Memilih Warna Cat Untuk Rumah Anda

Home FacadePada saat anda menatap sebuah rumah, hal pertama yang menarik perhatian anda adalah warna (color scheme) rumah tersebut, baru kemudian desain arsitektur bangunannya. Sebagai salah satu komponen utama dari sebuah rumah, warna juga membawa pengaruh baik buruknya kualitas rumah,  desain rumah dan tampak bangunan yang menarik, dan karakter ruang yang berpengaruh terhadap kejiwaan penghuni rumah.

Penelitian membuktikan bahwa pemilihan warna rumah yang tepat mampu memberikan beberapa efek yang baik bagi penghuninya, menstimulasi, menenangkan, menenteramkan, menjernihkan, menyembuhkan kesehatan fisik dan kesehatan mental penghuni. Dengan pemilihan warna yang tepat, maka rumah dan juga ruangan-ruangan yang ada didalamnya dapat di setting untuk menjadi tempat dengan aneka macam fungsi.

Psikologis warna

Konon katanya, warna merupakan pelabuhan aman dan murah bagi tambatan kesehatan jiwa kita. Melalui eksplorasi warna, penghuni rumah dapat menciptakan karakter ruang yang tenang, tenteram, cerah, stimulasi penyembuhan, dan spiritual. Kini teknik terapi kesehatan dengan warna (color therapy) telah berkembang luas, mulai dari rumah sakit dan klinik kesehatan, yang sudah tidak didominasi warna putih lagi, hingga ke dalam ruang-ruang kamar pribadi.

Warna yang tepat dapat menciptakan suasana yang menenangkan, menstimulasi, menyejukkan atau memberi inspirasi bagi seluruh anggota keluarga. Dengan warna, penghuni rumah dapat membangun rumah sebagai tempat melarikan diri, mengungsi, atau sekadar menyendiri bermeditasi di tengah hiruk pikuk kehidupan kota metropolitan.

Modern Box Home Design

Kepekaan intuisi dalam memadukan keselarasan warna mulai dari pagar, genteng atap, tampak luar bangunan, dinding ruang dalam, pintu, jendela, plafon, perabotan (meja, kursi, lemari, dipan, sampai vas bunga atau ornamen patung), dan jenis tanaman (bunga, daun, dan buah) akan menyatukan atmosfer rumah secara keseluruhan. Perpaduan warna senada pada seluruh bagian dan isi rumah akan menghasilkan keharmonisan, baik untuk peningkatan kualitas kesehatan rumah maupun penghuninya.

Pemilihan warna harus disesuaikan dengan kebutuhan dan fungsi masing-masing ruang. Warna dingin gradasi hijau dan biru menciptakan efek menenangkan pada ruang kerja, ruang membaca, atau kamar tidur, sesuai untuk penghuni aktif yang perlu “didinginkan”. Warna cerah gradasi kuning, oranye, dan merah menstimulasi beraktivitas dinamis pada ruang keluarga, ruang bermain, ruang tamu, dapur, teras, dan carport, sesuai untuk penghuni pasif yang perlu “dirangsang”. Warna ungu yang bersifat menenangkan dapat menstimulasi penyembuhan emosional penghuni rumah, yang bisa digunakan pada ruang keluarga.

Warna-warna bumi (earth tones) seperti hijau daun, coklat tanah, merah bata, abu-abu pasir atau batu, ternyata kini lebih banyak diminati untuk menciptakan suasana yang mendekati alam. Pemilihan gradasi warna coklat tanah pada ruang tamu dan ruang keluarga, dengan warna gelap untuk lantai (simbol tanah/bumi), warna sedang pada dinding dan perabotan kursi, meja, dan lemari (simbol pepohonan, bukit, pegunungan), serta warna terang plafon (simbol langit) merupakan upaya menghadirkan dunia luar ke dalam rumah. Suasana alam yang tenang dan nyaman tersebut mampu menghilangkan stres.

