Memilih Warna dan Dekorasi Untuk Ruang Dirumah Anda

Jika rumah anda berukuran kecil/mungil, ada baiknya anda memilih warna cat yang berwarna cerah atau terang. Karena warna-warna yang terang akan memberikan kesan bersih, lapang dan luas. Tatapi yang harus diingat adalah, penekanan untuk menggunakan warna terang ini baiknya diberlakukan pada ruang-ruang publik yang secara fungsional dperuntukkan untuk sesuatu yang umum, seperti ruang tamu, ruang keluarga, dsb.

Setiap rumah tinggal membutuhkan sentuhan keakraban dan kehangatan yang amat tinggi, karena ditempat tersebut akan terjadi interaksi sosial, hubungan keluarga yang penuh keakraban dan kehangatan di antara penghuninya.

Yang disebut dengan ruang-ruang bersifat umum pada sebuah bangunan biasanya adalah ruang-ruang dengan aktivitas pemakai ruang yang bersifat rutin dan pasti. Pemakai ruangnya pun bersifat tetap (menurut tugas dan fungsinya), sehingga fasilitas yang dibutuhkan akan bersifat standar baik ukuran maupun bentuknya seperti sekolah, rumah saki, dan lain-lain yang sejenis. Juga agar praktis dan ekonomis.

Bayangkan bila rumah tinggal diperlakukan sama seperti kita memperlakukan ruang-ruang yang bersifat umum tadi. Semua dinding dicat dengan warna yang sama (misalnya putih), semua perabotan terbuat dari metal atau plastik agar mudah dibersihkan, tahan cuaca, tahan panas dan tidak gampang rusak. Kok seperti berada di sebuah rumah sakit ya? Ingin praktis, ekonomis, efektif tapi tidak manusiawi.

Nah, karena rumah tinggal adalah tempat para penghuninya melepas segala kepenatan fisik, pikiran dan emosi maka tentunya hal-hal yang akan berpengaruh kepada kepenatan-kepenatan tersebut di atas harus ditiadakan dong.

Biasanya bentuk-bentuk perabotan yang terlalu kaku, keras dan monoton akan membuat ruang-ruang dalam rumah tinggal menjadi berkesan kaku. Jadi sebaiknya jangan ditempatkan di dalam rumah (kecuali memang ingin memiliki rumah dengan ruang-ruang yang mencerminkan arogansi dan menjaga jarak dengan tamunya). Pilih saja bentuk-bentuk yang materialnya terbuat dari bahan-bahan alam (kayu, batu, kain, dsb). Apalagai kursi-kursi di ruang tamu atau ruang keluarga bentuknya tidak perlu sama, bisa beberapa bentuk dan material dipilih dan ditempatkan di ruang tamu, asal tetap ada unsur-unsur pemersatu yang membuat tetap harmonis/serasi dengan keseluruhan ruang.

Kembali lagi ke soal memilih warna, boleh-boleh saja memilih warna putih untuk memberikan kesan luas, terang, dan bersih, namun beberapa sentuhan yang sifatnya lebih manusiawi tampaknya akan membuat penampilan ruang lebih akrab dan menyentuh. Misalnya pemilihan warna untuk pelapis kursi, bantal-bantal hias, tirai, taplak penutup meja, armature lampu, karpet atau pelapis lantai, dan lain-lain.

Sementara untuk ruang-ruang yang privat, anda dapat bereksperimen dengan warna-warna yang anda sukai. Contohnya, anda tidak bisa memaksakan untuk mewarnai kamar anda ataupun putra/putri anda dengan warna yg terang, karena belum tentu mereka menyukainya. Pilihlah warna yang mereka sukai, tetapi anda juga harus jeli untuk tidak menggunakan warna-warna yg “teduh” seperti warna ungu karena akan membuat kemauan mereka untuk belajar menjadi berkurang.

Selanjutnya dalam hal memilih aksesoris pelengkap kamar, pilihlah aksesoris yang anda dan atau putra/putri anda sukai tapi tidak membahayakan keselamatan anda dan mereka, misalnya motif-motif yang sederhana tapi menarik, seperti bunga, geometris dengan pola motif yang ukurannya kecil saja. Hindari memilih furniture dengan sudut-sudut yang tajam, dsb.

..

