Memperindah Ruangan Dengan Dekorasi Dinding

frame2

Tips dan langkah-langkah yang bisa Anda lakukan untuk mempercantik interior ruangan dirumah dengan menggunakan dekorasi dinding.

Pajangan atau elemen dekoratif di dinding ternyata tak hanya berfungsi memperindah ruangan tapi juga menutupi kekurangan dan menonjolkan kelebihan pada sebuah ruangan. Tak sulit untuk melakukannya. Yang dibutuhkan hanya sedikit kreativitas.

Baik dengan gambar pemandangan, foto ataupun cermin pajangan di dinding dapat menghidupkan suasana dalam ruangan sesuai dengan yang Anda inginkan. Tak hanya itu, pajangan dinding ini juga dapat memberi efek ruangan terlihat lebih besar, luas dan tinggi. Bila Anda masih menyangsikannya simak tip berikut ini:

dekorasi didnding1

Ruangan yang sempit merupakan tantangan tersendiri untuk dapat menatanya dengan baik. Keterbatasan lahan bukan berarti kreativitas juga menjadi terbatas. Bila ingin membuat ruangan terlihat lebih lebar dan panjang, Anda dapat bereksperimen dengan menambah beberapa garis horizontal yang melintang di tengah dinding. Tak perlu terlalu banyak, cukup beberapa garis saja dengan cat yang cukup tebal. Kehadiran garis ini dapat membantu mempertegas panjang ruangan.

Cara lain, gunakan pajangan dinding dengan gambar yang didominasi dengan garis horizontal. Misalnya, gambar pegunungan, pantai, tanah yang lapang, dan lain-lain. Gambar-gambar tersebut dapat memberikan ilusi panjang dalam sebuah ruangan.

Untuk menyiasati sudut ruangan yang sempit, gantungkan cermin yang cukup besar di salah satu dindingnya. Pantulan bayangan dari cermin tersebut dapat memberi ilusi seolah-olah masih terdapat ruangan lain di balik cermin. Pada dinding disebelahnya, berikan warna yang lebih gelap dibandingkan dengan bagian dinding lain. Tambahkan pajangan dinding dengan gambar warna-warni yang cerah. Pantulan gambar tersebut pada cermin juga dapat memberikan ruangan terasa lebih lebar.

Bila langit-langit di rumah rendah, gunakan pajangan dinding dengan pigura yang berbentuk persegi panjang secara vertikal. Pilihlah gambar yang juga menonjolkan unsur garis vertikal.

dekorasi dinding4

Untuk ruangan yang tidak memiliki jendela terlalu banyak atau jendela yang kecil siasatilah dengan menggunakan gambar pemandangan taman atau hamparan rumput yang luas dan indah sebagai pajangan dinding. Gunakanlah pajangan yang menggunakan trik tiga dimensi, dengan begini Anda serasa melihat lansung sebuah taman atau objek lain dari dalam rumah.

Untuk mengisi kekosongan pada ruangan yang terlalu luas, pajanglah beberapa pigura kecil dengan gambar berseri yang diurutkan dengan rapi.

Selamat mencoba :)

..

architectaria.com | Arsitek, Desain Interior, General Contractor

(Jika anda menganggap artikel ini bermanfaat, jika anda menikmati membaca artikel-artikel di web ini, anda dapat berlanggangan untuk membaca artikel ini melalui email. Silahkan klik DISINI jika anda ingin berlangganan membaca artikel dari architectaria.com melalui email).

9 Comments

  1. Samirah

    Tips mempercantik ruangan dengan dekorasi dinding nya ok juga buat dicoba.. Itu dinding yang warna pink aq suka mas, permainan warna tujuanya untuk menciptakan bidang baru didinding yah? Kalo misalnya mau mengkombinasikan warna pink dengan light silver, atau abu-abu bagus ngga yah? Trus topeng batik model gitu bisa beli dmn? Maaf lho mas klo aq banyak tanya, artikelnya bagus banget sih, jadi bikin semangat nihh.. ^_^

    Jawab:

    Silahkan dicoba, untuk dinding berwarna pink itu kombinasi antara pink dan light grey. Kalau untuk topeng batiknya boleh hunting di art store, art shop yang ada dikota anda.. Kalau gambar topeng batik yang ada dihalaman artikel itu saya beli dijogja.

    Tetap Semangat yah ;)

  2. winarko

    buat semua teman yang mau memberi tips jitu padaku

    terus terang saya bingung mau memberi warna apa pada rumahku yang sangat minimalis. warna apa yang cocok untuk setiap bagian dari rumahku agar terlihat luas, nyaman, dan sejuk.
    1. teras
    2. ruang tamu
    3. kamar utama
    4. ruangan los dengan ukuran 5 x 5 yang kami bagi menjadi 3 bagian yakni ruang dapur, ruang makan, dan ruang keluarga. Pada bagian ini kami ingin memberi warna cat yang berbeda tetapi terlihat bagus.

    terima kasih sebelumnya

    Jawab:

    Untuk membuat ruangan terkesan lapang atau luas, gunakan warna-warna light (terang) pada ruangan yang dikehendaki.
    Berikut adalah artikel tentang: merubah ukuran ruangan dengan warna

    semoga bermanfaat yah..

    Regards,

    Aria

  3. nice share ^^

  4. Ritzqis Nur - Islam

    saya daripada Malaysia..idea yang Mas Aria berikan cukup menarik..kerana ia cukup sesuai digunakan di kebanyakkan rumah di tempat saya yang ukurannya agak kecil terutama di ruang tamu..saya punya beberapa soalan..1..warna cat yang sesuai untuk ruang tamu yang kecil..2..aksesori yang sesuai pada dinding..3..perabot @ sofa yang bagaimana sesuai..Harap Mas sudi memberi idea.terima kasih.

  5. fiefa hias

    wow!!!!canteknyee..dh thp cantek dh nie..(^~^)nnti nk rmh mcm tu lah bru cantek..!!bila dpt rmh bru nk hias mcm tulah…..(*~*)

  6. amalai ilyana_ ruang tamu

    btul tu fiefa..sye stuju dngn awak ckp..msti cantek klu kita wat mcm tu kn??perrh..memang cantek..thp lebih cantek dh nie..sye pon nk dpt rmh bru..sye pon nk hias dngn cantekx2…x sbrnyeer…

  7. amalia ilyana_ ruang tamu

    maaf bkan amalai tpi amalia..hihik sory..

  8. citra lissani design

    sye lbih ska kalau letakkn wrna seperti merah and putih..sye ska letak wrna tu di ruang tamu..mesti cantik..rsa mcm meriah!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!nnti bilax2 letak wrna merah and puteh lah..stuju tak bgi korang..?

  9. @fiefa, amalia, citra: OK.. Selamat mendekorasi rumah dan interior ruangan anda. Make it cozy n warm ya :)

Leave a Comment