Living Room Color Scheme

Warna juga mampu menciptakan ruang yang sarat makna spiritual. Kekuatan unsur warna putih sebagai simbol kesucian dan kebeningan jiwa jika dipadukan dengan hijau dapat meningkatkan terapi penyembuhan spiritual. Gradasi biru sebagai simbol air (sumber kehidupan) juga dapat memberikan efek suasana tenang. Warna-warna tersebut biasa digunakan ruang bermeditasi diri, mulai dari ruang shalat, kamar tidur, hingga kamar mandi pribadi.

Tip mewarnai rumah

Spesifikasi fungsi ruang mensyaratkan pemilihan warna yang selaras dengan jenis kegiatan utama dan pemakai ruang tersebut. Pemilihan warna berkisar pada warna primer merah, kuning, dan biru, warna sekunder oranye, hijau, dan ungu, serta warna tersier yang merupakan percampuran warna-warna primer dan sekunder.

Pilihlah warna dengan tepat. Perpaduan warna-warni yang sesuai kepribadian penghuni mampu meningkatkan energi, kenyamanan dan kualitas kesehatan mental dan fisik penghuni. Bagi warga metropolitan yang setiap hari terjebak kemacetan dan tekanan pekerjaan, kehadiran warna begitu dibutuhkan untuk menghilangkan stres, depresi, frustrasi dan ketegangan di rumah.

Sebelum menentukan warna pilihan, pertimbangkanlah dahulu siapa yang akan menggunakan ruang tersebut, berapa usia rata-rata pengguna, dan bagaimana karakter umum masing- masing anggota keluarga. Sebagai contoh, kamar tidur utama orangtua, ruang kerja atau ruang tamu dapat memilih warna lembut dan dingin, sedangkan kamar tidur anak-anak, ruang bermain dan belajar, memanfaatkan warna terang yang cerah ceria. Untuk ruang keluarga, ruang makan, dan dapur merupakan perpaduan warna lembut dan hangat atau dapat pula memakai warna-warna bumi yang lebih netral.

Clean Interior

Efek sumber cahaya alami maupun buatan terhadap tampilan warna perlu dipertimbangkan. Sinar matahari (warna-warni) atau sinar lampu (putih/kuning) terhadap warna akan menghasilkan efek warna yang berbeda-beda, pada pagi, siang, sore atau malam hari. Warna yang dipilih pun akan mempengaruhi kesan besar kecil ruang dan tampak bangunan. Warna gelap akan membuat ruang terasa terbatas cenderung menyempit. Sebaliknya warna terang memberi kesan lebih luas.

Tren warna bumi mulai banyak digunakan pada tampak bangunan rumah. Penonjolan kusen jendela dan pintu, serta atap carport kayu warna coklat di antara bidang coklat krem muda dipadu kekokohan kolom beton dan tembok pagar masif abu-abu, membuat rumah minimalis tampak harmonis dan kokoh. Sementara itu ada pula yang memakai perpaduan warna hijau lumut dan abu-abu membuat rumah tampak dingin dan teduh. Taman depan tampak mengimbangi unsur alami terhadap struktur bangunan rumah.

Aksen warna biasa digunakan sebagai titik fokus pandangan dalam suatu ruang. Warna yang dipilih merupakan warna kontras dari warna dominan di dalam ruangan tersebut. Jika sebuah ruang tamu, ruang keluarga, dan ruang makan didominasi warna cerah merah marun, kuning gading atau oranye, maka aksen dapat memakai warna dingin hijau atau biru, begitu pula sebaliknya.

Warna oranye pada lantai, dinding dan perabotan, berpadu putih pada plafon, kusen pintu dan jendela, akan menghadirkan suasana senja (sunset) yang penuh kedamaian dan kesunyian yang memberikan efek menenangkan pada ruang keluarga atau kamar mandi.

Modern Bedroom for Kids

Warna gradasi hijau sering digunakan untuk memperkuat kesan segar dan alami dalam rumah, terutama pada ruang tamu, ruang makan atau teras belakang. Hal ini dapat diperkuat dengan penataan taman depan dan atau taman belakang dengan aneka tanaman bunga berwarna senada, serta peletakkan pot-pot tanaman yang tersebar sejak teras depan hingga ke pojok ruang servis.

