah mawar berukuran mini Rosa chinensis Minima. Spesies ini merupakan miniatur dari spesies mawar floribunda. Dibandingkan jenis mawar yang lain yang ukurannya jauh lebih besar, mawar mini ini jauh lebih mudah ditumbuhkan dalam pot, sehingga cocok ditempatkan di dalam ruangan dan menjadi salah satu elemen dekorasi interior.

Menumbuhkan mawar dalam ruangan banyak dipilih karena bunga ini akan menyebarkan wangi segar alami ke seluruh sudut ruangan saat mekar. Dengan perawatan yang tepat dan penempatan yang sesuai, niscaya mawar mini Anda tetap bisa tumbuh besar hingga mencapai 50 cm tingginya. Jika Anda berniat untuk menumbuhkan mawar dalam pot dan meletakkanya pada ruangan, ada beberapa alat dan bahan yang mesti disiapkan terlebih dahulu. Apa sajakah itu? Simak deskripsi alat dan bahan, serta langkah – langkahnya berikut ini.

Bahan – bahan yang mesti Anda siapkan:

– pot kecil dengan lubang – lubang di bawahnya untuk drainase
– potting mix / bahan – bahan campuran / media tanam berbahan perlite
– semprotan air berukuran kecil
– wadah / kontainer / baskom
– batu – batu kecil / kerikil / koral
– humidifier untuk pengontrol kelembaban (hal ini bersifat opsional)
– pupuk mengandung bahan Potassium
– gunting tanaman
– bibit / pohon mawar dalam polybag

mawar2

Bunga Mawar dalam Ruangan

Langkah – langkahnya:

  1. Siapkan bibit atau pohon mawar yang akan ditanam serta pot untuk menanamnya. Pastikan bahwa pot yang digunakan memilki lubang – lubang kecil di bagian bawah yang digunakan untuk saluran pengeringan air.
  2. Dengan sangat hati – hati, pindahkan mawar yang ada pada polybag ke dalam pot yang sudah disediakan. Pastikan bahwa tanahnya terbawa, untuk itu masukkan jari – jari Anda ke dalam polybag dan angkut tanaman mawar ini beserta tanahnya, dan bukan mencabutnya dari Polybag. Setelah mawar selesai diletakkan di pot, penuhi pot dengan bahan – bahan campuran yang mengandung vermiculite and perlite. Pastikan seluruh akar mawar tertutupi dengan tanah dan bahan campuran ini serta hindari adanya kantong – kantong udara yang bisa berpotensi memicu mawar untuk gagal berkembang.
  3. Tempatkan pot berisi bunga mawar tersebut di dekat jendela yang menghadap ke timur atau selatan. Hal ini bertujuan agar bunga mawar ini mendapatkan intensitas cahaya matahari yang cukup. Tak perlu meletakkannya di sana sepanjang hari. Paling tidak, lakukan paparkan bunga mawar ini dengan cahaya matahari langsung selama kurang lebih 6 jam. Bila Anda menempatkan lebih dari 1 pot tanaman mawar ini di dalam rumah, Anda perlu merotasi masing – masing mawar seminggu atau dua minggu sekali agar bisa terpapar sinar matahari secara merata. Sedangkan dalam hal temperatur, temperatur ideal bagi tumbuhnya bunga mawar mini ini adalah 21 – 25 C atau lebih. Jika kondisi di sekitar rumah Anda tergolong hangat atau cenderung panas, Anda bisa menggunakan AC untuk mengatur suhu udara dalam ruangan tersebut agar tetap idela untuk tumbuhnya mawar.
  4. Sirami tanaman mawar ini secara teratur dan jangan sampai tanahnya kering. Caranya dengan melihat serta memegang permukaan tanah tersebut. Jika terasa kering, maka saat itulah waktu yang tepat untuk menyirami mawar. Namun, alat penyiramnya bukanlah alat penyiram besar atau selang, melainkan dengan alat penyiram / semprotan air yang berukuran kecil dan disesuaikan dengan ukuran mawar. Sirami mawar tersebut hingga terdapat air yang keluar dari lubang – lubang kecil di bawah pot. Hal ini menandakan bahwa seluruh lapisan tanah telah dibasahi dengan air. Terakhir, hindari menyirami daunnya. Sebab daun yang diberi air dan tidak dikeringkan secara sempurna justru akan memicu tumbuhnya jamur.
  5. Letakkan pot ke dalam wadah kaca / baskom yang bagian dasarnya telah diberi batuan kecil – kecil, seperti koral dan kerikil. Setelah itu, isi wadah tersebut dengan air. Namun Anda mesti hati – hati, jangan sampai ketinggian air melebihi permukaan atas pot. Cara ini bisa menambah kadar kelembaban ruangan serta mencegah daun – daun mawar untuk berubah menjadi kuning akibat kondisi ruangan yang kering dan panas. Bila Anda tak ingin menggunakan cara ini, Anda bisa menggantinya dengan humidifier.
  6. Sesekali beri pupuk pada tanaman mawar tersebut setidaknya 2 kali sebulan, terutama selama fase berkembang. Namun berikan sesuai takaran, yakni setidaknya seperempat takaran dari yang dianjurkan sebab mawar mini ini tidak seperti mawar biasa yang menyukai banyak pupuk. Terlalu banyak pupuk justru bisa membuatnya layu dan mati.
  7. Bila dirasa mawar telah tumbuh dengan pesat, Anda bisa merapikannya dengan gunting tanaman untuk memotong cabang – cabangnya. Potong tanaman terutama pada bagian – bagian yang terlihat tidak segar, misalnya batang yang kering atau daun yang menguning. Selain itu, bersihkan pot dari sisa – sisa daun yang layu dan gugur agar air serta cahaya matahari bisa masuk ke bagian dalam mawar miniatur.

Selamat mencoba 🙂

..

Architectaria – Arsitek dan Perencana

(Jika anda menganggap artikel ini bermanfaat, jika anda menikmati membaca artikel-artikel di web ini, anda dapat berlanggangan untuk membaca artikel ini melalui email. Silahkan klik DISINI jika anda ingin berlangganan membaca artikel dari architectaria.com melalui email).

2 Comments

  1. terima kasih atas informasinya
    http://jualhandbouquetsurabaya.wordpress.com

  2. w.amalia

    saya mau bertanya,

    saya memiliki tanaman mawar,
    ketika membeli bunganya besar, kelopaknya mekar sempurna tetapi ketika sampai d rumah justru bunya mawar saya langsg layu, bunga mekar sempurna hny dlm 1 hari dn esoknya justru mengelinting atau menciut kelopaknya dn sekrg tumbuh bunga baru namun mekar tidak sempurna,kelopaknya tidk mekar sempurna mengelinting.
    apa sebaiknya yg saya lakukan agar mawar saya mekar sempurna??

Leave a Comment