Architectaria – Arsitek dan Perencana

(Jika anda menganggap artikel ini bermanfaat, jika anda menikmati membaca artikel-artikel di web ini, anda dapat berlanggangan untuk membaca artikel ini melalui email. Silahkan klik DISINI jika anda ingin berlangganan membaca artikel dari architectaria.com melalui email).

24 Comments

  1. Didik

    Itu warna pink kamar anak yah pak aria? kayaknya keren juga.

    iya pak didik

  2. dewi komala

    Salam kenal Pak. Sebelum Idul Fitri kami berencana untuk cat rumah (luas 300m2). tetapi bingung utk pilih warnanya. bentuk rumah saya klasik saja. tapi pingin cat seperti rumah minimalis yang lagi in. warna apa ya pak? kalo ke toko cat sering bingung pilih warna & yg kita pilih sering tidak sesuai saat di cat ke dinding. mohon sarannya.

  3. santi

    thanks pa banyak masukan neh buat sy…

  4. santi

    saya boleh minta harga2 u perlengkapan rumah,biasanya berkisar brapa ya yg trmurah s/d paling mahal,sy seh mau yg mutu bgs harga terjangkau jgn trlau mahal..yg sy perlukan harga sofa,tmpt tidur,kursi makan dan minta alamat u huntingnya ya..thaks

  5. mira

    naksir sama LCD TV yang nempel tembok (no panel) spt gambar 1 & 2 diatas.. itu spt gambar” di majalah dan display” di showroom elekronik.. awesome!! Tp gimana caranya mas supaya dapet look yg neat & cable clutter free gitu..? berapa ketinggian yg OK utk ruangan 5x5m..? any tips buat penempatan box antenna/Indovision cable/AV connection/socket power..? Need your advice.. thanks :D

  6. Untuk menyamarkan kabel2 sudah dibahas di artikel desain home theatre (kalo nggak salah inget loh yah ;p~)

  7. mama zaky

    Sebelum Idul Fitri kami berencana untuk cat rumah type 36 dan tanah dibelakang rumah kami (luas 32m2)baru selesai kami bangun menjadi ruang keluarga, wc,dan dapur. Tetapi kami bingung utk pilih warnanya. Bentuk rumah kami seperti pada umumnya saja, tapi pingin cat seperti rumah minimalis yang lagi in. Warna apa ya pak? kalo ke toko cat sering bingung pilih warna & yg kita pilih sering tidak sesuai saat di cat ke dinding. mohon sarannya. Terima kasih.

    Jawab:

    Warna cat untuk exterior atau interior yah bu?

    Kalau exterior rumah-rumah minimalis biasanya menggunakan warna spt abu-abu, putih, atau warna2 ngejreng spt soft oranye atau soft green.

    Kalau untuk interior, lebih baik pilih warna yang umum saja, misalnya putih, ivory, light blue, light grey, biar terkesan lapang, simple, and clean aja.

    Regards,

    Architectaria

  8. suraya

    saya baru membeli rumah baru single storey saya tidak tahu macammana ingin memilih warna yang sesuai tetapi suami saya meminati warna coklat tapi saya tidak tahu warna coklat yang macam mana kah yang sesuai yang menampakkan suasana mewah ,modan dan juga romantik saya harap anda dapat membantu tq…

  9. freddy

    saya punya rumah type 45 dgn lt.200, saya mau merehab agar terkesan mewah & elegan tapi dengan harga terjangkaulah dan mengikuti trend sekarang?warna apa yang cocok untuk rumah ini.saya mohon bantuan anda.trims..

  10. Kalau exterior rumah-rumah minimalis biasanya menggunakan warna spt abu-abu, putih, atau warna2 ngejreng spt soft oranye atau soft green.

  11. nice share ^^

  12. Ritzqis Nur - Islam

    terus memberikan idea yang cukup hebat dan mengkagumkan saya yang ada di malaysia ini.Awesome..keep up a good work.

  13. NASRUDDIN

    saya sedang bangun rumah, mohon bantuannya utk pemilihan warna dinding,kosen dan ornamen depan, Model pintu depan, pintu kamar, model kramik lantai,. sblumnya terima kasih atas bantuannya..