Pemakaian warna merah, oranye, dan coklat pada ruang tamu, ruang kerja atau ruang keluarga, dapat menciptakan kesan romantis, eksotik, dan misterius yang memancing imajinatif siapa saja yang memasuki ruang tersebut. Pajangan bingkai foto keluarga atau momen istimewa lainnya, lukisan, dan tanda penghargaan pada dinding ruang tersebut akan mempertegas warna-warni kenangan perjalanan hidup penghuni rumah.

Perpaduan warna ceria merah, oranye, dan kuning, serta diselingi putih akan menghangatkan ruang dapur bersih (pantry) yang menyatu dengan ruang makan dan “mengundang” penghuni datang menyantap makanan bersama keluarga.

Jangan lupa hati-hati memilih cat yang tersedia di pasaran. Pilihlah cat dengan merek dagang jelas, berkualitas bagus, tidak mengandung bahan beracun (tertulis : free toxic, no added mercury) dan memiliki pilihan warna asli yang cukup banyak (bukan oplosan).

Bagi pengikut feng shui yang fanatik, pemakaian warna dalam mendekorasi rumah mensyaratkan batasan yang cukup ketat. Bagi yang moderat, mewarnai rumah merupakan wahana eksplorasi karakter kepribadian diri dan Anda pun bebas mengekspresikan gairah hidup sehat yang lebih baik dalam rumah. Selamat berkreasi..

..

Architectaria – Arsitek dan Perencana

(Jika anda menganggap artikel ini bermanfaat, jika anda menikmati membaca artikel-artikel di web ini, anda dapat berlanggangan untuk membaca artikel ini melalui email. Silahkan klik DISINI jika anda ingin berlangganan membaca artikel dari architectaria.com melalui email).

67 Comments

  1. noda

    Assalam Pak :D
    mau nanya nih, kalau kamar kita banyak benda2 warna coklat cocoknya di cat warna apa ya pak??

    • Anonymous

      hallo pak
      kalau dikamar kita banyak bonekanya
      cet warna apa yang cocok

  2. Jemmy Wins

    bisa memberikan contoh warna rumah dgn konstruksi kayu…spt ap yg cocok di daerah tropis??makasih

    Jawab:

    Untuk bangunan kayu apalagi didaerah tropis, konstruksi bangunan kayu biasanya difinishing dengan melamik atau vernish.

    Regards,

    Aria

  3. Halo,

    salam kenal. saya mau tanya, untuk ruang tamu dengan menggunakan perpaduan warna khaki untuk satu dinding dan warna orange di dinding lainnya bagus enggak ya? sebenernya sih, saya inginnya ruang tamu itu bernuansa sejuk tapi tetep ada nuansa cerianya juga. baiknya bagaimana ya?

    mohon sarannya.

    thanks.
    puji

  4. rian

    dear mas Aria,
    untu pengecatan ulang kayu kusen yang sebelumnya dipelitor bagaimana caranya? saya ingin melapisi dengan pelitor lagi, apakah ada tahapan yang harus dilakukan sebelum pengecetan untuk hasil optimal

    bagaimana dgn teralis besi yang dicat, bagaiaman cara pengecatan ulangnya

    terima kasih banyak mas
    best regards
    Rian

  5. willy

    mau nanya kalau cat exterior rumah oranye cocoknya di padu dengan warna apa pak?
    thx

    • KALO CET DINGDING DI LUAR YANG COCOK DANGAN WARNA MERAH ITU APA YA DAN UNTUK DI DALAM YANG COCOK WARNANYA APA YA

  6. trinil

    salam kenal, kalau rumah kami sempit tapi kami ingin warna terang , apa itu cocok pak, makasih atas jawabannya

  7. uswatun

    mlm pak… sy bingung untuk warna cat kamar utama sy, dipan,lemari,dan meja rias 1 set, modelnya clasik, dr kayu jati, ukiran jepara, warnanya coklat… sy bingung warna cat yng cocok apa ya pak… kl bs kasik solusi merek catx juga… mohon blsanya segera pak karna segera di selesaikan…trims