  14. echa

    mas saya bingung neh>>>>> rmh sy warnanya merah hati, saya mau ganti cat, tp ap bisa ditutupi cat yang lama dgn yg baru ?? warna ap yg bagus utk menutupi warna ternag spt itu. dlm ruangan jg warnanya orange, klu ditutupi dng warna ap ya mas yg bagus……..

  15. echa

    mas saya bingung neh>>>>> rmh sy warnanya merah hati, saya mau ganti cat, tp ap bisa ditutupi cat yang lama dgn yg baru ?? warna ap yg bagus utk menutupi warna ternag spt itu. dlm ruangan jg warnanya orange, klu ditutupi dng warna ap ya mas yg bagus…….. mhn bantuannya ya mas ……

  16. bheby oW

    saya membeli rumah BTN type 30 dengan luas tanah 98m2,,jadi dibelakang bangunan akan saya bangun dapur dengan cara membuat tembok keliling seluas tanah saya..sekarang rumah dalam proses pembuatan,,saya ingin minta pendapat tentang pemilihan warna agar rumah terliat manis dan tidak terkesan sempit. saya juga ingin menanyakan bagaimana menata ruang tamu yang luasnya hanya 3×4 meter dengan sofa 2.1.1 + TV yang saya punya..agar ruang tamu terkesan lega..terima kasih atas sarannya

  17. Nasyiin faqih

    Pak saya ingin merenovasi rumah saya. Lahan 8×12. Memanjang arah timur barat. Rumah yg sekarang uk 6×9 memanjang timur barat. Tanah seblh belakang habis, depan masih 6x4m. Sy renc hendak memugar menjadi 2 lantai dan menambah ruangan di bagian dpan yg kosong. Mhn dikirim desain rumah minimalis 2lt, menghadap timur dg bagian kiri leter L. U teras diberi portal 2 tiang agar terkesan elegan. Denah rumah awal bisa sy kirim ke email bp? Emailnya apa? Mhn bantuan dan semg bisnis anda sukses. faqihn@yahoo.co.id

  18. Irwan

    Pak saya mau tanya nih. Rumah saya ukuran 9×12 memanjang arah selatan tinggi atap 2,75 M,dengan luas tanah 12×15 M2 saya mempunyai rencana hendar merenovasi rumah saya berbentuk minimalis modern, mempunyai teras depan dan taman. mohon bantuan bapak dikirimi desain rumah minimalis modern beserta rencana anggaran biayanya. Denah rumah awal bisa saya kirim ke email bapak? emailnya apa? mohon bantuan dan semoga bisnis bapak lancar dan sukses. Amiin.

  19. mantap gan…..nice post……

  20. masyruddin

    sangat insfiratif….

  21. nurdin.nurung

    waaw keren juga nih…

  22. Seeeeeeeeppp,,, makasih, boleh izin copy????

  23. Rina

    Pak sy baru membeli rumah tipe 45, 2 kamar, 1 kamar mandi, sisa tanah belakang 1.5 m, sisa tanah samping 2.5 m, rncananya mau sy bangun penambahan 1 kamar dan dapur, kamar mandi yg awal mau saya pindahkan, tapi sy bingung sketnya seperti apa, mohon bantuan scptnya pak, tks.

  24. doudy munandar

    Gpong art adalah penjual jasa seni dekorasi cat yang mampu mengerjakan pesanan untuk dekorasi cat di dinding tembok,ceiling atau langit langit suatu ruangan interior seperti ruang tamu,ruang keluarga,ruang tidur.paviliun hotel,kamar kamar hotel.paviliun rumah sakit,ruang tunggu,kamar kamar pasien.ruang makan restouran.masjid dan tempat peribadatan lain nya.hasil pengerjaan kami mampu bertahan hingga puluhan tahun dan warna tidak memudar sehingga nilai artistiknya tetap terjaga,karena di kerjakan secara manual oleh tenaga ahli di bidangnya yg sudah berpengalaman kerja di luar negeri,sangat beda dengan WALLPAPER yg warna nya cenderung memudar dan cepat sobek.kami juga melayani panggilan owner suatu rumah hanya untuk membuat contoh contoh di tembok yg mau di dekorasi,dengan catatan semua ongkos diganti,bisa hubungi kami di hp 085 723 485 377,atau doudyudril@gmail.com (doudy art)

Leave a Comment