  8. anita

    Dear mas arya

    mas salam kenal, saya sekarang lg bangun rumah 10 m x 13 m, 2 lantai sekarang sedang dikerjakan sudah samapi lantai 2. saat ini saya bingung mengenai finishing mau mau saya bikin seperti apa. desain rumahnya perpaduan klasik dan modern. saya pinginn rumah saya terlihat anggun, mewah dan ansri. mohon masukanya
    terimakasih

  9. faezah

    salam..nak tanya lah..saya duduk di kampung dan sedang mencari warna apa yg sesuai dgn rumah saya di bahagian luar..please help me!!paduan warna apa yg sesuai ye??

  10. Rina Anggraini

    Apa Warna cat tembok yang lagi tren untuk tahun 2010,Trims

  11. imelda

    Mas… mau tanya, apa ya warna yang cocok untuk rumah saya bagian luar agar memberi kesan teduh ? warna atap saya merah maron dan warna lantai krem ditingkahi coklat.

  12. rumah saya belum tembok sih gan.jadi g bisa di cat..heheh

  13. tomy

    mhn bantuannya, saya baru menambah ruangan, ruang makan dibawah, dapur dan kamar mandi dan 2 kamar diatas. mhn warna 2 yg cocok untuk ruangan tersebut. kami cenderung memberi warna orange pada dinding luar namun kami tdk tahu warna untuk kusen dan pintu serta jendela. mhn bantuannya.

  14. etika

    hi….
    mau tanya untuk gambar desain interior dan eksterior rumah tarif nya berapa?? rumah saya luas tanah 180m2 LB 82m2…thanks

  15. bheby oW

    Mas Aria, saya ingin minta saran..rumah saya sedang dalam tahap finishing, rumah saya type 30 dengan luas tanah 98m2 (7×14 m), sedang dalam pembuatan dapur juga..kira-kira untuk pemilihan warna yang cocok untuk untuk rumah sy yang mungil apa yah?? kebetulan saya ingin warna rumah saya tidak monoton dengan satu warna dan terkesan segar & ceria…

    Harap bantuannya ^^v

  16. prim's chick.......

    permisi kalau rumah yang belum di cat cocok nya warna apa ya???
    saya ingin warna warni tapi cocoknya warna apa??
    terima kasih atas jawaban nya dan bantuan nya……
    GBU

  17. Salam Kenal, kami dari PT. Sentras Varitama, perusahaan kami bergerak di bidang Insulasi polyurethane yang berfungsi sebagai peredam panas ,peredam suara,save energi ,dll

    Polyurethane menawarkan nilai insulasi yang baik, lembut dan kuat. Polyurethane Foam memiliki daya lengket yang sangat baik terhadap berbagai macam bahan Seperti: Metal, Seng, Kayu, Beton, Fiber glass, dll. Polyurethane Foam sangat ringan, sehingga tidak banyak membebani struktur tersebut. System Spray Polyurethane Foam, sangat cocok untuk insulasi gedung perkantoran, hotel, rumah sakit, shopping center, pabrik, gudang olahraga,Cold storage ,Pipa & Tanki Insulasi rumah tinggal, dan fasilitas lainnya.

    Karakteristik polyurethane:

    Kedap Panas,Air Suara
    mudah dicetak, dipotong dan diwarnai
    Rigid, kaku dan ringan
    Material yang dilapisi menjadi lebih kuat
    Memiliki sifat rekat yang sangat baik
    Mudah dalam pemasangan
    Daya tahan yang baik (Garansi 10 tahun)

    Dengan menggunakan Polyurethane Foam sebagai insulasi atap, maka suhu ruangan akan terasa lebih dingin saat musim panas & lebih hangat saat musim dingin, Sehingga tidak perlu menggunakan AC yang berlebihan untuk mendinginkan ruangan. Secara otomatis pemakaian listrik juga berkurang. Polyurethane Foam bisa menambah kekuatan sistem atap bangunan, tidak beracun, anti rayap dan ramah lingkungan.

    Untuk lebih lanjut, silahkan hubungi kami.
    atas perhatian & kerjasamanya kami ucapkan terima kasih.

    PT.Sentras Varitama
    u/p Andra P.Soepartono
    021-98883635 / 085882341919

  18. AZKIYA

    rumah saya bru z jd,tp sya bingung mau d cat warna pa?dan pa warna cat dasar yang bgus?dan bagaimana cara2 mencat rumah yang bagus?

  19. I want to paint the living room with a combination of 3 colors, can you tell me about what a good color for my living room, thank you ….

  20. [ACR] AyoCariRumahDotCom

    Tulisannya bagus-bagus…Informasi yang sangat bermanfaat!!!
    Semoga dimudahkan jalannya dan sukses selalu…!!! [ACR]

    AyoCariRumah.Com
    Bursa | Berita | Tabloid | Konsultasi | Tips&Tricks | Kos | Backlink Checker

  21. RaJu

    Warna ungu apa cocok sama interior coklat,?

  22. Saripah

    Sore,… saya mw tanya, rumah idaman sy adalah bisa meneduhkan, terlihat asri dan agak modern, namun saya bingung dlm pemelihan warna yg cocok untuk dinding & lantai nya.
    sebaiknya lantai warna putih saja atau coklat, jika warna lantai warna coklat lebih baik coklat muda atau coklat tua.
    mohon bantuannya…. thx b4

  23. didit

    Salam kenal,saya planning untuk cat tembok kamar saya,
    furniture saya dari kayu jati,kira2 kalo tembok kamar
    Saya cat warna ungu pastel cocok ngga ya?kamar saya 5 x 5 m2
    Luasnya,kira2 cat tembok apa yg cocok apabila furniture saya
    Dominasi kayu jati,saya ingin kamar saya nyaman.

  24. rivai

    Saya mau tanya, apakah ada cat yang warnanya mirip dengan pelitur, karena kusen saya di melamik dan kena panas hujan jadi selalu meletek, saya ingin ganti dengan cat minyak dengan warna mirip pelitur.

  25. shinta

    Slm kenal, sy binggung memilih warna cat rumah, kebetulan lebaran tahun ini akan berkumpulnya semua keluarga besar di rumah… tolong idenya kira2 warna apa yang pas u/ rumah idaman sy? warna yang cocok supaya rumah sy jd indah dan nyaman? NB: depan rumah sy warna hijau dan sy ingin setiap ruangan berbeda2 warna.

    mohon bantuannya thanks..

  26. Rima

    :) :D Kerusi,meja makan, semuanya warna hitam,,,,jadi warna dindingnya ungu muda & tua..sesuai nggaknya???

  27. Baweb

    Mau tanya kalau warna cat rumah untuk type rumah yang standar dan netral apa ya???mohon di bantu…

  28. anthy

    salm kenal,sy bingung mencari warna yang cocok dgn rumah saya,kebtulan sy baru bangun rumah,tlg dong idex untuk 2 warna yg cocok untuk eksteriorx(umtuk diluar)dgn warna yg berbeda.Mohon bantuannya N trim’s

  29. hendra gunawan

    saya mau tnya pak.saya ingin cat rumah saya tapi mau warna yg sejuk dan fresh.warna yg cocok apa y pak.mohon saran nya pak.thnks

  30. arum

    Saya mau membuka usaha toko mas. Kira2 warna tembok apa yang cocok ya. Kios saya berukuran kecil. 4x4m. Terimakasih.

    • @Arum,

      Warna yang cocok dari segi apa mas? Kalau mau terkesan luas, gunakan warna putih.

      Kalau mau mengikuti feng shui supaya tokonya laris, coba gunakan warna merah marun, dan warna emas. Kombinasikan 2 warna tersebut.

      Semoga toko anda laris dan usaha anda berjalan lancar.

      Regards,

      Aria

  31. denny

    Dear Mas Aria…
    Saat ini saya akan memulai untuk mengecat eksterior rumah saya Mas…mohon bantuany warna apa yg baik untuk eksterior rumah. untuk rumah saya sendiri type minimalis dan baru selesai finishing.

    thanks Mas Aria..

    • Dear Bpk. Denny,

      Kalau bapak tanya saya, maka saya lebih memilih warna putih+warna abu2 pak.

      Simple, sesuai karakter rumah minimalis yang simple namun elegant ;)

      Regards,

      Aria

  32. hady purwono rikha

    ass.mas saya mau tanya kalau cat warna kuning bwd dalam rmh saya cocok ngak yach?trz luarnya warna ungu muda ?menurt mar gmna?

    • @Hadi Purwono,

      Semua bagian interior rumahnya diwarnain dengan warna kuning? Yakin? Saya khawatir bapak cepet bosen dengan warna tsb. Kalau mau menggunakan warna kuning, bisa diterapkan sebagai warna aksesn saja pak, bukan sebagai warna utama yg dominan.

      Coba warna putih aja pak, walaupun konvensional tapi tidak membosankan.. Ilusi yang diciptakan juga membuat ruang serasa lapang dan luas.

      Regards,

      Aria

  33. nani

    kicent set sy warna putih dan biru motif bunga skrang sy mau ngecet temboknya cocoknya warna apa ya?kursi ruang tamu dr jati wrn coklat untk tembok warna apa yg cocok ya inginya sih perpaduan dua warna

    • @Nani,

      Untuk warna dinding dapur coba warna putih, karena warna putih dapat dikombinasikan dengan warna apapun.

      Untuk ruang tamu bisa menggunakan warna ivory, menyesuaikan dengan warna furniture yang dominan coklat.

      regards,

      Aria

  34. bellya

    salam kenal,
    saya mau mengecat rumah untuk di dalam ruangan kira2 untuk R.Tamu, R. Keluarga,kamar tidur utama, kamar tidur anak, dapur dan kamar mandi memakai cat warna apa?lantai warna putih dan atap warna merah?ditunggu jawabannya. Tq

    • @Bellya,

      Kalau saya pribadi lebih memilih warna netral untuk interior.

      regards,

      Aria

  35. adiet

    mau nanya nech.. kalo ngecat dinding luar rumah perlu di plamir lagi gak?? terus kalo gak berarti di anplas dulu ya? baru diberi sealer??

    • @Adiet,

      Kalau dinding luar, penyerapan cat lebih baik tanpa plamer. Tapi untuk meratakan surface dari dinding mungkin plamir adalah pilihan yang baik juga. Masing-masing pilihan ada konsekwensinya pak :)

      regards,

      Aria

  36. IMAS

    Dear Team,

    Kalau keramik biru pake cat rumah nya warna apa yah ??????

    Terima kasih atas infonya

    • @Imas,

      Ngga ada aturan pasti tentang hubungan antara warna keramik dan warna dinding. Sesuaikan warna dengan kondisi rumah anda. Jika rumah anda dibangun diatas lahan yang agak sempit, gunakan warna netral pada interior agar terkesan lapang. Jika ryumah anda berukuran besar, anda bisa bereksperimen dengan banyak warna.

      regards,

      Aria

  37. Aan

    bisa minta tolong perpaduan warna apa yang baik untuk teras saya agar terlihat lebih moderen,, dan jenis rumah saya tergolong rumah model lama,, untuk temboknya sudah dicat dengan warna hijau segar.

    makasih

    • @Aan,

      Untuk teras concern nya lebih ke komposisi aksesorisnya, kalau warna mungkin mengikuti warna dinding eksterior saja.

      regards,

      Aria

  38. mas, keramik rumah saya krem bergaris2, terus dinding ruang tamu sudah cat dengan warna krem+plafon warna hijau muda, apakah perpaduan cat ini udah pas? terus cat apa yang bagus untuk dinding depan rumah saya, soalnya saya bingung nih mas, pake cat coklat+krem atau merah maron+hitam. terima kasih.

  39. irwan

    salam hormat saya…
    saya mau tanya nih kepada bapak/ibu,….saya mau mengecat rumah saya dengan warna ungu…tapi saya bingung soal perpaduan warna tersebut…cocoknya pakai warna apa ya bila saya menggunakan warna ungu?
    terima kasih…
    nb;mohon segara ditanggapi….

    • @Irwan,

      Ungu terang atau kontras bisa dikombinasikan dengan ungu terang (gradasi hampir putih), putih, oranye.

      regards,

      Aria

  40. alvin aliefiano

    salam hormat saya…
    bos saya mau tanya…di tahun 2012 ini warna apa yang cocok untuk rumah tipe23 menurut anda?????
    terima kasih

    • @Alvin,

      Untuk rumah mungil pakai warna cerah aja mas biar rumahnya terkesan lega.

      regards,

      Aria

  41. Mardiyan

    qu mau mnta pendpt ni tentang kmar qu,qu bingung mau ngasih warna di kamr qu yang dindingnya terbuat dari kayu,mnrut bapk warna yang bgus buat kamar bujang (laki-laki) apa yaa….?

  42. inay

    apa sich warna paduan yang cocok untuk merah bata biar ga berkesan gelap? mkasih…… bngt

  43. madya

    Saya baru saja pasang canopy warna silver
    Utk temboknya sebaiknya dicat warna apa ya?
    Saya tetap ingin ada kontras antara silver dgn warna temboknya
    thanks
    madya

  44. Darwin Rachmanto

    Yth Tim Architectaria.com

    Saya mempuyai lahan 6 x 14, dgn kebutuhan ruang sbb :

    - carport
    - taman depan, belakang (bisa berfungsi tempat cuci, jemur)
    - Ruang tamu
    - Ruang keluarga
    - 1 kamar utama, 2 kamar tamu/anak
    - Dapur
    - Kamar mandi
    - gudang

    Yg ingin saya tanyakan :
    1. berapa ukuran untuk ruang2 tsb diatas
    2. saya ingin ada 2 pintu masuk di rumah jadi jika ada tamu bisa masuk pintu samping

    atas solusi dan pencerahannya kami ucapkan banyak terimakasih

    • @Darwin,

      Silahkan langsung menghubungi kami jika anda tertarik menggunakan jasa profesional kami.

      Menggunakan jasa arsitek sesungguhnya tidak mahal, dengan konsep dan desain yang matang akan dapat menghemat uang anda dan memaksimalkan investasi anda.

      Dengan bangunan yang terdesain dengan baik, anda dapat menghindari biaya tak terduga akibat miss planning dan meningkatkan nilainya untuk jangka panjang.

      Best regards,

      Architectaria.

  45. noor laila bt nawi

    apa warna yang sesuai untuk ruang tamu memandangkan persekitaran dalam rumah yang agak gelap dan kurang pencahayaan.tq

  46. Yth. Architectaria.com,

    Saya butuh opini perihal pemilihan warna.untuk eksterior, sy memilih orang terang, abu2 muda dah hijau daun tua.begitupun dengan tampak samping dan blkng, memilih hijau daun tua. apa wrn cocok untuk interior khususnya rg tamu, rg keluarga dan kmr tidur. Terimakasih sebelumnya

    beat regards
    Sulis

  47. riston

    JIKA WARNA RUMAH WARNA UNGU, WARNA APA YG COCOK UNTUK PERPADUAN AGAR RUMAH TERASA NYAMAN

    • pasangan warna ungu sebenernya adalah oranye. Tapi untuk interior rumah secara umum, warna ungunya bisa dikombinasikan dengan warna putih. lebih save.

  48. lulu

    asslm?pak saya mau nanya kalau ruang tamu bagus y pake wrna apa?

  49. eka apriyanni

    info dong , kalo buat kamar tidur bagusnya warna tosca dipadukan dengan warna apa? makasi

  50. Ya, warna cat rumah yang dipilih sebenarnya juga menunjukkan karakter pemilik rumah. Pemilihan warna sering menjadi cukup sulit bagi pemilik rumah yang akan mencat rumah mereka untuk pertama kali

  51. Aztha

    Salm,, mw tx ni, kira2 wrna apa yg cocok yah, pada dinding ,dam regel rumah…tq.

  52. Hendra Gpl

    as saya hendra mau tanya warna atap saya warna merah maron sementara untuk cet lesplan z bingung kira kira wrna apa yang bagus

Leave a Comment